UJI PERFORMA DESAIN TABUNG DAN RESENATOR PADA KNALPOT SEPEDA MOTOR
Keywords:
Peforma, Torsi, Daya, Desain Tabung, KnalpotAbstract
Optimasi yang dilakukan untuk motor penggeraknya, optimasi dapat dilakukan mulai dari proses pemasukan muatan baru, kompresi, pemasukan energi melalui pembakarannya, proses ekspansi maupun pada proses pembuangan gas pembakaran. Optimasi pada pendukungnya salah satu dapat dilakukan adalah pada perbaikan desain knalpot maupun pada pemilihan materialnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh performa torsi dan daya pada desain resenator knalpot sepeda motor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental. Hasil dari penelitian ini adalah torsi tertinggi dihasilkan saat menggunakan desain tabung resonator knalpot dengan ukuran pipa saringan saluran gas buang diameter 25 mm, menunjukan torsi sebesar 12,62 N.m di putaran 6500 rpm dan daya terbesar menggunakan desain tabung resonator knalpot dengan ukuran pipa saringan saluran gas buang diameter 25 mm menunjukan daya sebesar 10,89 hp di putaran 8000 rpm
Downloads
References
Alfian, D. G. C., Prahmana, R. A., Silitonga, D. J., Muhyi, A., & Supriyadi, D. (2020). Uji Performa Gasoline Engine Menggunakan Bioaditif Cengkeh Dengan Bensin Berkadar Oktan 90. Journal Of Science And Applicative Technology, 4(1), 49. Https://Doi.Org/10.35472/Jsat.V4i1.243
Belakang, L. (N.D.). Pengaruh Perubahan Aerodinamis Pada Mobil Hemat Energi Srikandi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang Pendahuluan Latar Belakang.
Cholilulloh, M. S., & Warju. (2014). Pengaruh Metallic Catalytic Converter Tembaga Berlapis Krom Dan Air Induction System (Ais) Terhadap Reduksi Emisi Gas Buang Yamaha New Jupiter Mx. Jurnal Teknik Mesin (Jtm), 03(02), 104–113. Http://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Teknik-Mesin/Article/View/11134/10635
Name, C., Name, T., Revd, R. T., Lungile, L., World Economic Forum, Fitzpatrick, T., Modeling, L. M., Measurement, F., Snowrift, O. N., Environmental, A. R., Regional, S. S., Power, E., Limited, G. C., Influence, T. H. E., Snow, O. F., On, F., Around, S., Embankment, T. H. E., Wind, I. N., … End, F. Y. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析title. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 3(2), 6.
Penelitian, T. (2019). Mesa Jurnal 45. 3(2), 44–48.
Prasetyo, I., Sarjito, S., & Effendy, M. (2019). Analisa Performa Mesin Dan Kadar Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Dengan Memanfaatkan Bioetanol Dari Bahan Baku Singkong Sebagai Bahan Bakar Alternatif Campuran Pertalite. Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 19(2), 43–54. Https://Doi.Org/10.23917/Mesin.V19i2.5698
Pratama, S., Putra, R., & Amin, B. (2012). Pengaruh Penggunaan Berbagai Jenis Knalpot ( Muffler ) Terhadap Kualitas Gas Buang Dan Tingkat Kebisingan Pada Mobil Toyota Avanza Type 1 . 3 G Manual Tahun 2012. 1–8.
Sanata, A. (2011). 32 Pengaruh Diameter Pipa Saluran Gas Buang Tipe Straight Throw Muffler Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah Andi Sanata 1. 4, 32–39.
Sanata, A. (2016). Aplikasi Teknologi Catalytic Converter Sistem Serabut Baja Karbon Rendah Pada Kendaraan Bermotor Sebagai Pereduksi Polusi Udara. Jurnal Rotor, 9(2), 110–115. Https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Rtr/Article/View/4747
Sasongko, M. N., & Zuhri, A. A. (2021). Uji Performa Mesin Bensin Dengan Sistem Injeksi Berbahan Bakar Hcng. Jurnal Rekayasa Mesin, 12(1), 69. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jrm.2021.012.01.8
Studi, P., Mesin, T., Teknik, F., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2017). Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.
Sumarda, D. D., Irdianto, W., Mesin, J. T., Teknik, F., Negeri, U., Um, M., & Semarang, J. (2019). Perubahan Variasi Diameter Pipa Inner Pada Muffler Tipe Three Pass Tube Terhadap Kebisingan Sepeda Motor Tipe Mesin Sohc 125 Cc Tingkat Kebisingan Muffler. 3(2).
Syahrani, A. (2006). Analisa Kerja Mesin Berdasarkan Hasil Uji Emisi. Jurnal Smartek, 4(4), 260–266. Http://Jurnal.Untad.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Smartek/Article/View/446/383
Toruan, P. L., Fisika, P. S., Bunyi, I., & Motor, K. (2020). Pengaruh Diameter Knalpot Sepeda Motor Terhadap Intensitas Bunyi. 1(2).
Wisesa, B. U., & Dahlan, D. (2017). Pengembangan Bioaditif Serai Wangi Pada Bahan Bakar Bensin Terhadap Performa Mesin Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 10(2), 29–35.
Www.Hukumonline.Com/Pusatdata. (1987). 1–5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.