Pengaruh Variasi Tempratur Pirolisis Serbuk Kayu Jati Dengan Penambaha Resin Epoxy Terhadap Uji Kekerasan Pada Kampas Rem
Keywords:
Temperatur Pirolisis, Resin Epoxy, Kampas RemAbstract
Perkembangan industri otomotif memicu pencarian alternatif kampas rem yang ramah lingkungan setelah penggunaan asbestos dikurangi karena menimbulkan berbagai permasalahan. Penelitian ini mengeksplor potensi serbuk kayu jati yang telah dipirolisis pada berbagai suhu, kemudian dicampur dengan resin epoxy Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kampas rem alternatif yang ramah lingkungan. Serbuk kayu jati dipirolisis pada berbagai suhu (350 ℃, 400 ℃ dan 450 ℃) dan dicampur dengan resin epoxy. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimental. Hasil pirolisis serbuk kayu jati menunjukkan penurunan berat yang signifikan. Uji kekerasan dengan metode Shore D Durometer menghasilkan nilai tertinggi 65.5 HD pada campuran 70 gr serbuk kayu jati, 30 gr resin epoxy pada suhu 350 ℃. Suhu pirolisis 450 ℃ memberikan nilai kekerasan terendah sebesar 42.8 HD, meskipun variasi campuran materialnya sama. Temuan ini memberikan kontribusi pada pengembangan kampas rem ramah lingkungan sebagai alternatif yang aman dan efektif. Pada penelitian ini mendukung potensi penggunaan serbuk kayu jati yang telah dipirolisis dan dicampur dengan resin epoxy sebagai material kampas rem yang dapat menggantikan produk yang berpotensi merugikan lingkungan dan kesehatan.Top of Form
Downloads
References
Alamsyah, M. H., & Gundara, G. (2021). Analisis Sifat Mekanik Komposit Bahan Kampas Rem Dengan Penguat Serbuk Kayu Jati Dan Serbuk Kuningan. Pramuko,2020, 5(1), 9–13. https://doi.org/10.21070/r.e.m.v5i1.870
Arif, S., Irawan, D., & Jainudin, M. (2019). Karakteristik Sifat Mekanis Disk Pad Komposit Serbuk Kayu Jati – Polyester. Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa, 169–176.
Darianto, D., Siregar, A., Umroh, B., & Kurniadi, D. (2019). Simulasi Kekuatan Mekanis Material Komposit Tempurung Kelapa Menggunakan Metode Elemen Hingga. Journal of Mechanical Engineering Manufactures Materials and Energy, 3(1), 39. https://doi.org/10.31289/jmemme.v3i1.2443
Kosjoko, K., & Mufarida, N. A. (2022). Pemanfaatan Limbah Serbuk Arang Kayu Jati (Tectona Grandis L.F) sebagai Material Brake Pads. J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah Dan Teknologi Teknik Mesin, 7(1), 21–27. https://doi.org/10.32528/jp.v7i1.8052
Muhammad Taufik. (2022). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Shell Powder. Pendidikan Teknik Mesin, 10(1), 55–62. https://doi.org/10.23887/jptm.v10i1.44431
Prabowo, H. T., Sulhadi, S., Aji, M. P., & Darsono, T. (2017). Sifat Mekanik Bahan Komposit Kampas Rem Berbahan Dasar Serbuk Arang Kulit Buah Mahoni. SPEKTRA: Jurnal Fisika Dan Aplikasinya, 2(2), 127. https://doi.org/10.21009/spektra.022.06
Pramuko. (2020). PEMBUATAN KAMPAS REM MENGGUNAKAN VARIASI BUTIRAN MESH ALUMUNIUM SILICON (Al-Si) 50, 60, 100 DENGAN SERBUK KAYU JATI TERHADAP NILAI TINGKAT KEKERASAN, KEAUSAN DAN KOEFISIEN GESEK. Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 21(1), 35–45. https://doi.org/10.23917/mesin.v21i1.9753
suci. (2019). Edisi Cetak Jurnal Dinamis , Desember 2019 ( ISSN : 0216-7492 ) Edisi Cetak Jurnal Dinamis , Desember 2019 ( ISSN : 0216-7492 ). Jurnal Dinamis, 4, 21–27.
Saidah, A., Susilowati, S. E., Nofendri, Y., Studi, P., Mesin, T., Teknik, F., Jakarta, U. A., Agung, K. S., & Podomoro, S. (2018). PENGARUH FRAKSI VOLUME SERAT TERHADAP KEKUATAN MEKANIK KOMPOSIT SERAT JERAMI PADI EPOXY DAN SERAT JERAMI PADI RESIN YUKALAC 157. 96–101.
Aminur, A. (2021). Bimbingan Teknis Pembuatan Kampas Rem Cakram Berbahan Komposit Polimer Untuk Sepeda Motor. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 1002–1008. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.589
Manullang, D. A., Idris, M., & Nasution, F. A. K. (2022). ANALISIS KEAUSAN KAMPAS REM PADA DISC BRAKE DENGAN VARIASI KECEPATAN. 167–171
Ihsan, M. N., Wicaksono, D., & Yogyakarta, S. (n.d.). Pendahuluan Di kehidupan sehari-hari biasanya kegagalan sistem pengereman bisa disebut juga dengan rem blong atau kondisi dimana rem tidak bisa berfungsi sama sekali , penyebabnya bersumber dari minyak rem yang sudah habis sampai kampas rem yang rusak . K. 8(1), 92–96.
Yudhanto, F., Dhewanto, S. A., & Yakti, S. W. (2019). KARAKTERISASI BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DARI KOMPOSIT SERBUK KAYU JATI. Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan, 1(1). https://doi.org/10.18196/jqt.010104
saiful. (2021). PENELITIAN PENDAHULUAN LAJU KEAUSAN EFEKTIF MATERIAL KOMPOSIT GERGAJI KAYU JATI DENGAN MATRIKS EPOXY UNTUK. 7, 3–7.
Setiyawan, T., Kristiawan, T. A., & Annas, T. Y. (2023). Analisis Kekuatan Struktur Rangka Brake Lining Rivet Machine Untuk Pemasangan Kampas Rem Dengan Sistem Hidrolik. Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 130–139. http://ftuncen.com/index.php/SAINTEK/article/view/143%0Ahttps://ftuncen.com/index.php/SAINTEK/article/download/143/143
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.