Metode Pembelajaran Konvensional Dalam Arus Perubahan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah 7 Purwoharjo

Authors

  • Muhammad Rizky Choirul Ihsan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Bahar Agus Setiawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Badrut Tamami Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Metode Konvensional, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penggunaan kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di semua sekolah di Indonesia, termasuk di SMK Muhammdiyah 7 Purwoharjo. Sebagai guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar yaitu masih menggunakan metode konvensional yang sudah kurang relevan digunakan di kurikulum ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan tekhnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini berjumlah lima orang, satu orang kepala sekolah, satu orang guru, dan tiga orang siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya di SMK Muhammdiyah 7 Purwoharjo sudah menggunakan kurikulum merdeka belajar tetapi hanya untuk kelas X. Sebagai guru Pendidikan Agama Islam masih cenderung menggunakan metode konvensional. Akan tetapi guru memodifikasi metodenya dengan menggunakan teknologi sebagai media belajar supaya siswa tidak mudah bosan. Penggunaan metode konvensional ini dibilang efektif dikarenakan nilai hasil belajar siswa yang berada di atas rata-rata nilai KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 7 Purwoharjo masih cenderung menggunakan metode konvensional disaat sekolah sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar, tetapi guru juga melakukan pembaharuan yang akhirnya tidak selalu menggunakan metode konvensional saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Rahayu, R. Rosita, Y. S. Rahayuningsih, and A. H. Hernawan, “Jurnal basicedu,” vol. 6, no. 4, pp. 6313–6319, 2022.

B. Prasetiya, S. Rofi, B. A. Setiawan, U. Jember, and U. Jember, “Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan islam,” vol. III, no. 1, pp. 1–15.

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi, “Pengertian Pendidikan,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 1707–1715, 2022, doi: 10.13140/RG.2.2.25251.78880.

S. Nadhiroh and I. Anshori, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Fitrah J. Islam. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah.https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292

E. Susilowati, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” Al-Miskawaih J. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 115–132, 2022, doi: 10.56436/mijose.v1i1.85.

A. M. Shofwan, “Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 2, no. 4, p. 408, 2017, doi: 10.28926/briliant.v2i4.96.

A. F. Jafar, “Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 3, no. 2, p. 190, 2021, doi: 10.24252/asma.v3i2.23748.

E. Manizar, “OPTIMALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH,” Tadrib J. Pendidik. Agama Islam, vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.19109/tadrib.v3i2.1796.

Tamami.B, “Dikotomi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Umum di Indonesia,” vol. 2, no. 1, pp. 85–96, 2019.

M. Raharjo, “STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF : KONSEP DAN PROSEDURNYA,” 2017.

S. Khoirin, N. Nono, H. Yoenanto, N. Ainy, and F. Nawangsari, “Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur,” vol. 12, no. 3, pp. 287–298, 2023.

N. A. Nurcahyono and J. D. Putra, “Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar,” vol. 6, no. September, pp. 377–384, 2022.

E. Widianto, A. Anisnai, A. N. Sasami, and E. F. Rizkia, “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS,” vol. 2, no. 2, pp. 213–224, 2021.

Sudarsri Lestari, “PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI,” vol. 2, no. 2, pp. 94–100, 2018.

M. A. Septiadi, N. H. Prawira, S. Aepudin, and V. Ayu, “Dampak Covid-19 Terhadap Sistem Pendidikan,” vol. 4, no. 2, pp. 51–61, 2022, doi: 10.15575/kp.v4i1.

A. Soidik, E. Solichin, and E. Safitri, “Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning Dengan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Kelas Xii Smk Negeri 10 Merangin,” J. Muara Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 602–608, 2020, doi: 10.52060/mp.v5i1.276.

N. Arifin and Z. Arifin, “Pengaruh Inquiry Learning dan Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKKR Ditinjau Dari Motivasi belajar,” vol. 6, no. 1, 2016.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Rizky Choirul Ihsan , M., Agus Setiawan , B., & Tamami, B. (2025). Metode Pembelajaran Konvensional Dalam Arus Perubahan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah 7 Purwoharjo. National Multidisciplinary Sciences, 3(3), 557–563. Retrieved from https://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/726

Issue

Section

Articles