ANALISA SISTEM PENGEREMAN MOBIL LISTRIK 2 KW

Authors

  • Rachmad Din’go Ega Prayitno Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kosjoko Kosjoko Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nely Ana Mufarida Universitas Muhammadiyah Jember
  • muhammad Zainur Ridlo Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Sitem pengereman, Gaya traksi, Gaya gesek

Abstract

Indonesia pada saat ini, penggunaan energi tidak terbarukan yang paling diminati, adalah yang bersumber bahan bakar batubara dan minyak bumi. Maka diperlukan sumbersumber energi baru untuk menggantikan energi fosil. Pemerintah Indonesia harus memberikan perhatian khusus dalam mengurangi penggunaan energi fosil seperti kendaraan bermotor. Pemerintah mulai gencar mempromosikan kendararaan listrik. Kendraan listrik memang alat transportasi yang dapat mengurangi penggunaan energi fosil dan gas rumah kaca. Dalam kendaraan listrik banyak komponen pendukung yang perlu diperhatikan sebagai contoh sistem pengereman. Dalam penelitian ini, mencoba melakukan eksperimen sistem pengereman pada mobil listrik 2 kw. Pada eksperimen ini, melakukan uji pengereman pada mobil listrik 2 kw dengan variabel kondisi jalan yang kering, basah, dan bebatuan menggunakan total bobot mobil 200 kg, 220 kg, 250 kg. Hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan mendapatkan Mobil listrik ini membutuhkan gaya sebesar 8.240 N, 9.064 N, dan 10.300 N untuk membuat kendaraan behenti pada kecepatan 40 km/jam dengan jarak 50 m. Dengan berat total mobil 200 kg, 220 kg, dan 250 kg membutuhkan waktu 9,25 detik.sehingga semakin ringan kendaraan semakin kecil pula gaya yang dibutuhkan untuk sistem pengereman, karena dengan hasil pengujian lapangan dengan berat mobil listrik yang 200 kg mendapat kan nilai gaya yang kecil yaitu sebesar 8.240 N.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Muadzin. (2019). Analisis Simulasi Pengereman Pada Sistem Ibs (Integrated Braking System) Berbasis Matlab SimulinK. 1–4.

M. Badri, J. Prisno, F. B. (2018). Karakteristik kekerasan dan keausan kanvas rem cak- ram bahan komposit dengan filler palm slag. Materials Science and Engineering, 9(7), 17–21.

Muliatna, I. M., & Cahyo, P. N. (2013). Perancangan Sistem Pengereman Hidrolis Pada Mobil Listrik Garnesa. Jurnal Rekayasa Mesin, 01(01), 54–56.

Ramadhansyah, R. (2021). Tugas Akhir. 175.45.187.195, 31124. ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf

Saputra, A., & Munandar, R. (2022). Analisis Dinamik Rem Cakram (Disc Brake) atau Rem Piringan pada Sepeda Motor Supra X 125. Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 12(2), 83–90. https://doi.org/10.35814/teknobiz.v12i2.3612

Segera, N. B. (2015). EDUCATION for SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) SEBUAH UPAYA MEWUJUDKAN KELESTARIAN LINGKUNGAN. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1349

Siahaan, I. H., & Sen, H. Y. (2008). Kinerja Rem Tromol Terhadap Kinerja Rem Cakram Kendaraan Roda Dua Pada Pengujian Stasioner. Teknosim, 391–397.

Tharo, Z., & Andriana, M. (2019). Pembangkit Listrik Hybrid Tenaga Surya Dan Angin Sebagai Sumber Alternatif Menghadapi Krisis Energi Fosil Di Sumatera. Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK), 141–144.

Wahyudi, H. T., Mufarida, N. A., & Kosjoko, K. (2018). 2224-6288-1-Pb. 2(2), 9–16.

Zainuri, F., Apriana, A., & Haryadi, D. D. (2016). Optimalisasi Rancang Bangun Mobil Listrik Sebuah Studi Kendaraan Hemat Energi Sebagai Bagian Solusi Alternatif Krisis Energi Dunia. Jurnal Poli-Teknologi, 14(3). https://doi.org/10.32722/pt.v14i3.76

Ermawati, T. (2015). Analisis Subsidi Energi Dalam Pengembangan Energi Terbarukan. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 23(1), 53-65.5

Setyono, A. E., & Kiono, B. F. T. (2021). Dari energi fosil menuju energi terbarukan: potret kondisi minyak dan gas bumi Indonesia tahun 2020–2050. Jurnal Energi Baru Dan Terbarukan, 2(3), 154-162.

Yudha, S.W. 2017. Pemerintah Perlu Mengoptimalkan Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan. Yogyakarta: Humas UGM. April 26, 2017.

Mulyadi.S, I. Ismail, Suparjo, and M. Yunus, ³Analisa Pengaruh Pegas Pada Master Silinder Bagian Atas Terhadap Fungsi Pengereman Sistem Rem Two Leading,¥ J. Austenit Vol. 10, Nomor 1, April 2018, vol. 10, no. April, pp. 21±28, 2018

A. A. Dzikrullah, Qomaruddin, and M. Khabib, ³Analisa Gesekan Pengereman Hidrolis (Rem Cakram) dan Tromol Pada Kendaraan Roda Empat Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga,¥ no. 2015, pp. 875±881, 2017.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Din’go Ega Prayitno, R., Kosjoko, K., Ana Mufarida, N., Zainur Ridlo, muhammad, & Abidin, A. (2024). ANALISA SISTEM PENGEREMAN MOBIL LISTRIK 2 KW. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 438–443. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/576