Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kopi Bubuk Ksu Buah Ketakasi

Authors

  • Salman Dwi Affandi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Andika Putra Setiawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Danu Indra Wardhana Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

KSU Buah Ketakasi, Word Of Mouth, Kualitas Produk, Harga

Abstract

Koperasi Serba Usaha (KSU) Buah Ketakasi melakukan produksi kopi dengan beragam jenis. Namun pada era sekarang pasar kopi semakin meningkat hal ini menyebabkan persaingan semakin ketat yang bisa menyebabkan penurunan pendapatan maka harus dilakukan sebuah promosi yang akan memperngaruhi keputusan pembelian. Akibatnya promosi word of mouth berdampak signifikan terhadap Keputusan pembelian konsumen tujuan penelitian ini yaitu, Mengetahui dan menganalisis apakah word of mouth, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Kopi KSU Buah Ketakasi. Metode analisis yang digunakan adalah adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis secara simultan (uji F) dan uji hipotesis secara parsial (uji T), serta uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian maka di temukan kesimpulan yaitu seluruh variabel word of mouth, kulitas produk dan harga secara parsial dikatakan valid karena r hitung lebih besar dari r tabel dan secara simultan dapat di katakan relibel karena conbach’s alpha lebih dari 0,6. Sedangkan dengan pengujian uji t  variabel word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena variabel word of mouth, kulitas produk dan harga  memiliki t hitung lebih besar dari t tabel 1.675. Bagi KSU Buah Ketakasi mengingat bahwa variabel word of mouth, kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, maka disarankan kepada KSU Buah Ketakasi memperhatikan word of mouth, kuliatas produk dan harga sesuai SOP yang di tetapkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gofur. (2019). 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Aprodita. (2018). Pengaruh harga,kualitas produk,word of mouth dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian mobil lelang pt balai lelang serasi palembang.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2023). Catalog : 1101001. Statistik Indonesia 2023, 1101001, 790.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. (2023). Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember BPS-Statistics of Jember. BPS Kabupaten Jember, 2023, 652.

BPS Jawa Timur. (2023). BPS-Statistick of Jawa Timur. Statistik Jawa Timur ,2023.

BPS Kabupaten Jember. (2023). Kecamatan Silo Dalam Angka 2022. Statistik Kecamatan Silo, 2023, 290.

Herlambang, E. D. P. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian( Studi Pada Surya Coffee Di Kota Purwodadi ).

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus di Billionaire Store Bandung ). Ejurnal.Poltekpos.Ac.Id, 10, 1–8. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/download/731/549

Marantika, W., & Sarsono, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Pengunjung Toko Amigo Pedan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 114. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.633

Masturi, H., & Hardini, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Karate-Gi Merek Hokido Di Lima Dojo Wilayah Dki Jakarta. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.508

Maulida, S. N., & Agustina, T. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Produk Kopi Robusta Organik Koperasi Serba Usaha (Ksu) Buah Ketakasi Di Kabupaten Jember. Mediagro, 18(2), 106–122.

Purwonto. (2018). TEKNIK PENYUSUNAN INSTRUMEN UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN EKONOMI SYARIAH. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada.

Rembon, A., Mananeke, L., & Gunawan, E. (2017). Theinfluence of Word of Mouth and Product Quality of Purchasing Decision on Pt. Kangzen Kenko Indonesia in Manado. Pengaruh Word of Mouth… 4585 Jurnal EMBA, 5(3), 4585–4594.

Rumondor, P., Tumbel, A. L., J Ogi, I. W., & Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan. Harga.……. 1102 Jurnal EMBA, 5(2), 1102–1112.

Setiabudi, H. H. (2023). pengaruh word of mouth, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk komestik halal di kota semarang. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.114

Syahir, syafrida hafni. (2022). Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang-Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022.

Tridina, C. (2022). Penagaruh word of mouth, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada usaha tahu semedang renyah cabang kampar.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Dwi Affandi, S., Putra Setiawan , A., & Indra Wardhana, D. (2025). Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kopi Bubuk Ksu Buah Ketakasi. National Multidisciplinary Sciences, 3(2), 464–477. Retrieved from https://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/731

Issue

Section

Articles