Pengaruh Brand Ambassador Idol Kpop, Promosi, Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee yang Ada di Jember)

Authors

  • Nurul Aisyah Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Brand Ambassador, Promosi, Fitur, Keputusan Pembelian

Abstract

Teknologi dan arus informasi yang semakin maju membuat masyarakat Indonesia semakin terbuka terhadap pengetahuan dalam skala global. Perkembangan teknologi sangat memudahkan kinerja semua aktivitas, dibuktikan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan diikuti dengan pertumbuhan media, baik media online maupun media elektronik. Saat ini media online tidak hanya digunakan untuk mencari informasi, tetapi juga dapat menjadi lahan bisnis, atau yang biasa disebut sebagai bisnis online (Ecommerce/Marketplace). Saat ini persaingan antar ecommerce/marketplace sangat terlihat, mulai dari promosi yang dilakukan secara terus menerus setiap bulannya, pengembangan fitur yang semakin menarik, hingga penggunaan brand ambassador Idol Kpop untuk menarik minat konsumen khususnya dikalangan penggemar Kpop di Indonesia yang semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh brand ambassador Idol Kpop, promosi, dan fitur terhadap keputusan pembelian konsumen shopee. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang ada di Jember, dengan sampel penelitian sebanyak 80 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian berasal dari hasil penyebaran kuisioner yang dibuat dengan skala likert, dan dianalisis menggunakan regresi linier bergada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador idol kpop tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di Jember. Variabel promosi dan fitur secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardy, D. A. P. (2013). Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Curve 9300. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 223-233.

Amin, A. M., & Yanti, F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14.

Ernestivita, G. (2016). Analisis Pengaruh Place, Promotion, Dan People Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Produk Pasar Modal Dengan Menggunakan Jasa Equity Brokerage Di Pt Sucorinvers Central Gani Cabang Kediri. Jurnal Nusamba Vol.1 No.2, 01 No. 02. https://doi.org/10.29407/nusamba.v1i2.455

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (5th ed.). semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.385

Greenwood, G. L. (2012). Fashion Marketing Communications. USA: Wiley.

Gita, D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Pada Perusahaan Online Zalora.co.id. EProceedings of Management, 3(1). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3097

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hamidah, S., & Anita, D. (2014). Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus Stie Pelita Indonesia). Jurnal Ekonomi, 21(04). Retrieved from https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2043

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. jakarta: Erlangga.

Laheba, Y. A., Tumbuan, W., & Soepeno, D. (2015). Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Jurnal EMBA, 3(3), 99–108.

Perdana, R. K., & Wardhani, N. I. K. (2021). Ketertarikan Konsumen Terhadap Lee Min Ho Sebagai Brand Ambassador Dan Citra Merek Lazada Terhadap Keputusan Pembelian. Maker: Jurnal Manajemen, 7(1), 56–63. Retrieved from https://maker.ac.id/index.php/maker/article/view/278

Sterie, W. G., Massie, J. D. D., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24200

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Retrieved January 9, 2022, from http://jurnalmandiri.com/index.php/mandiri/article/view/99/78

Shabrina, G. Y., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Fitur Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman pada Pengguna OVO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1258–1264.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4 (4th ed.). Yogyakarta: Andi.

Published

2022-05-09

How to Cite

Aisyah , N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Idol Kpop, Promosi, Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee yang Ada di Jember). National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 439–446. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/90