Peran Serta Pemerintah Desa dan Pemuda Desa dalam Pelestarian Potensi Kekayaan Alam dan Budaya di Desa Karangbayat

Authors

  • Nurlailiyah Nurlailiyah Desa Karangbayat Kabupaten Jember
  • Bayu Wijayantini Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i1.8

Keywords:

desa wisata, , potensi desa, peran masyarakat

Abstract

Peran serta pemerintah desa dan pemuda desa dalam pelestarian potensi sumber daya alam dan budaya di Desa Karangbayat. Pemuda desa dengan kepedulian dan keinginan yang besar serta  potensi yang dimilikinya dalam berbagai bidang  mampu memberi energi yang besar dalam pelestarian psotensi kekayaan alam dan budaya. Peranan pemerintah desa yang mendukung memberikan perubahan besar dalam pelestarian potensi kekayaan alam dan budaya di desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah desa dan pemuda desa dalam pelestarian potensi sumber daya alam dan budaya di Desa Karangbayat  serta implikasinya terhadap kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif melalui wawancara dengan informan, observasi, dan dokumentasi. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat, kepala desa dan organisasi pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Karangbayat dan Ikatan Mahasiswa Karangabayat. Tahapan analisis data kualitatif yaitu, menandai kata-kata kunci dan gagasan yang ada di dalam data dan berupaya menemukan tema yang berasal dari data, menuliskan model yang ditemukan dan koding yang telah dilakukan. Hasil penelitian pemerintah desa dan pemuda desa mengupayakan kegiatan pelestaria untuk menjaga keasrian dan kebersihan di lokasi titik kekayaan alam yang ada di Desa Karangbayat dan lokasi Prasasti Congapan yang merupakan situs budaya yang dilindungi hingga pelestarian dapat tercapai maksimal dan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. G. (2015). Pengembangan Model Wisata Edukasi-Ekonomi Berbasis Industri Kreatif Berwawasan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2).

Sari, D. F. (2015). Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Melestarikan Batang Aie Lunang Di Kenagarian Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Spasial: Penelitian, Terapan Ilmu Geografi, dan Pendidikan Geografi, 3(1), 131475.

https://jembertourism.com/tours/prasasti-congapan-sumberbaru

https://jatim.antaranews.com/berita/197348/disparbud-jember-siapkan-desa-karangbayat-jadi-destinasi-wisata-keluarga

https://www.jemberkab.go.id/

Published

2022-01-04

How to Cite

Nurlailiyah, N., & Wijayantini , B. . (2022). Peran Serta Pemerintah Desa dan Pemuda Desa dalam Pelestarian Potensi Kekayaan Alam dan Budaya di Desa Karangbayat . National Multidisciplinary Sciences, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.32528/nms.v1i1.8