ANALISIS KINERJA MESIN PRODUKSI SCREW PRESS

Authors

  • Alfiansyah Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Anis Siti Nurrohkayati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Screw press, availability, performance efficiency, overall equipment effectiveness

Abstract

Perawatan mesin yang tidak teratur atau tidak tepat dapat menyebabkan penurunan kualitas, biaya perbaikan yang tinggi, tercapainya target produksi, produk yang dihasilkan rendah, dan hilangnya waktu produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan yang sistematis, jujur, dan akurat tentang fakta-fakta, karakteristik, dan hubungan antara fenomena yang disimpan.  Dari nilai ketersediaan dibandingkan dengan persyaratan nilai ketersediaan ideal sebesar 90%, dapat disimpulkan bahwa mesin screw press sudah memiliki nilai ketersediaan yang baik. Nilai efisiensi kinerja, di sisi lain, belum dapat dianggap ideal karena berada di bawah standar, yaitu kurang dari 92% dari bulan April hingga September.  Nilai kualitas produk dari bulan April hingga September sudah ideal, seperti yang ditunjukkan oleh nilai efisiensi kinerja dari bulan Januari hingga Desember, yang masih di bawah standar 85%. Ini menunjukkan bahwa mesin kunci sudah memiliki nilai kunci yang baik. Maka dapat di simpulkan bahwa nilai performance efisiency pada mesin screw press masih relatif rendah. Salah satu penyebab menurunnya produktifitas mesin screw press adalah tingkat produksi yang tinggi sementara perawatan mesin belum maksimal. Perawatan dan perawatan ini dilakukan secara berkala untuk menjaga efisiensi mesin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin, H. (2020). Analisis Penerapan Total Productive Maintenance (Study Kasus Perusahaan Komponen Automotive). Ekonomi Manajemen Bisnis, 141-148.

Hapsari, N., Amar, K., & Rahadian, P. Y. (2021). Pengukuran Efektivitas Mesin Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Di Pt. Setiaji Mandiri. Spektrum Industri, 108-199.

Herry A, Prabowo, Farida, & D. I. (2014). Improve The Work Effectiveness With Overall Equipment Effectiveness (OEE) As The Basis For Optimizing Production. PASTI, 289-299.

Manurung, N., Firdaus, N., & Tegu, P. B. (2017). Reliability Analysis Of Repairable System: Screw Pres Machines. Momentum, 56-64.

Marwan, Masykur, & supardi, J. (2022). Analisa Perhitungan Tekanan Mesin Screw Press Dengan Metode Pengepresan Buah Sawit Menjadi Crude. Mahasiswa Mesin UTU (JMMUTU).

Rafliansyah, M., & Maulana, R. (2023). Perancangan Perventive Maintenance.

Rahmanadi, T., & Yuamita, F. (2022). Analisis Kinerja Produksi Pada Mesin Screw Press Di Pabrik Pengolahan Sawit: Studi Kasus Pt. Agrindo Indah Persada. Juritek, 74-82.

Wardianto, D., & Anrinal. (2022). Analisis Kegagalan Mesin Screw Press. TEKNIK MESIN INSTITUT TEKNOLOGI PADANG, 73-81.

Wijaya, W. A., Joko, H., & Dian, H. F. (2020). Analisa Total Productive Maintenance (TPM) Menggunakan Overall. Jurnal Teknik, 105-115.

Yasir, S., & Saputra, A. (2022). Analisa Reliability Dan Availability Mesin Screw Press Kelapa Sawit (Studi Kasus di PT. Ujong Neubok Dalam). Pendidikan Dan Aplikasi Industri, 83-94.

Raut, S. & Raut, N. (2017) Implementation of TPM to enhance OEE in a medium scale industry. Int. Res.J. Eng. Technol. 4, 1035–104.

Abdul Latief. (2019). Analis Total Productive Maintenance (TPM) Menggunkan Overall Equipment Effectiveness. Jurnal Sains dan Teknologi.

ARISMAINI. (2023). Analisa Perawatan Mesin Screw Press Pada Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA). Pekanbaru: uin-suska.ac.id.

Fitriadi, Muzakir, & Suhardi. (2018). Integrasi Overall Equipment Effectiveness (OEE) DAN Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Untuk Meningkatkan Efektifitas Mesin Screw Press. Jurnal Optimalisasi.

M.Hudori. (2019). Pengukuran Kinerja Pemeliharaan Mesin Produksi Pabrik Kelapa Sawit Menggunakan Overall Equipment Effectiveness (OEE). Jurnal Citra Widya Edukasi.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Alfiansyah, A., & Siti Nurrohkayati, A. (2024). ANALISIS KINERJA MESIN PRODUKSI SCREW PRESS. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 356–340. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/560