Likuiditas, Leverage, Dan Profitabilitas Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan

(Survei pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016)

Authors

  • Jayanthi Octavia Universitas Komputer Indonesia
  • Resky Widi Astuti Ros Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i5.222

Keywords:

Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Perusahaan didirikan bertujuan untuk memperoleh laba dan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor mengenai tingkat keberhasilan suatu perusahaan yang tercermin dari harga saham yang identik dengan kemakmuran para pemegang saham. Ada banyak faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Dalam penelitian ini digunakan 3 faktor yaitu likuiditas, leverage, dan profitabilitas.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan pada perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Uji statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis menggunakan software IBM SPSS 20.Hasil penelitian berdasarkan analisis statistik menunjukkan bahwa secara parsial likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sementara, leverage dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buddy Setianto. 2016. Prospek Investasi saham Tambang Batubara Bukit Asam per Laporan Keuangan Q1 2016: Lengkap Profile emiten, industry analysis, Key Financials dan Ratio, Benchmarking ratio, Analisa industry & Laporan Keuangan, Perhitungan Nilai Wajar Saham & beberapa metode valuasi. Jakarta: BSK Capital.

Eric Yocam & Annie Choi. 2010. Corporate Govenance A Board Director’s Pocket Guide Leadership, Diligence, and Wisdom. New York Bloomington: iUniverse, Inc.

Hery. 2017. Analisis Laporan Keuangan: Akuntansi Aset, Liabilitas, dan Ekuitas. Jakarta: PT Grasindo.

I Gusti Ketut Purnaya. 2016. Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Misbahuddin & Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Musdalifah Azis., Sri Mintarti & Maryam Nadir. 2015. Manajemen Investasi Fundamental Teknikal, Pelaku Investor dan Return Saham. Yogyakarta: Deepublish.

Nanang Martono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sri Hayati. 2017. Manajemen Risiko untuk Bank Perkreditan Rakyat dan Lembaga Keuangan Mikro. Yogyakarta: ANDI.

Stephen A Ross., et al. 2015. Pengantar Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surtan Siahaan. 2013. Beralih Bisnis Kinerja MYOH melaju. Investasi.kontan.co.id. Diakses pada 19 Maret 2018 pukul 20:09.

Sutrisno. 2013. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Umi Narimawati., dkk. 2010. Penulisan Karya Ilmiah: Panduan Awal Menyusun Skripsi dan Tugas Akhir Aplikasi pada Fakultas Ekonomi UNIKOM. Bekasi: Genesis.

Published

2022-09-30

How to Cite

Octavia, J. ., & Ros, R. W. A. . (2022). Likuiditas, Leverage, Dan Profitabilitas Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan : (Survei pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016). National Multidisciplinary Sciences, 1(5), 686–692. https://doi.org/10.32528/nms.v1i5.222