Analisis pengaruh kombinasi variabel berat Roller pada motor matic 110 cc terhadap Performa mesin

Authors

  • Ahmad Haidar Rafly Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mokh. Hairul Bahri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kombinasi berat roller, Daya, Torsi, Performa mesin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kombinasi Variabel Berat Roller Pada Motor Matic 110cc terhadap daya dan torsi.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan mengkombinasikan berat roller (11 gram dan 13 gram), (11 gram dan 15 gram), dan (13 gram dan 15 gram) dengan perbandingan berat roller 13 gram (standart). Pengujian menggunakan alat dynotest untuk mendapatkan niali daya dan torsi yang dihasilkan kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian nilai torsi 13 gram (standart) yaitu 12.49 N.m pada putaran mesin 5221 rpm, sedangkan nilai torsi tertinggi dicapai oleh kombinasi berat roller 13 gram dan 15 gram dengan nilai 13.12 N.m pada putaran mesin 5124 rpm. Pengujian nilai daya 13 gram (standart) yaitu 12 Hp pada putaran mesin 8531 rpm, sedangkan nilai daya tertinggi dicapai oleh kombinasi berat roller 11 gram dan 15 gram dengan nilai 12.2 Hp pada putaran mesin 8104 rpm. Hasil uji jalan menunjukkan bahwa kombinasi berat roller 11 gram dan 15 gram memiliki peningkatan signifikan terutama pada putaran tinggi. Dari data tersebut dapat disimpulkan, setelah mengkombinasikan berat roller yang berbeda nilai torsi dan daya mengalami perubahan pada performa mesin motor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrie Muchta. 2018. “Cara Kerja Transmisi Otomatis CVT Sepeda Motor.” 01 Agustus 2018. Retrieved March 6, 2023 (https://www.autoexpose.org/2018/01/cara-kerja-transmisi-otomatis-motor.html).

Hakim, Moh Azizi, Erik Heriana, and Ii Iwanto. 2019. “Kajian Sistem Transmisi CVT Untuk Sepeda Motor Honda Spacy Pada Putaran Rendah, Menengah, Tinggi Serta Beban Menanjak.” Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi 15(2):112. doi: 10.36055/tjst.v15i2.6817.

Jalius, Jama, and Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1 Untuk SMK Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Poetra Kalang. 2018. “MEKANISME KONTRUKSI CVT (CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION).” 20 November 2018. Retrieved (https://poetra-kalang.blogspot.com/2018/11/mekanisme-kontruksi-cvt-continuously.html).

Rosid. 2015. “Analisis Proses Pembakaran Sistem Injection Pada Sepeda Motor Dengan Menggunakan Bahan Bakar Premium Dan Pertamax.” Jurnal Teknologi 7(2):86–92.

Setyawan Indar Putra, Johan Ady, and Yusuf Kaelani. 2017. “Studi Eksperimental Dan Analisa Laju Keausan Roller Pada Sistem Continously Variable Transmission (CVT) Dengan Gerakan Reciprocating.” Jurnal Teknik ITS 5(2). doi: 10.12962/j23373539.v5i2.20807.

Superadmin. 2021. “Mengenal Transmisi Otomatis Di Motor Matic.” 3 Juni 2021. Retrieved (https://mesin.umy.ac.id/mengenal-transmisi-otomatis-di-motor-matic/).

Surono, Untoro Budi, Joko Winarno, and Fuad Alaudin. 2012. “Pengaruh Penambahan Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Unjuk Kerja Mesin Bensin 4 Tak.” Jurnal Teknik 2(1):1–7.

Syaiful. 2022. “Begini Lho Cara Kerja Dynotest.” 03 Oktober 2022. Retrieved (https://testingindonesia.co.id/begini-lho-cara-kerja-dynotest/).

Wiratmaja, I. 2010. “Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline.” Jurnal Energi Dan Manufaktur 4(1):10.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Haidar Rafly, A., Hairul Bahri, M., & Abidin, A. (2024). Analisis pengaruh kombinasi variabel berat Roller pada motor matic 110 cc terhadap Performa mesin. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 598–405. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/569