ANALISA PENGARUH VARIASI CELAH ELEKTRODA BUSI TERHADAP PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR MESIN 4 LANGKAH

Authors

  • Aji Dwi Antono Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Khanif Setiyawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andi Nugroho Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Binyamin Binyamin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Mesin 4 Langkah, Performa, Pengaruh performa, Analisis variasi, Celah Elektroda Busi

Abstract

Perkembangan teknologi yang meningkatkan performa mesin motor dapat dicapai dengan memaksimalkan pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar. Hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan kekuatan percikan busi dan memastikan pembakaran campuran udara-bahan bakar yang sempurnaPeningkatan performa sepeda motor dipengaruhi oleh celah elektroda busi. Busi merupakan bagian penting dari sistem pengapian motor dan bertugas menciptakan percikan api untuk membakar sempurna campuran udara-bahan bakar di dalam silinder. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terbentuknya percikan api tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu faktor tersebut adalah jarak celah antar busi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran celah busi terhadap unjuk kerja mesin empat langkah. Berdasarkan analisis parameter unjuk kerja mesin sepeda motor Honda BEAT PGM-FI yaitu torsi dan daya dapat disimpulkan bahwa penggunaan busi dengan celah elektroda busi berpengaruh terhadap unjuk kerja mesin.Hal ini terlihat pada variasi celah elektroda busi sebesar 0,70mm yang memiliki performa mesin terbaik dibandingkan variasi lainnya. Pada celah elektroda busi 0,70 mm maka torsi maksimumnya adalah 9,75 Nm (5500 rpm) dan Daya 6,6 HP (7500 rpm).Dengan berkurangnya celah busi, tenaga mesin meningkat dari 3000 rpm sampai 4000 rpm, namun tenaga mesin berkurang ketika putaran mesin mencapai 7500 rpm.Sebab, jika celah elektroda busi berubah sebesar 0,40 mm, maka percikan api dari busi tidak akan mampu membakar seluruh bahan bakar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, F., Mahendra, S., & Vokasional Teknik Mesin Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang, P. (n.d.). Spesifik Pada Motor 4 Tak 110 Cc. Oktober, 2(2), 5.

Azrin, A. A., Yusri, I. M., Sudhakar, K., Mohd Nor, C. W., Zainal, A., & Majeed, A. P. P. A. (2021). An overview of the spark plug engine profile in a spark ignition engine. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1092(1), 012030.

Daud*, A. S., Bahrom, M. Z., Abdul Jalal, R. I., & Roslin, E. N. (2019). Effect of Side Gapping Spark Plug on Engine Performance and Emission. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8(4), 6145–6148.

Ginting, T. (2019). Pengaruh Jarak Celah Busi Terhadap Daya Mesin Kijang Innova Bensin. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 3(1), 42–50.

Kustiawan, F. (2016). Analisa Variasi Busi Terhadap Performa Motor Bensin 4 Langkah Analisa Variasi Busi Terhadap Performa Motor Bensin 4. Otomotif, 18.

Nurdianto, I., & Ansori, A. (2015). Pengaruh Variasi Tingkat Panas Busi Terhadap Performa Mesin Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Tak. Jtm, 03(03), 119–127.

Özçelik, Z., & GÜLTEKİN, N. (2019). Effect of iridium spark plug gap on emission, noise, vibration of an internal combustion engine. International Journal of Energy Applications and Technologies, 6(2), 44–48.

Perdana, M. F., Budiyono, & Prasetyo, I. (2020). 1304-Article Text-2938-1-10-20221104. Perbandingan Penggunaan Busi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Honda Scoopy Tahun 2016, 7(Tdr 071), 8–15.

Risano, A. Y. E., Wardono, H., & Sihombing, G. P. R. P. (2021). Pengaruh variasi campuran bahan bakar pertamax dan bioetanol 99,9% terhadap torsi mesin bensin 4 langkah Tecquipment TD201. Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 10(2), 225–230.

Sarwuna, S. J. E., Wattimena, W. M. E., & Tupamahu, C. S. E. (2021). Kaji Pengaruh Penggunaan Tipe Busi Terhadap Kinerja Sepeda Motor Sebagai Sarana Transportasi. Journal Teknik Mesin, Elektro, Informatika, Kelautan Dan Sains, 1(1), 1–8.

Shang, H., Zhang, L., Duan, J., Chen, X., & Chen, B. (2022). Experimental Investigation about the Effect of Double-Spark Plug Ignition on Combustion Characteristics for Motorcycle Gasoline Engines with a Mild Lean Mixture. ACS Omega, 7(5), 4342–4351.

Shu-Yi, P. H., Khalid, A., Mohamad, A., Manshoor, B., Sapit, A., Zaman, I., & Hashim, A. (2016). Analysis of Spark Plug Gap on Flame Development using Schlieren Technique and Image Processing. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 160(1).

Suanggana, D., Silalahi, Y. P. L., Djafar, A., Sa’adiyah, D. S., & Radyantho, K. D. (2023). Analisis Pengaruh Jenis Busi dan Celah Pada Performa Sepeda Motor Satria F 150. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(3), 1005–1012.

Wasik, K. (2018). Analisa Torsi Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar LPG pada Variasi Jarak Celah Elektroda Busi. STATOR: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, 1(1), 100–103.

Winoko, Y. A., & Mauladhana, A. F. (2020). Komparasi Penggunaan Jumlah Busi Dan Putaran Mesin Terhadap Kinerja Mesin Bensin Satu Silinder. Jurnal Flywheel, 11(1), 1–5.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Dwi Antono, A., Setiyawan, K., Nugroho, A., & Binyamin, B. (2024). ANALISA PENGARUH VARIASI CELAH ELEKTRODA BUSI TERHADAP PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR MESIN 4 LANGKAH. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 134–141. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/524