Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi di Kabupaten Jember (Studi Kasus Pada Koperasi Muslimah Al-Ikhlas)
Keywords:
Agroindustri Kopi, Nilai Tambah, Matrik SWOTAbstract
Agroindustri kopi merupakan salah satu agroindustri yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah penghasil kopi terbesar di Jawa Timur. Koperasi Muslimah AL-Ikhlas merupakan salah satu Agroindustri Kopi yang berada di Desa sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis nilai tambah agroindustri kopi di Koperasi Muslimah Al-ikhlas, merumuskan starategi pengembangan agroindustri kopi di Koperasi Muslimah Al-ikhlas. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah metode Hayami dan SWOT. Hasil dari analisis nilai tambah yang dilakukan menunjukkan bahwa olahan Roasted Bean dan Ground Coffee menghasilkan nilai tambah berturut-turut yaitu Rp. 68.275/Kg (83%) dan Rp. 72.175/Kg (84%). Keuntungan yang diperoleh yaitu sebesar 65.075/kg pada produk olahan Roasted Bean (95%) dan Rp. 68.975/kg untuk olahan Ground Coffee (96%). Berdasarkan hasil identifikasi peluang dan memilki bobot 0,81 dan ancaman 0,37. Dari hasil matriks EFE dengan total skor 1,18 dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan eksternal dalam usaha pengolahan kopi masih belum sepenuhnya responsif terhadap peluang yang ada dan tantangan yang dihadapi. Strategi pengembangan yang disarankan adalah Strengths - Opportunities (S-O). Langkah-langkah yang perlu diambil meliputi mengoptimalkan lahan usaha tani untuk meningkatkan dan mengembangkan produksi, memanfaatkan pasar yang ada untuk memudahkan proses pemasaran kopi, menggunakan media sosial sebagai platform untuk pemasaran produk olahan kopi secara online, meningkatkan sarana dan prasarana produksi kopi agar output lebih optimal, serta menciptakan inovasi produk olahan kopi lainnya untuk menarik minat masyarakat terhadap kopi olahan.
Downloads
References
Anjani, N., Malik, A., & Fitri, Y. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi Luwak Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 21(1), 9. https://doi.org/10.22437/jiseb.v21i1.5098
Dewi, N. L. A. D. S., Suryawardani, I. O., & Sarjana, I. D. G. R. (2016). Strategi Pemasaran Kopi pada Perusahaan Kopi Banyuatis. E-Journal Agribisnis Dan Agrowisata, 5(1), 1–10.
Fithriyyah, D., Wulandari, E., & Sendjaja, T. P. (2020). Potensi Komoditas Kopi Dalam Perekonomian Daerah di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilhiah Berwawasan Agribisnis, 6(2), 700–714.
Hariyanto, Y., & Achmar, M. (2019). Analisis Nilai Tambah Usaha Kopi Arabika “Argopuro Coffee” Pada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Walida Di Desa Tlogosari Kecamatan Sumbermalang. Agribios:Jurnal Ilmiah, 17(1), 15. https://doi.org/10.36841/agribios.v17i1.881
Lestari, F., & Adriani, D. (2021). Analisis Nilai Tambah Aneka Olahan Bubuk Kopi Robusta Berbasis Industri Rumah Tangga ( Kecamatan Pagaralam Utara , Kota Pagaralam ) “ The Value -Added Analysis Of Robusta Powder Processing Various Product Based On Home Industry ( North Pagaralam District . 3(2), 56–70.
Niam, A. A., & Eviana, N. (2022). Strategi Promosi Agresif Melalui Pengayaan Media Sosial di Al Qadri Haji dan Umrah Jakarta. Widya Manajemen, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i1.1968
Paloma, C., Putri, A., & Yusmarni, Y. (2019). Analisis Risiko Produksi Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Kabupaten Solok (Studi Kasus di Kecamatan Lembah Gumanti). JOSETA: Journal of Socio-Economics on Tropical Agriculture, 1(3), 84–93. https://doi.org/10.25077/joseta.v1i3.185
Ramawati, R., Soedarto, T., & Nurhadi, E. (2019). PENGOLAHAN KOPI DAN ANALISIS NILAI TAMBAH KOPI ROBUSTA DI KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN. Berkala Ilmiah Agribisnis AGRIDEVINA, 1(2), 105–112.
Salsabilla, S., Haryono, D., & Syarief, Y. A. (2019). Analisis Pendapatan Dan Nilai Tambah Agroindustri Keripik Pisang Di Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 7(1), 68. https://doi.org/10.23960/jiia.v7i1.68-74
Simatupang, A. E. C., Simatupang, J. T., & Berutu, P. T. S. S. (2022). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi Bubuk Robusta. Jurnal Methodagro, 8(1), 67–76.
Sub Direktorat Statistik Tanaman Perkebunan. (2023). Statistik Kopi Indonesia 2022 Volume 7.
Supratman, M. E., Insan Noor, T., & Yusuf, M. N. (2020). ANALISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ROBUSTA (Studi Kasus Pada Agroindustri Panawangan Coffee di Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(2), 436. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i2.3484
Syaputra, M. R. (2020). Strategi Pengembangan Kopi Robusta Di Kab. Merangin. Khasanah Intelektual, 4(3), 866–888.
Timur, B. P. S. J. (2023). Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2023. In BPS Provinsi Jawa Timur.
Wintoko, R., & Marlena, N. (2021). Analisis strategi pemasaran pada ukm rumah kopi temanggung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1160–1166.
Wiryaningsih, R. C., Haryono, D., & Marlina, L. (2021). NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA AGRONDUSTRI KOPI BUBUK CAP GUNUNG DI KABUPATEN WAY KANAN. Journal of Agribusiness Science, 9(4), 630–637.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.