PENGARUH VARIASI BERAT ROLLER SENTRIFUGAL TER-HADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH TRANSMISI OTOMATIS

Authors

  • Reza Ramadhani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andi Nugroho Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Hery Tri Waloyo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Binyamin Binyamin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

variasi berat Roller, daya dan torsi, sepeda motor 4 langkah

Abstract

Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang terbentuk dari beberapa komponen serta sistem salah satunya adalah Roller, Roller adalah komponen yang berada dalam pulley yang memiliki ukuran  berbeda pada tiap merek, perputaran Roller mengasilkan daya dan torsi, Roller menggunakan system Continuous Variable Transmission (CVT). Sistem CVT adalah sistem transmisi daya dari mesin menuju roda belakang melalui sabuk (V-belt) yang menghubungkan antara pulley primer untuk menggerakkan pulley sekunder menggunakan gaya sentrifugal yang terjadi pada komponen-komponennya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi berat Roller pada daya dan torsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen langsung. Hasil pengamatan yang diperoleh yaitu Roller 12 gr menghasilkan daya 7,3 Hp dengan torsi 21,07 Nm, Roller 10 gr menghasilkan daya 7,7 Hp dengan torsi 21,81 Nm, Roller 9 gr menghasilkan daya 7,5 Hp dengan torsi 74,31 Nm sedangkan pada torsi, Roller 12 gr torsi maksimal 21,07 Nm pada putaran 2066 rpm, Roller 10 gr torsi maksimal 21,81 Nm pada putaran 2135 rpm, Roller 9 gr torsi maksimal 74,31 Nm pada putaran 628 rmp. . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan akselerasi torsi tercepat dapat menggunakan Roller 12 gram sedangkan untuk mencapai akselerasi daya maksimum dapat menggunakan Roller 9 gram

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Akbar, F., Maksum, H., & Fernandez, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller CVT Terhadap Kecepatan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty. Program Studi Otomotif, Teknik Teknik, Jurusan Kinerja, Otomotifft-Unp, 4(2).

Aldi, A., & Anam, K. (2021). Variasi Berat Roller Terhadap Performa Pada Sepeda Motor Honda Scoopy Fi Tahun 2016. Surya Teknika, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.48144/suryateknika.v5i2.1332

Ariyono, S., Supriyo, B., Sumiyarso, B., & Cahyono, B. (2019). Design Linkage Mechanism for Electromechanical Continuously Variable Transmission Ratio ContRoller Used in Motor Cycle. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012072

Azhari, M. C., Bagus, N., & Rizal, M. (2019). Pengaruh Modifikasi Puli Transmisi Otomatis terhadap Daya Sepeda Motor Matic 125 CC. Jurnal Isu Teknologi, 14(1), 73–78.

Farobi, A. Al. (2010). Pengaruh Penggunaan Jenis Pemberat (Roller) Terhadap Performa Mesin Yamaha Mio Soul Tahun 2010. … Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial …, 02, 1–7.

Harsoyo, I. T., Nugroho, A. K., & Nuriman, N. (2019). Rancang Bangun Tachometer Digital Berbasis Arduino Dilengkapi Charging Dan Mode Penyimpan Data. Elektrika, 11(2), 6. https://doi.org/10.26623/elektrika.v11i2.1692

Irawan, R. (2016). Analisa Pengaruh Berat Roller Weight Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Honda All New Vario 125 ESP. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–7.

Prasandy, C. G. (2016). Drive Pulley Pada Continuously Variable Drive Pulley Pada Continuously Variable Transmission ( Cvt ) Dengan Variasi Sudut. Jurnal Teknik ITS, 1–71.

Rionaldi Ari Wibowo. (2016). Pengujian Pengaruh Perubahan Sudut Primary Pulley Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor 4 Langkah Automatic Transmission.

Susena, A. T., Wigraha, A., & Dantes, R. (2017). ROLLER TERHADAP TORQUE DAN RPM PADA MOTOR GANESHA ELECTRIC VEHICLES 1 . 0 BASE CONTINOUS VARIABLE TRANSMISION ( CVT ) Singaraja , Indonesia. Jurnal Jurusan Teknik Mesin, 7(1).

Wiratmaja, I. G. (2010). Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin ___, 4(1), 16–25.

Yoon, C. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4–15.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Ramadhani, R., Nugroho, A., Tri Waloyo, H., & Binyamin, B. (2024). PENGARUH VARIASI BERAT ROLLER SENTRIFUGAL TER-HADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH TRANSMISI OTOMATIS. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 118–124. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/522