Produksi Peredam Knalpot Berbahan Baku Komposit Propylene (PP) dan Batang Pelepah Sawit

Authors

  • Dennis Fije Rissandi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mokh. Hairul Bahri Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Knalpot, Peredam, Propylene (PP), Batang Pelepah Sawit, Performa Mesin

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi hasil perpaduan dan perbandingan antara knalpot yang menggunakan peredam berbahan perpaduan komposit propylene (PP) dan batang pelepah sawit. Fokus penelitian melibatkan analisis tingkat perbedaan performa dan kebisingan yang dihasilkan oleh knalpot tersebut. Variasi perlakuan melibatkan knalpot standar dan knalpot dengan peredam berbahan baku komposit propylene (PP) dan batang pelepah sawit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa knalpot standar dan knalpot perpaduan menghasilkan daya maksimal yang relatif setara, tetapi perbedaannya terletak pada rpm yang dihasilkan. Knalpot standar menghasilkan 5929 RPM, sementara knalpot perpaduan mencapai 6040 RPM dan 6162 RPM. Pada kondisi stasioner, kebisingan knalpot perpaduan sebesar 69,6 dB, dan pada putaran tinggi meningkat menjadi 80,1 dB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhya, R., Bugis, H., & Basori. (2019). Analisis Pengaruh Daya, Tingkat Kebisingan, Dan Torsi Sepeda Motor 4 Tak Pada Penggunaan Knalpot Dengan Busi Racing Dan Model Free Flow. NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin , 01(02), 111–122.

Hermanico, Ismet, F., & Sugiarto, T. (2013). Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar Dengan Non Standar Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio. Automotive Engineering Education Journals, 3, 1–9.

Kale, A., & Surve, F. (2023). Comparative study of end correction models in case of extended tube expansion chamber muffler. Materials Today: Proceedings. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.matpr.2023.04.512

Pangestu, R., Sudarno, S., & Winangun, K. (2022). Pengaruh Knalpot Standar dan Knalpot Modifikasi Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Ninja SS 150 cc. AutoMech : Jurnal Teknik Mesin, 2(02). https://doi.org/10.24269/jtm.v2i02.6132

Qi, H.-B., Fan, S.-W., Jiang, M., Tang, X.-L., & Wang, Y.-S. (2024). Low-frequency ultra-broadband ventilated muffler based on a resonance-labyrinthine metamaterial. Extreme Mechanics Letters, 67, 102120. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eml.2023.102120

Silitonga, A. S., Atabani, A. E., & Mahlia, T. M. I. (2012). Review on fuel economy standard and label for vehicle in selected ASEAN countries. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 16(3), 1683–1695. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.rser.2011.12.006

Tampubolon, K., & Lumbanbatu, F. (2020). Exhaust Perfomance Analysis from Composite Materials to Reduce Noise Levels on Suzuki Satria Motorbikes. Journal of Mechanical Engineering, 4 (2)(Desember), 174–182. https://doi.org/10.31289/jmemme.v4i2.4065

Winoko, Y. A., Rarindo, H., & Hertomo, B. (2019). Desain dan Analisis Knalpot Berbasis Spongesteel Terhadap Gas Buang CO, HC, Daya, dan SFC Pada Mesin Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Teknologi FST Undana, 13(1), 17–23.

Wisnujati, A., & Yudhanto, F. (2016). Analisis Kekuatan Mekanik Exhaust Cover Komposit Hybrid Untuk Sepeda Motor Dengan Metode Vacuum Infusion.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Fije Rissandi, D., Abidin, A., & Hairul Bahri, M. (2024). Produksi Peredam Knalpot Berbahan Baku Komposit Propylene (PP) dan Batang Pelepah Sawit. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 433–437. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/574