Pengaruh Variasi Tempratur Pirolisis Serbuk Kayu Jati Dengan Penambaha Resin Epoxy Terhadap Uji Kekerasan Pada Kampas Rem

Authors

  • Moh Irawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nely Ana Mufarida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kosjoko Kosjoko Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Temperatur Pirolisis, Resin Epoxy, Kampas Rem

Abstract

Perkembangan industri otomotif memicu pencarian alternatif kampas rem yang ramah lingkungan setelah  penggunaan asbestos dikurangi karena menimbulkan berbagai permasalahan. Penelitian ini mengeksplor potensi serbuk kayu jati yang telah dipirolisis pada berbagai suhu, kemudian dicampur dengan resin epoxy Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kampas rem alternatif yang ramah lingkungan. Serbuk kayu jati dipirolisis pada berbagai suhu (350 ℃, 400 ℃ dan 450 ℃) dan dicampur dengan resin epoxy. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimental. Hasil pirolisis serbuk kayu jati menunjukkan penurunan berat yang signifikan. Uji kekerasan dengan metode Shore D Durometer menghasilkan nilai tertinggi 65.5 HD pada campuran 70 gr serbuk kayu jati, 30 gr resin epoxy pada suhu 350 ℃. Suhu pirolisis 450 ℃ memberikan nilai kekerasan terendah sebesar 42.8 HD, meskipun variasi campuran materialnya sama. Temuan ini memberikan kontribusi pada pengembangan kampas rem ramah lingkungan sebagai alternatif yang aman dan efektif. Pada penelitian ini mendukung potensi penggunaan serbuk kayu jati yang telah dipirolisis dan dicampur dengan resin epoxy sebagai material kampas rem yang dapat menggantikan produk yang berpotensi merugikan lingkungan dan kesehatan.Top of Form

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, M. H., & Gundara, G. (2021). Analisis Sifat Mekanik Komposit Bahan Kampas Rem Dengan Penguat Serbuk Kayu Jati Dan Serbuk Kuningan. Pramuko,2020, 5(1), 9–13. https://doi.org/10.21070/r.e.m.v5i1.870

Arif, S., Irawan, D., & Jainudin, M. (2019). Karakteristik Sifat Mekanis Disk Pad Komposit Serbuk Kayu Jati – Polyester. Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa, 169–176.

Darianto, D., Siregar, A., Umroh, B., & Kurniadi, D. (2019). Simulasi Kekuatan Mekanis Material Komposit Tempurung Kelapa Menggunakan Metode Elemen Hingga. Journal of Mechanical Engineering Manufactures Materials and Energy, 3(1), 39. https://doi.org/10.31289/jmemme.v3i1.2443

Kosjoko, K., & Mufarida, N. A. (2022). Pemanfaatan Limbah Serbuk Arang Kayu Jati (Tectona Grandis L.F) sebagai Material Brake Pads. J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah Dan Teknologi Teknik Mesin, 7(1), 21–27. https://doi.org/10.32528/jp.v7i1.8052

Muhammad Taufik. (2022). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Shell Powder. Pendidikan Teknik Mesin, 10(1), 55–62. https://doi.org/10.23887/jptm.v10i1.44431

Prabowo, H. T., Sulhadi, S., Aji, M. P., & Darsono, T. (2017). Sifat Mekanik Bahan Komposit Kampas Rem Berbahan Dasar Serbuk Arang Kulit Buah Mahoni. SPEKTRA: Jurnal Fisika Dan Aplikasinya, 2(2), 127. https://doi.org/10.21009/spektra.022.06

Pramuko. (2020). PEMBUATAN KAMPAS REM MENGGUNAKAN VARIASI BUTIRAN MESH ALUMUNIUM SILICON (Al-Si) 50, 60, 100 DENGAN SERBUK KAYU JATI TERHADAP NILAI TINGKAT KEKERASAN, KEAUSAN DAN KOEFISIEN GESEK. Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 21(1), 35–45. https://doi.org/10.23917/mesin.v21i1.9753

suci. (2019). Edisi Cetak Jurnal Dinamis , Desember 2019 ( ISSN : 0216-7492 ) Edisi Cetak Jurnal Dinamis , Desember 2019 ( ISSN : 0216-7492 ). Jurnal Dinamis, 4, 21–27.

Saidah, A., Susilowati, S. E., Nofendri, Y., Studi, P., Mesin, T., Teknik, F., Jakarta, U. A., Agung, K. S., & Podomoro, S. (2018). PENGARUH FRAKSI VOLUME SERAT TERHADAP KEKUATAN MEKANIK KOMPOSIT SERAT JERAMI PADI EPOXY DAN SERAT JERAMI PADI RESIN YUKALAC 157. 96–101.

Aminur, A. (2021). Bimbingan Teknis Pembuatan Kampas Rem Cakram Berbahan Komposit Polimer Untuk Sepeda Motor. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 1002–1008. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.589

Manullang, D. A., Idris, M., & Nasution, F. A. K. (2022). ANALISIS KEAUSAN KAMPAS REM PADA DISC BRAKE DENGAN VARIASI KECEPATAN. 167–171

Ihsan, M. N., Wicaksono, D., & Yogyakarta, S. (n.d.). Pendahuluan Di kehidupan sehari-hari biasanya kegagalan sistem pengereman bisa disebut juga dengan rem blong atau kondisi dimana rem tidak bisa berfungsi sama sekali , penyebabnya bersumber dari minyak rem yang sudah habis sampai kampas rem yang rusak . K. 8(1), 92–96.

Yudhanto, F., Dhewanto, S. A., & Yakti, S. W. (2019). KARAKTERISASI BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DARI KOMPOSIT SERBUK KAYU JATI. Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan, 1(1). https://doi.org/10.18196/jqt.010104

saiful. (2021). PENELITIAN PENDAHULUAN LAJU KEAUSAN EFEKTIF MATERIAL KOMPOSIT GERGAJI KAYU JATI DENGAN MATRIKS EPOXY UNTUK. 7, 3–7.

Setiyawan, T., Kristiawan, T. A., & Annas, T. Y. (2023). Analisis Kekuatan Struktur Rangka Brake Lining Rivet Machine Untuk Pemasangan Kampas Rem Dengan Sistem Hidrolik. Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 130–139. http://ftuncen.com/index.php/SAINTEK/article/view/143%0Ahttps://ftuncen.com/index.php/SAINTEK/article/download/143/143

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Irawan, M., Ana Mufarida, N., & Kosjoko, K. (2024). Pengaruh Variasi Tempratur Pirolisis Serbuk Kayu Jati Dengan Penambaha Resin Epoxy Terhadap Uji Kekerasan Pada Kampas Rem . National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 444–450. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/577