Produksi Peredam Knalpot Berbahan Baku Komposit Propylene (PP) dan Batang Pelepah Sawit
Keywords:
Knalpot, Peredam, Propylene (PP), Batang Pelepah Sawit, Performa MesinAbstract
Penelitian ini mengevaluasi hasil perpaduan dan perbandingan antara knalpot yang menggunakan peredam berbahan perpaduan komposit propylene (PP) dan batang pelepah sawit. Fokus penelitian melibatkan analisis tingkat perbedaan performa dan kebisingan yang dihasilkan oleh knalpot tersebut. Variasi perlakuan melibatkan knalpot standar dan knalpot dengan peredam berbahan baku komposit propylene (PP) dan batang pelepah sawit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa knalpot standar dan knalpot perpaduan menghasilkan daya maksimal yang relatif setara, tetapi perbedaannya terletak pada rpm yang dihasilkan. Knalpot standar menghasilkan 5929 RPM, sementara knalpot perpaduan mencapai 6040 RPM dan 6162 RPM. Pada kondisi stasioner, kebisingan knalpot perpaduan sebesar 69,6 dB, dan pada putaran tinggi meningkat menjadi 80,1 dB.
Downloads
References
Akhya, R., Bugis, H., & Basori. (2019). Analisis Pengaruh Daya, Tingkat Kebisingan, Dan Torsi Sepeda Motor 4 Tak Pada Penggunaan Knalpot Dengan Busi Racing Dan Model Free Flow. NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin , 01(02), 111–122.
Hermanico, Ismet, F., & Sugiarto, T. (2013). Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar Dengan Non Standar Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio. Automotive Engineering Education Journals, 3, 1–9.
Kale, A., & Surve, F. (2023). Comparative study of end correction models in case of extended tube expansion chamber muffler. Materials Today: Proceedings. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.matpr.2023.04.512
Pangestu, R., Sudarno, S., & Winangun, K. (2022). Pengaruh Knalpot Standar dan Knalpot Modifikasi Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Ninja SS 150 cc. AutoMech : Jurnal Teknik Mesin, 2(02). https://doi.org/10.24269/jtm.v2i02.6132
Qi, H.-B., Fan, S.-W., Jiang, M., Tang, X.-L., & Wang, Y.-S. (2024). Low-frequency ultra-broadband ventilated muffler based on a resonance-labyrinthine metamaterial. Extreme Mechanics Letters, 67, 102120. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eml.2023.102120
Silitonga, A. S., Atabani, A. E., & Mahlia, T. M. I. (2012). Review on fuel economy standard and label for vehicle in selected ASEAN countries. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 16(3), 1683–1695. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.rser.2011.12.006
Tampubolon, K., & Lumbanbatu, F. (2020). Exhaust Perfomance Analysis from Composite Materials to Reduce Noise Levels on Suzuki Satria Motorbikes. Journal of Mechanical Engineering, 4 (2)(Desember), 174–182. https://doi.org/10.31289/jmemme.v4i2.4065
Winoko, Y. A., Rarindo, H., & Hertomo, B. (2019). Desain dan Analisis Knalpot Berbasis Spongesteel Terhadap Gas Buang CO, HC, Daya, dan SFC Pada Mesin Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Teknologi FST Undana, 13(1), 17–23.
Wisnujati, A., & Yudhanto, F. (2016). Analisis Kekuatan Mekanik Exhaust Cover Komposit Hybrid Untuk Sepeda Motor Dengan Metode Vacuum Infusion.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.