Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kenakalan Siswa Di SMP Muhammadiyah 15 Ambulu

Authors

  • Ahmad Luthfan Nasrullah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Siti Nursyamsiyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dhian Wahana Putra Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki upaya dan tindakan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam  dalam menangani kenakalan atau pelanggaran siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kenakalan siswa merupakan masalah yang sering muncul di lingkungan pendidikan dan dapat berdampak negatif pada kualitas pembelajaran serta suasana di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa yang teridentifikasi melakukan pelanggaran. Penelitian ini diharapkan memberikan pengetahuan yang berharga tentang peran atau upaya guru  Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang strategi yang efektif, sekolah dan pendidik dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih aman, mendukung, dan memfasilitasi perkembangan positif siswa. Penelitian lebih lanjut dapat memperdalam pemahaman tentang tantangan yang dihadapi guru dalam menghadapi kenakalan siswa dan cara untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengatasi masalah ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. R. Layyinawati, B. Haryanto, and A. Pujiastutik, “Peran Guru PAI dalam Mengatai Kenakalan Siswa Sekolah Menengah Pertama,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 24, no. 1, p. 437, 2024, doi: 10.33087/jiubj.v24i1.4479.

M. Mujiono, M. Dahlan R, and A. B. AH. Bahruddin, “Peran Guru PAI Dalam Meningkatan Kualitas Akhlak Perspektif Siswa,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 2, p. 293, 2022, doi: 10.35931/am.v6i2.957.

M. A. N. Pasha, Uaya Guru Dalam mengatasi Kenakalan Peserta Didik SMP Islam Kebumen, no. 4662. 2021.

D. J. Kather, “Kenakalan Remaja dan Solusinya,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 9, pp. 6972–6980, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i9.2842.

F. Herrin, H. Huda, and S. Rofi, “Upaya Guru Pai Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Smp Negeri 3 Purwoharjo,” At-Tajdid J. Pendidik. dan Pemikir. Islam, vol. 4, no. 02, p. 159, 2021, doi: 10.24127/att.v4i02.1244.

D. Gularso and M. Indrianawati, “Kenakalan Siswa Di Sekolah Dasar,” Taman Cendekia J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 6, no. 1, pp. 54–63, 2022, doi: 10.30738/tc.v6i1.12205.

B. Artini, “Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kenakalan Remaja,” J. Keperawatan, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.47560/kep.v7i1.117.

N. Hasikin and R. Wiza, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa,” An-Nuha, vol. 2, no. 1, pp. 232–239, 2022, doi: 10.24036/annuha.v2i1.141.

I. M. S. Badry and R. Rahman, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius,” An-Nuha, vol. 1, no. 4, pp. 573–583, 2021, doi: 10.24036/annuha.v1i4.135.

A. Muis and W. Samsudi, “Peran Guru PAI di dalam Penanggulangan Kenakalan Siswa,” Edupedia J. Stud. Pendidik. dan Pedagog. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 92–100, 2022, doi: 10.35316/edupedia.v7i1.2207.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Luthfan Nasrullah, A., Nursyamsiyah , S., & Wahana Putra, D. (2025). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kenakalan Siswa Di SMP Muhammadiyah 15 Ambulu. National Multidisciplinary Sciences, 3(2), 478–482. Retrieved from https://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/732

Issue

Section

Articles