Kreatifitas Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Puzzle

Authors

  • Febrian Venti Puspitadiana Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wahju Dyah Laksmi Wardhani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Misyana Misyana Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kemampuan membaca, media pembelajaran., puzzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melibatkan partisipan siswa usia dini yang memiliki tingkat kemampuan membaca yang beragam. Media puzzle yang digunakan terdiri dari gambar dan kata-kata yang terpisah yang terdapat pada setiap sisi kubus, di mana siswa diminta untuk menyusunnya kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang benar. Selama penelitian, siswa diberikan serangkaian kegiatan menggunakan media puzzle, seperti penyusunan kata-kata menjadi kalimat, membaca kata-kata yang sudah tersusun, dan mengeja atau membaca setiap kata yang siswa temukan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang siswa yang mana siswa tersebut merupakn siswa usia dini kelas II sekolah dasar yang belum lancar membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa usia dini. Media puzzle memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan, memperkuat keterampilan pemecahan masalah, dan meningkatkan konsentrasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan , 5 (4), 332-342.

Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 3 (1), 30-38.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman , 13 (1), 116-152.

Pahlavi, I. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Media Puzzle Huruf Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 161-175.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan KeterampilanMembaca Permulaan melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Saputri, K., & Nurhaidah, N. (2017). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Sujiono, Yuliani Nurani. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Tarigan, H.G. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Watini, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschoole STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 4 (1), 110-123.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Puspitadiana , F. V. ., Wardhani , W. D. L. ., & Misyana, M. (2023). Kreatifitas Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Puzzle. National Multidisciplinary Sciences, 2(1), 1–4. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/476