Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pendekatan TaRL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas 7
Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, pendekatan TaRL, hasil belajar, matematikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 7 B SMP Negeri 5 Jember dengan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui pendekatan pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa dan hasil observasi yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 7 B SMPN 5 Jember tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi perangkat dan pelaksanaan pembelajaran serta lembar refleksi respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 sebesar 52% siswa dinyatakan tuntas dan pada siklus 2 banyak siswa yang dinyatakan tuntas meningkat menjadi 71%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui pendekatan TaRL menjadi prediktor positif dari hasil belajar yaitu dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Downloads
References
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 1(1), 82.
Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan Teaching At The Right Level ( Tarl ) Berbantuan E-Lkpd Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pendahuluan. Widyadari : Jurnal Pendidikan Diterbitkan Oleh LP3M Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, 24(2), 220–229. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3186
Batul, F. A., Pambudi, D. S., & Prihandoko, A. C. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Sscs Dengan Pendekatan Rme Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1282. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5074
Edizon, & Maharani Zan, A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18939–18949.
Febriani, A., & Shaliha, S. (2020). Modul Mata Kuliah Pemahaman Tentang Peserta Didik Dan Pembelajarannya. 49.
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema Journal, 5(2), 312–324.
Inganah, S., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2023). Problems, Solutions, and Expectations: 6C Integration of 21 st Century Education into Learning Mathematics. JEMS (Journal of Mathematics and Science Education), 11(1), 220–238.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore.
Kennedy, T. J., & Sunberg, C. W. (2020). 21st century skills. Science education in theory and practice: An introductory guide to learning theory. Springer, Cham. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-43620-9_32
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830
Oktaviani, I. (2022). Cetakan 1. Buku Ajar Mata Kuliah Pilihan “Perancangan Dan Pengembangan Kurikulum,” 151.
Pratham Education Foundation. (n.d.). Teaching at The Right Level. Retrieved July 15, 2024, from https://www.pratham.org/about/teaching-at-the-right-level/
Prihatini, R. S. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Ilmu Pengetahuan Alam Di SMP: Kajian Literatur. Jurnal Pendiidkan Berkarakter, 1(6), 179–186. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.499
Rahmayanti, S. M., Rahmantika Hadi, F., & Suryanti, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Menggunakan Pendekatan Tarl. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545–4557. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7914
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Pearson Education
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.