Waktu Fermentasi In-Vitro Pada Kopi Robusta Lokal Jember

Authors

  • Desy Dwi Wulansari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kukuh Munandar Universitas Muhammadiyah Jember
  • Novy Eurika Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i2.60

Keywords:

fermentasi, in-vitro, bakteri, yeast, kopi robusta

Abstract

Produksi kopi di Kabupaten Jember terdapat tiga jenis yaitu Kopi Arabika, Kopi Robusta dan Kopi Liberika. Banyak peneliti yang melakukan penelitian menggunakan metode fermentasi kopi secara in-vitro (perlakuan diluar tubuh luwak) dengan menggunakan mikroba jenis Bakteri Asam Laktat (BAL) berdasarkan faktor waktu lama fermentasi. Penelitan bertujuan untuk mengetahui waktu yang ideal dalam fermentasi kopi robusta lokal Jember secara in-vitro yang dapat menghasilkan kualitas kopi dengan citarasa yang mirip dengan kopi luwak. Penelitian ini menerapkan penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini kontrol negatif, perlakuan kontrol positif, perlakuan isolat bakteri asam laktat (BAL), perlakuan isolat yeast dan perlakuan isolat total, yang difermentasi selama 2 hari, 4 hari dan 6 hari, kemudian menggunakan lembar organoleptik untuk membandingkan cita rasa kopi pada setiap perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai dengan bulan Juli 2021 di Laboratorium Mikrobiologi Universitas Muhammadiyah Jember dan Cafe “Hore” Jember. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat waktu yang ideal dalam fermentasi kopi secara in-vitro atau diluar tubuh hewan luwak, kopi robusta yang telah difermentasi dinyatakan mirip dan melebihi skor yang mendekati dengan skor kopi luwak asli yaitu pada fermentasi empat hari perlakuan isolate yeast dengan hasil skor rata-rata 6,71 yang termasuk kedalam kategori “Good” dengan interval 6,00-6,75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti, D. (2020). Fermentasi In Vitro Dengan Menggunakan Isolat BAL (Bakteri Asam Laktat) Dari Kotoran Luwak Pada Kopi Lokal Jember. (Skripsi). Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Apriliyanto, A. M., Purwadi, P., & Puruhito, D. (2018). Daya Saing Komoditas Kopi (Coffea sp.) di Indonesia. Jurnal MASEPI, 3(2): 1-24.

Edvan, B., Edison, R., & Same, M. (2016). Pengaruh Jenis dan Lama Penyangraian Pada Mutu Kopi Robusta (Coffe robusta). Jurnal Agro Industri Perkebunan, 4(1), 31-40.

Fauzi, M. (2008). Isolasi Dan Karakteristik Bakteri Asam Laktat Biji Kopi Luwak (Civet Coffe). Jember : Universitas Jember.

Fauzi, M., & Hidayati, N. W. (2016). Perubahan karakteristik Kimia Kopi Luwak Robusta In Vitro Dengan variasi lama Fermentasi dan Dosis ragi. Jember : Universitas Jember.

Karimah, I. (2020). Pengaruh Lama Fermentasi In Vitro Terhadap Kualitas Kopi Lokal Jember. (Skripsi). Jember : Universitas Muhammadiyah Jember.

Martati, E. (2007). Identifikasi Mikrobia Pada Fermentasi Biji Kopi Arabika. Jurnal Agrotek, 1(2), 112-122.

Munandar, K., Akhmadi, A. N., Eurika, N., Afriyanti, D., & Karimah, I. (2020). Isolation and Characteristics of Lactic Acid Bacteria in Feces of Jember Local Mongose as a Source of Isolate In-Vitro Fermentation. Article presented at the ICONTAC International Seminar, Jakarta.

Muzaifa, M., Hasni, D., Patria, A., & Abubakar, A. (2019). Phenotypic Identification of Lactic Acid Bacteria From Civet (Paradoxorus Hermaphroditus). International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 9(5): 1681.

Septianti, H. (2019). Isolasi dan Identifikasi Bakteri Asam Laktat Penghasil Senyawa Antikapang Pada Fermentasi Kopi rakya Dalam Wadah Karung Plastik Di Kawasan Pegunungan Ijen Raung Bondowoso. (Skripsi). Jember: Universitas Jember.

Surono, I. (2016). Probiotik, Mikrobiome dan Pangan Fungsional. Yogyakarta: Deepublish.

Published

2022-03-07

How to Cite

Wulansari, D. D. ., Munandar , K. ., & Eurika , N. (2022). Waktu Fermentasi In-Vitro Pada Kopi Robusta Lokal Jember. National Multidisciplinary Sciences, 1(2), 220–228. https://doi.org/10.32528/nms.v1i2.60