Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 7 Jember

Authors

  • Ayu Putri Pertiwi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Rohmad Wahid Universitas Muhammadiyah Jember
  • Fifi Thoyibah Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Problem Based Learning;, penelitian tindakan kelas;, bangun datar;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VII F SMP Negeri 7 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas VII F yang dipilih berdasarkan observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar kognitif mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Pada pra-siklus, hanya 42,86% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 65,71%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik, memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih mendalam, serta meningkatkan hasil belajar matematika.Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PBL dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi bangun datar di kelas VII F SMP Negeri 7 Jember. Implementasi PBL mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, yang berdampak positif pada pencapaian akademik mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Surya,Y. F. (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan HasilBelajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar’, Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Rokhmawati, E. (2022) ‘Penerapan PBL Untuk Maningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Larangan Berbuat Zina’, Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam.

Paloloang, M. F. B. (2014) ‘Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu’, Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Taduloko.

Rasyada, R. (2023) ‘Implementasi Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Matematika’, Basica Journal of Primary Education.

Mayaratih. Sukamto. dan Wijayanti, A. (2023) ‘Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Muatan Pelajaran Matematika Materi Satuan Waktu di Kelas III SD’, Jurnal Pendidikan Tambusai.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Putri Pertiwi, A., Wahid, R. ., & Thoyibah, F. . (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 7 Jember. National Multidisciplinary Sciences, 3(4), 571–577. Retrieved from https://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/716

Issue

Section

Articles