Sistem Pengendalian Kredit Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Semangat Pemuda Desa Giri Sasak

Authors

  • Lia Susanti Universitas Mataram
  • Animah Animah Universitas Mataram
  • Lalu Takdir Jumaidi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i5.230

Keywords:

BUMDes, Pemberian Kredit, Pengendalian Intern, Sistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sistem pengendalian internal pemberian kredit dan penanganan masalah kredit macet pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Semangat Pemuda Desa Giri Sasak. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa: wawancara yang dalam, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian pemberian kredit serta penanganan masalah kredit macet BUMDes Semangat Pemuda Desa Giri Sasak masih belum memadai atau masih terdapat kekurangan dilihat dari salah analisa kredit dan bangkrut, sehingga upaya yang dilakukan adalah tagih terus. Penelitian ini masih memerlukan kedisiplinan dari pegawai BUMDes dalam menjalankan kebijakan atau aturan pemberian kredit yang berlaku serta sikap tegas dan tindakan lebih lanjut terkait penanganan kredit macet. Penelitian ini berasumsi bagi manajemen kredit untuk memperbaiki proses pemberian kredit dan penanganan masalah terkait kredit macet dalam meningkatkan sistem pengendalian internal yang lebih m    madai bagi BUMDes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

dwijayanti, K. (2016). Pengendalian Intern Dalam Proses Pemberian Kredit Pada Bpr Nusamba Ngunut – Cabang Ngadiluwih. 1–19.

Khalid, A., Zulaeha, S., & Asjudalastri, K. (2019). Efektivitas Pengendalian Internal Pemberian Kredit Studi Kasus Pada Pt . Bank Bri. Jurnal Ekonomi Invoice Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 93–104.

Miradewi, 1luh Artining, Atmadja, A. T., & Yuniarta, G. A. (2014). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Pemberian Kredit Pada Pt . Bank Pembangunan Daerah Bali. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Moellar, R. R. (2014). Executive’s Guide To Coso Internal Controls Understanding And Implementing The New Framework (Vol. 148). John Wiley & Sons, Inc., Hoboken. In (Vol. 59).

Munawaroh. (2011). Peranan Pengendalian Internal Dalam Menunjang Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil Dan Menengah ( Studi Kasus Di Koperasi Pegawai Bri Cabang Kediri ).

Nurmala. (2015). Analisa Pengendalian Intern Terhadap Prosedur Pemberian Kredit Griya Bni Pada Bni Lnc Palembang. 40–50.

Purwatiasih, A. D., Atmadja, A. T., Herawati, N. T., & Ganesha, U. P. (2014). Analisis Pengendalian Internal Dalam Pemberian Kredit Pada Pt . Bpr . Kanaya Ayu Dwi Purwatiasih. 1(10).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Published

2022-09-30

How to Cite

Susanti, L. ., Animah, A., & Jumaidi, L. T. . (2022). Sistem Pengendalian Kredit Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Semangat Pemuda Desa Giri Sasak. National Multidisciplinary Sciences, 1(5), 763–769. https://doi.org/10.32528/nms.v1i5.230