Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Emina Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Hellena Ramadhani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Retno Endah Supeni Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wahyu Eko Setianingsih Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.94

Keywords:

brand image, brand trust, harga, kualitas produk dan keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Emina pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember yang menggunakan Produk Emina dengan jumlah sampel digunakan sebesar 115 orang yang diambil secara porpusive. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data promer yaitu kuesioner yang disebarkan dengan menggunakan google form. Data dianalisis dengan regresi linier berganda yang dilakukan secara komputasi dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, brand trust, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah di masa pandemi covid-19. Artinya setiap terjadi peningkatan pada setiap variabel brand image, brand trust, harga dan kualitas produk maka akan diikuti dengan peningkatan kepitisan pembelian. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini terbukti secara statistic. Sehingga perusahaan untuk selalu menjadi mutu, menjamin keamanan konsumen atas produk Emina.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwidjaja, Adrian J. Tarigan, Zeplin J.W. (2017) ‘Pengaruh Brand image dan Brand trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse’, Jurnal Pemasaran, Vol. 5, No.3.

Amelia. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Selama Pandemi Covid 19’,Jurnal Prodi Tadris Ips. Universitas Islam Negeri Mataram.

Anggraini dkk. (2020) ‘Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan tahun 2016-2019 pengguna Smartphone Samsung),’Jurnal Riset Manajemen, Universitas Islam Malang.

Balawera, Asrianto.(2013). Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik Di Freshmart Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1 (4).

Chaerani dkk. (2021) ‘The Effect Of Brand trust And Serivce Recovery To Purchase Decision On Garuda Indonesia During The Covid-19 Pandemi’, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta - Indonesia.

Delgado, E., Munuera, J.L. (2010) ‘Does Brand Trust Matter To Brand Equity’, Journal of Product and Brand Management, Vol. 14 No. 3, pp. 187-196.

Gecti F., Zengin H. (2013). Examining Perceived Risk And Its Influence On. Attitudes: A Study On Private Label Consumers In Turkey. Asian Social Science,Vol. 9 No. 4, pp.158-166.

Goenadhi, Lydia. (2011) ‘Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin’, Jurnal Manajemen dan Akutansi, Vol. 12, No.2.

Hadita dkk, (2020) ‘Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemi Covid19’, Jurnal Kajian Ilmiah (JKI). Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Haryati dan Sariyati. (2020) ‘tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian selama pandemi covid-19 pada Mahasiswa Universitas Gunadarma’.

Hidayati. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Oleh Citra Merek (Studi Pada Konsumen Chatime Pada Masa Pandemi Covid 19)’, Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Iffa. (2020) ‘Pengaruh Brand image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Burger King Sun Plaza Medan’, Skripsi. Universitas SumateraUtara Medan.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016) Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip And Gary Armstrong. (2018), Principle Of Marketing, 17e Global. Edition, Pearson Education Limited, New York.

Nasikan dan Begy Andy Sasmito. (2013) ‘Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Selular Merek Nokia, Vol. 2, No. 1.

Pärson & Vancic. (2020) ‘Changed Buying Behavior in the COVID-19 pandemi The influence of Price Sensitivity and Perceived Quality, International Business and Marketing Spring Semester 2020’, Kristianstad University Sweden.

Pramezwary dkk (2021) ‘Brand trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19’, Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Pelita Harapan, Tangerang.

Sejati dan Suastrini. (2020) ‘Pengaruh Atribut Produk Terhadap Prilaku Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sabun Mandi Di Masa Covid-19’, Jurnal Prodi Tadris Ips. Universitas Islam Negeri Mataram.

Tjiptono. (2015) ‘Strategi Pemasaran’, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Wulandari dkk. (2020) ‘Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Dettol Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2017-2019)’, Jurnal Riset Manajemen, Universitas Islam Malang.

Yudi. (2020) ‘Pengaruh Brand image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Di Kota Bengkulu’, dalam Jurnal Ilmiah Manajemen Volume 15.No.1.

Published

2022-05-09

How to Cite

Ramadhani , H., Supeni, R. E. . ., & Setianingsih , W. E. . (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Emina Di Masa Pandemi Covid-19. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 402–409. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.94