Strategi Pemasaran Berbasis Analisis Swot Sebagai Upaya Mening-katkan Pendapatan Pada Badan Usaha Milik Desa Karya Mandiri Desa Balung Kulon Kabupaten Jember

Authors

  • Abdul Karim Universitas Muhammadiyah Jember.
  • Trias Setyowati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Haris Hermawan

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.81

Keywords:

Strategi Pemasaran, Matriks IE, Matriks SWOT

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui IFAS dan EFAS yang akan menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Bumdes Karya Mandiri. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji kondisi objek alam. Berdasarkan Matriks IE, posisi Bumdes Karya Mandiri berada pada kuadran IV. Jika dilihat dari tanda bintang, Bumdes Karya Mandiri menempati posisi IV. Dari hasil penelitian terhadap alternatif strategi perusahaan yang telah diperoleh, peneliti dan manajemen berdiskusi untuk menentukan strategi pemasaran di Bumdes Karya Mandiri yang sesuai dengan situasi dan kondisi serta tujuan dari Bumdes Karya Mandiri. Strategi pemasaran antara lain Mempertahankan promosi penjualan serta megembangkan iklan dan interaktif marketing dengan konsumen melalui media social, Merancang program-program kegiatan dengan masayarakat sekitar Desa Balung Kulon dan mempererat kerja sama antara mitra kerja, Meningkatkan  kualitas SDM dengan mengikut sertakan karyawan ke dalam acara – acara seminar dan pelatihan kerja, Meningkatkan desain produk dan periklanan semenarik mungkin melalui media sosial, guna menigkatkan penjualan, Mengadakan kegaiatan event marketing yang menarik untuk menjalin hubungan dengan konsumen Bumdes Karya Mandiri untuk kemudian diperkenalkan melalui media social. Untuk mengetahui gambaran strategi perusahaan berdasarkan rumusan IFAS dan EFAS pada tabel yang dihitung dalam Matriks IE internal dan eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflia Fitriani, Q., & Hariyawati, S. (2019). Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Lawu Adventure Di Sidoarjo. Jurnal Bisnis Indonesia, 10(1), 80–91.

Ammirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakrta: Mitra Wacana Media.

Ariana, I. N. J., & Ida Bagus Ketut Astina. (2019). Strategi Pemasaran Desa Wisata Bongan Sebagai Pariwisata Kerakyatan Berkelanjutan Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Perhotelan Dan Pariwisata Juli-Desember 2019, Vol.9 No.2, 9(2), 137–165.

Assauri.Sofjan 2013.Manajamen Pemasaran: Jakarta : Rajawali Pers.

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1), 58–70.

Budiman, S., Haryoko, U. B., & Abdillah, M. (2005). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Jumlah Penyaluran Pada Unit Pengelola Dana Bergulir (Updb) Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen P-ISSN 2356-2005 E-ISSN 2598-4950, 1–15.

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: pustaka pelajar.

David, Fred R.(2011). Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta

Dewi, I. S., Sihombing, I. K., & Kurniawan, M. I. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Marketing Mix dan SWOT Analysis pada Usaha Pengeringan Asam Gelugur. Jurnal Bisnis Administrasi, 8(1), 51–64.

Hartono, Hendry, dkk. (2012). “Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan”. Jurusan manajemen.Univeristas bina nusantara.Jakarta Barat.Jurnal( online )

Heriawan, F., Susanto, A., & Haryanti, D. (2021). Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang. Journal of Marine Research, 10(1), 138–146.

Jogiyanto, H. M. (2017). Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nursan, M., & Utama FR, A. F. (2019). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berbasis Pertanian Di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Social Economic of Agriculture, 8(2), 67.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2008). Manajemen strategis. Salemba Empat, Jakarta.

Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 224–240.

Rangkuti, F. (2007). Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis Edisi 2 Cetakan 5. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Indonesia.

Rangkuti, F (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Kualitatif & R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Sumarmi, S., Siswanta, L., Ekonomi, F., & Pgri, U. (2020). Strategi Pengembangan Potensi Desa Sendangsari , Pajangan , Kabupaten Bantul Melalui Analisis Swot. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(1), 151–162.

Swastha, B. (2012). Asas-asas Marketing. Liberty.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa, edisi pertama. Yogyakarta: Andi.

Wicaksono, A., & Issn, |. (2018). Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta Jurnal Manajemen Industri dan Logistik. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(2), 192–201.

Published

2022-05-09

How to Cite

Karim, A., Setyowati, T., & Hermawan, H. (2022). Strategi Pemasaran Berbasis Analisis Swot Sebagai Upaya Mening-katkan Pendapatan Pada Badan Usaha Milik Desa Karya Mandiri Desa Balung Kulon Kabupaten Jember. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 234–335. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.81