Analisis Daya Saing Kompetitif Ekspor Pisang Indonesia di Pasar Internasional

Authors

  • Agung Adi Nugraha Universitas Sebelas Maret
  • Darsono Darsono Universitas Sebelas Maret
  • Sri Marwanti Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v2i3.280

Keywords:

Ekspor, Export Product Dynamic, Pisang''

Abstract

Pisang adalah salah satu komoditas unggulan hortikultura yang memiliki jumlah produksi terbesar nasional. Peningkatan daya saing merupakan  upaya dalam meningkatkan ekspor pisang Indonesia di pasar Internasional. Daya saing memerankan kunci penting dalam ekspor pisang Indonesia dimana akan menggambarkan kemampuan bersaing dalam memenuhi market demand-nya. Daya saing juga menjadi faktor penting untuk melihat seberapa besar kompetitifnya ekspor Indonesia di negara tujuan utama. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis posisi daya saing kompetitif ekspor pisang indonesia ke lima negara tujuan utama yaitu China, Malaysia, Jepang, Uni Emirat Arab dan Singapura. Export Product Dynamics (EPD) digunakan dalam metode penelitian ini. Hasil analisis EPD menyatakan bahwa negara China     menempati posisi rising star, sedangkan negara Malaysia, Jepang dan Singapura menempati posisi falling star. Posisi lost opportunity ditunjukkan pada negara Uni Emirat Arab dan tidak ada negara yang berada diposisi retreat. Sebagai upaya dalam mempertahankan posisi Indonesia sebagai negara ekspor-tir yang kuat ke negara China maka pemerintah perlu memberikan kebijakan yang tepat terhadap ekspor pisang Indonesia ke China agar terus meningkat dan dapat mempertahankan posisi daya saing kompetitifnya di posisi rising star.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aurelia, R., Kurniati, D., & Hutajulu, P. (2022). Daya Saing Ekspor Pisang Indonesia Di Negara Tujuan Ekspor Periode 2000-2019. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(2), 335–349.

BPS. (2018). Statistik Tanaman Buah-buahan dan Sayuran Tahunan Statistics of Annual Fruit and Vegetable Plants Indonesia. In BPS - Statistucs Indonesia.

BPS. (2022). Badan Pusat Statistik. BPS - Statistucs Indonesia. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325

Esterhuizen, D. (2006). Measuring and Analysing Competitiveness In the Agribusiness Sector: Methodological and Analytical Framework. Isis, 107(4), 823–824.

Hidayati, T. N., & Suhartini, S. (2018). Analisis Daya Saing Ekspor Pisang (Musa Paradiaca L.) Indonesia di Pasar Asean dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(4), 267–278. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.04.210.21776/ub.jepa.2018.002.04.2

Immanuel, Suharno, & Rifin, A. (2019). The Progressive Export Tax And Indonesia ’ S Palm Oil Product Export Competitiveness Hubungan Pajak Ekspor Progresif dengan Daya Saing Ekspor Produk Kelapa Sawit Indonesia The estate crop sector as a one of sources of Indonesia ’ s foreign exchange has bi. Ilmiah Litbang Perdagangan, 13(2), 211–232.

Lubis, A. (2013). Daya Saing, Kinerja Perdagangan, dan Dampak Liberalisasi Produk Kehutanan. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 7(1), 37–54.

Marbun, L. (2015). Pengaruh Produksi, Kurs dan Gross Domestic Product (GDP) Terhadap Ekspor Kayu Lapis. Economics Development Analysis Journal, 2(4), 446–455.

Nayantakaningtyas, J. S., Daryanto, A., & Saptono, I. T. (2017). Competitiveness of Indonesian Tea in International Market. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.17358/ijbe.3.1.14

Nurhayati, E., Hartoyo, S., & Mulatsih, S. (2019). Analisis Pengembangan Ekspor Pala, Lawang, dan Kapulaga Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 19(2), 173–190. https://doi.org/10.21002/jepi.v19i2.847

Oktaviana, P. R., Darsono, & Barokah, U. (2022). “Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekonomi Kreatif.” E-ISSN, 6(1), 522. https://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/semnas/article/view/2015/1370

Porter, M. E. (1990). The Competitive Advantage of Nations. In Harvard Business Review (Vol. 17, Issue 1). https://doi.org/10.1177/014920639101700113

Pradipta, A., & Firdaus, M. (2014). Posisi daya saing dan faktor-faktor yang memengaruhi ekspor buah-buahan Indonesia. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 11(2), 129–143. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/view/7890%0Ahttps://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/download/7890/7115/

Ricardo, D. (1817). On The Principles of Political Economy and Taxation. In History of Economic Thought Books. Batoche Books.

Santosa, E. P., Firdaus, M., & Novianti, T. (2018). Dayasaing Komoditas Hortikultura Negara Berkembang Dan Negara Maju Di Pasar Internasional. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 5(2), 68–86. https://doi.org/10.29244/jekp.5.2.68-86

Sukirno, S., & Romdhon, M. M. (2020). Analisis Daya Saing Komparatif Cpo Indonesia Di Negara Tujuan Utama. Jurnal Imiah Management Agribisnis (Jimanggis), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.48093/jimanggis.v1i1.38

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Adi Nugraha, A., Darsono, D., & Marwanti, S. (2023). Analisis Daya Saing Kompetitif Ekspor Pisang Indonesia di Pasar Internasional. National Multidisciplinary Sciences, 2(3), 167–173. https://doi.org/10.32528/nms.v2i3.280