Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi, Budaya Organisasi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM

Authors

  • Eko Prasetyo Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Farida Farida Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.102

Keywords:

e-commerce, pengetahuan akuntansi, budaya organisasi,literasi keuangan, kinerja UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh E-Commerce, pengetahuan akuntansi, budaya organisasai dan literasi keuangan terhadap kinerja UMKM. Populasi dalam penelilitian ini adalah UMKM di Kota Magelang dan dengan teknik purposive sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 71 responden. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-commerce, pengetahuan akuntansi, budaya organisasi dan literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M., Primasari, D., & Widianingsih, R. (2019). Pengaruh Strategi Bisnis, Kemampuan Manajerial dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku UMKM Terhadap Kinerja UMKM Bidang Kuliner di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Optimum, 9.

Agustin. (2020). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan UMKM Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Ekonomi Dan Bisnis, 1, 8–18.

Andhi. (2020). Fenomena Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Magelang.

Aprilia. (2020). Prngaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM.

Aribawa, Dwitya. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis.

Ayu, L., Savitri, D., Natariasari, & Riska. (2021). Kinerja UMKM Ditinjau Dari Budaya Organisasi, Orientasi Kewirausahaan, Manajemen Kualitas Total dan Modal Sosial. Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 2.

Badan Kebijakan Fiskal, K. (n. d. . (2020). Masalah Pengangguran dan Kemiskinan.

Desiyanti, R. (2016). Literasi dan Inklusi Keuangan Serta Indeks Utilitas UMKM di Padang. Jurnal Bisnis & Manajemen, 2.

Diana, N., & Mawardi, M. C. (2021). Pengaruh Sistem Penjualan E-Commerce Bagi Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kcil Menengah (UMKM) di Kota Banda Aceh. 10(04).

Gatra.com. (2020).

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2017). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM di Wilayah Kota Semarang). Maksimum Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8.

Indonesia, B. (2015). Booklet Keuangan Inklusif.

Kaplan, Robert S dan Norton, D. P. (2005). The Balanced Scorecard Measures That Drive Performance.

Karyati, I. puspita. (2019). E-Commerce Untuk UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/pusdiklat-keuangan-umum-ecommerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-11-05-ebe6e220/

Kasendah, B. S., & Wijayangka, C. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM. Manajemen Dan Bisnis, 3.

Khaira, M., & Jalalluddin. (2021). Pengaruh Sistem Penjualan E-Commerce Bagi Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 3, 93–103.

Lestanti, D. (2015). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Boyolali. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, N. A., & Rustiana, S. H. (2019a). Pengaruh Persepsi Owner dan Pengetahuan Akuntansi dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pamulang. Journal of Business and Entrepreneurship, 1.

Lestari, N. A., & Rustiana, S. H. (2019b). Pengaruh Persepsi Owner dan Pengetauan Akuntansi dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pamulang. Journal of Business and Entrepreneurship, 1.

Ninin, M. R. H., & Kusumaningtias, R. (2021). Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah. Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 10(1).

Pabundu, T. (2014). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Bumi Aksara.

Pricilia, R. (2020). Program studi akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah magelang tahun 2020. Skripsi.

Purnata, & Suaradikha. (2019). Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada UKM. E-Jurnal Akuntansi, 28.

Rahmaniyah, Sulindawati, N. L. G. E., & Herawati, N. T. (2017). Pengaruh Aksesibilitas Kredit, Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan, dan Minat Menggunakan E-Commerce Terhadap Kinerja UMKM (Studi Pada UMKM Kecamatan Buleleng). Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, 8.

Sarastyarini, Werin, N. M., & Yadnyana, I. K. (2018). Pengaruh E-Commerce dan Efektivitas Kerja Pengguna Terhadap Kinerja Perusahaan pada Usaha Kecil dan Menengah di Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 24.

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (E-Commerece) Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3.

Sitorus Henrianto, & Djosua, S. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengetahuan Tentang Akuntansi Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pedagang Di Wilayah Kelurahan Helvetia Tengah Medan. At-Tawassuth, 2.

Subagio, I. S., & Saraswati, E. (2020). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM di Purbalingga. Journal of Law, Economics, and English, 2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta.

Tambunan, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Pengalaman Usaha Terhadap Pengembangan Usaha Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Intervening (Kajian Empiris Pada Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatam Medan Sunggal).

Tambunan, T. (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia (Beberapa I). Salemba Empat.

Tiandra, N., Hambali, D., Nurasia, & Rosalina, N. (2019). Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada UMKM di Kbupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4.

Turban., King. D., L. J. K., Liang, T. P., & Turban, D. C. (2015). Electronic Commerce A Managerial and Social Networks Perspective.

Wahyuni, S., Nugroho, W. S., Purwantini, A. H., & Khikmah, S. N. (2021). Pengaruh E-commerce, Budaya Organisasi, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Kota Magelang. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar.

Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen Bisnis, 2.

Published

2022-05-09

How to Cite

Prasetyo, E., & Farida, F. (2022). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi, Budaya Organisasi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 370–383. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.102