Pengaruh Pengawasan, Teamwork dan Kedisiplinan Terhadap Produktivitas Kerja Guru dan Staf Administrasi di SMK Teknologi Balung

Authors

  • Siti Naisyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Maheni Ika Sari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tatit Diansari Reskiputri Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.84

Keywords:

Pengawasan, Teamwork, Kedisiplinan dan Produktivitas.

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengawasan, teamwork dan kedisiplinan terhadap produktivitas kerja guru dan staf administrasi di SMK Teknologi Balung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, Populasi pada penelitian ini sebanyak 87 karyawan (guru dan staf administrasi), teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu dengan menggunakan seluruh populasi untuk digunakan sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas ,uji heteroskedastisistas, autokorelasi) dan Uji t, data diproses dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil pengujian H1 menunjukkan pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru dan staf administrasi di SMK Teknologi Balung dengan hasil uji t pada variabel pengawasan (X1) mempunyai nilai signifikansi hitung sebesar (0.010 < 0.05 ). H2 Teamwork tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru dan staf administrasi di SMK Teknologi Balung, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada variabel teamwork (X2) nilai signifikansi hitung sebesar (0.236 > 0.05 ) yang berarti bahwa hipotesis variabel teamwork tidak mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja atau Ho ditolak. H3 Kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru dan staf administrasi di SMK Teknologi Balung. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada variabel kedisiplinan (X3) mempunyai nilai signifikansi hitung sebesar (0.000 < 0.05). Dari hasil analisis tersebut dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Pengawasan dan Kedisiplinan merupakan faktor yang mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja guru dan staf administrasi di SMK Teknologi Balung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto., S. &. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS). Yogyakarta.

Ghozali., I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 17, Cetakan Kelima. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

I Made Sudana, R. H. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Analisis Data dengan SPSS. Ciracas, Jakarta. Hal 35.

Ivan Fanani Qomusuddin. (2019). Statistik Pendidikan. Yogyakarta.

Khusnia, K. F. (2021). Manajemen Sumberdaya Manusia (Produktivitas Kerja). Cetakan.

Larasati, D. S. (2018). Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta.

Lawasi, E. S. (2017). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Pengaruh komunikasi, motivasi dan kerjasama tim terhadap peningkatan kinerja karyawan.

Mistar, D. F. (2020). Dimensi, vol. 9, no 2 :202-216. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten BIMA.

Qomariah., M. N. (2015). Manajemen Sumberdaya Manusia. Ambulu.

Siregar, D. A. (2013). Jurnal Manajemen dan Bisnis , Vol. 1, No. 13, p:56-71. Pengaruh Pengawasan dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. PLN. Wilayah Sumatera Utara.

Sriathi, N. K. (2019). e-jurnal Manajemen Vol. 8, No. 11, ISSN : 2302-8912. Pengaruh Pemberdayaan, Kerjasama Tim dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di SPA Satrian Bali.

Sutrisno. (2017). Manajemen Sumberdaya Manusia.

Yudiaatmaja, F. (2013). Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta.

Published

2022-05-09

How to Cite

Naisyah, S., Sari, M. I., & Reskiputri, T. D. (2022). Pengaruh Pengawasan, Teamwork dan Kedisiplinan Terhadap Produktivitas Kerja Guru dan Staf Administrasi di SMK Teknologi Balung. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 504–515. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.84