Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Islam Di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan

Authors

  • Alfa Rizal Matofani Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kepuasan, Kompetensi Pedagogik, Siswa

Abstract

Kompetensi pedagogik sebagai salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh guru. Siswa sebagai aktor utama dalam proses pembelajaran dan guru sebagai fasilitator kompetensi pedagogik dapat menjadi sarana dalam meyukseskan proses kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap kompetensi guru pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan instrumen kuisoner pada skala lickert. Responden penelitian sebanyak 126 siswa di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Berdasarakan data penelitian diperoleh respon pilihan siswa terhadap kategori kepuasan, kategori sangat puas memiliki presentase 8%, kategori puas memiliki presentase 32%, kategori cukup puas memiliki presentase 31%, kategori tidak puas memiliki presentase 25% dan kategori sangat tidak puas memiliki presentase 5%. Namun apabila hanya dipisahkan dalam tiga kategori, yaitu kategori puas, cukup puas dan tidak puas, maka presetase kategori puas adalah 40%, kategori cukup puas 31% dan kategori tidak puas 30%. Hasil penelitian menegaskan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam dapat dikatan pada kategori tidak puas. Hal ini disebabkan belum tersedianya secara maksimal media pembelajaran baik offline maupun online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. A. bin Embi and R. Widyasari, “Teori dan Model Pengukuran Kepuasan Masyarakat Terhadap Keberkesanan Sistem Pelayanan Publik,” Tingkap, vol. IX, no. 2, pp. 178–191, 2013.

A. Miftahul Arifin, Siti Napisah, Arif, “Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Smp Al Aqso Cluring Kelas Vii Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Ilmu Pendidik. Dan Sos., vol. 9, no. 1, pp. 83–84, 2020.

R. Hastari and R. Hastari, “Hubungan Kompetensi Guru dan Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran,” J. kependidikan, vol. 10, no. 1, pp. 81–98, 2022.

N. Suhartiningsih, W. Warneri, and O. Okianna, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas Xi Akuntansi 3 Di Smkn 3 Pontianak14,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 11, no. 3, pp. 1–7, 2022, doi: 10.26418/jppk.v11i3.53816.

B. A. Setiawan, “Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Pendidikan di SD Integral Lukman Al - Hakim Jember,” J. TARLIM, vol. 1, no. 2, pp. 99–108, 2018.

Sofyan Rofi, Bahar Agus Setiawan, and Tri Endang Jatmikowati, “The Students’ Satisfaction of Online Learning Services,” J. Pendidik. Islam Indones., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2021, doi: 10.35316/jpii.v6i1.325.

H. N. Muflihatun and N. Suryani, “Pengaruh Fasilitas Belajar, Kompetensi Profesional Guru, dan Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Kepuasan Belajar Siswa,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 9, no. 1, pp. 215–227, 2020, doi: 10.15294/eeaj.v9i1.37166.

M. Saleh, T. Chamidy, and Suhartono, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Tinggkat Kepuasan Siswa MTS Surya BUana Menggunakan Metode Regresi Logistik,” J. Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, p. 3465, 2024.

A. Arfandi, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Di Sekolah,” Edupedia, vol. 5, no. 1, pp. 65–77, 2020, doi: 10.35316/edupedia.v5i1.882.

M. Masbur, “Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Tarbiyatul Aulad, pp. 2239–2252, 2023, doi: 10.30868/ei.v12i03.4660.

T. D. Titin, “Hubungan Antara Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa: Perspektif dan Implikasinya,” J. Bisnisman Ris. Bisnis dan Manaj., vol. 4, no. 3, pp. 92–100, 2023, doi: 10.52005/bisnisman.v4i3.128.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Rizal Matofani, A. (2025). Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Islam Di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. National Multidisciplinary Sciences, 3(2), 483–488. Retrieved from https://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/734

Issue

Section

Articles