Komunikasi Interpersonal Pengrajin Perempuan Tanocraft Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Melalui Pendampingan

Authors

  • Juariyah Juariyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Unsa Nurani Hasanah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i4.117

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Pengrajin Tanocraft, Kemandirian

Abstract

 Penelitian ini mengkaji komunikasi interpersonal dalam kelompok Tanocrat yang notabene anggotanya adalah perempuan hebat yang bersemangat untuk mengubah kehidupannya menjadi bermanfaat malalui kegiatan pendampingan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan, melalui kegiatan pendampingan ini mampu menciptakan ide kreatif dan inovatif an mampu memasarkannya sampai ke mancanegara seperti Australia dan Singapore. Data penelitian diperoleh dari anggota aktif Tanocraft dan pendamping Tanocraft. Wajar sekali jika tempat penelitian ini banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu lokasi yang mampu menjaid salah satu contoh bagaimana mengembangkan sebuah desanya. Dengan komunikasi interpersonal yang berjalan dengan baik dalam pelaksanaan pendampingan kerajinan ini. hingga mampu menciptakan jiwa wirausaha melalui kreatifan yang terpendam. Tentu saja didukung dengan komunikasi yang efisien lagi. Kelas-kelas entrepreneur juga didirikan demi melatih jiwa dagang dan juga kelancaran dalam berkomunikasi di depan banyak orang lebih baik lagi, baik komunikasi antarpribadi dalam verbal maupun non verbal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis Muslim, Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat. Samudra Biru: Yogyakarta, 2012

Budayatna, Muhammad, Ganiem, Leila Mona, Teori Komunikasi Antarpribadi.Kharisma Putra Utama: Jakarta, 2011.

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta. 2004

Depari, Eduart dan Colin MacAndrews. Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta. 1995.

Devito, Joseph A. Komunikasi Antarmanusia. Profesional Books: Jakarta. 1997.

Kumar, Arvind (ed). Encyclopedia of Mass Media and Communication. Anmol Publication Pvt. Ltd: New Dehli. 2000.

Liliwer, Alo, Komunikasi Antarpribadi. Citra Aditya Bakti: Bandung. 1991.

Rogers, Edna. “Relation Communication Processor and Paterns” in rethinking communication vol. 2 ed Brenda Dervin et. al. hlm. 1. 2002.

Velayati, Sisillia. Pendorong Perubahan Sosial Perubahan Melalui Pendekatan Budaya di Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jurnal Mahasiswa Sosiologi Universitas Brawijaya. Vol.3 No 1 2014

Sumber lainnya:

https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id (di akses pada 31 Januari 2019)

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sumbersalak,_Ledokombo,_Jember (di akses pada 13 Desember 2018)

Published

2022-07-11

How to Cite

Juariyah, J., & Hasanah, U. N. . (2022). Komunikasi Interpersonal Pengrajin Perempuan Tanocraft Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Melalui Pendampingan. National Multidisciplinary Sciences, 1(4), 617–622. https://doi.org/10.32528/nms.v1i4.117