PENGARUH VARIASI JENIS BUSI DAN VARIASI ECU TERHADAP PERFORMA ENGINE MOTOR 4 LANGKAH 155 CC

Authors

  • Anggi wahyudi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mokh. Hairul Bahri Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Performa, Perbandingan,busi, Ecu

Abstract

Semakin meningkatnya perkembangan teknologi di bidang transportasi dan semakin meningkatnya populasi manusia kebutuhan akan kendaraan semakin meningkat untuk menyokong kegiatan aktivitas manusia sehari-hari oleh karna itu perlu masyrakat kinerja dari mesin suatu kendaraan merupakan suatu yang sangat penting guna untuk menunjang kegiatan masyarakat,oleh karena itu penting bagi kita selaku pengguna kendaraan bermotor mengetahui bagaimana performa kendaaraan kita ,performa ken- daraan sendiri maksimal tidaknya dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu prnggunaan busi yang tepat dan apabila suatu kendaraan bermotor menggunakan busi dan ECU, yang sesuai atau cocok dapat memaksimalkan pembakaran di ruang bakar ,akibat dengan adanya penggunaan busi yuang sesuia, penelitian di dilakukan karena banyak masyarakat terutama para remaja yang melakukan penggantian busi yang awalnya menggunakan bsui bawaan pabrik di ubah menggunakan busi aftermart karna beranggapan dspst meningkatksn performa psds motor,selain penggantian busi pada reamja juga melakukan pergantian ECU dimana fungsi kerja ecu adalah mengatur banyaknya kebutuhan suplai bahan bakar tetapi masih ada batas yang ditentukan pabrikan motor ,hal ini membuat banayak para remaja ,padahal dari penggantian yang dilakukan belum tentu dapat meningkatkan performa mesin motor.hal ini di buktikan dengan penggunaan ECU dan busi yang sesuai ,daya serta putaran mesin pada motor meningkat,contoh pada motor R15 155cc yang HP awal sebesar 19-21 HP dan torsi 16-18 Nm ,dapat meningkat sebesar 21-25 HP dengan putaran mesin 19-22 Nm

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Kahfi et al. n.d.)Aditya, Gandi, Denny Darlis, and S. Si. 2015. “PERANCANGAN DYNOTEST PORTABLE UNTUK SEPEDA MOTOR DENGAN SISTEM MONITORING MENGGUNAKAN MODUL ISM FREKUENSI 2 . 4 GHz DYNOTEST POTABLE DESIGN FOR MOTORCYCLE WITH MONITORING SYSTEM USING ISM MODULE FREQUENCY 2 . 4 GHZ.” 1(2):1231–38.

Kahfi, Mohammad Safaul, Nelyana Mufarida, S. T. Mt, and Kosjoko S. T. Mt. n.d. “PENGARUH VARIASI BUSI TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR 4 LANGKAH 200CC THE EFFECT OF SPARK PLUG VARIATION ON MACHINE.”

Rokhman, Taufiqur, Jurusan Teknik Mesin, and Fakultas Teknik. 2015. “PENDEKATAN NUMERIK POLINOMIAL DERAJAD 3 UNTUK PERHITUNGAN UNJUK KERJA MESIN KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA VEGA ZR PABRIKAN 2009.” 7(2).

Sarwuna, S. J. E., W. M. E. Wattimena, and C. S. E. Tupamahu. 2021. “Kaji Pengaruh Penggunaan Tipe Busi Terhadap Kinerja Sepeda Motor Sebagai Sarana Transportasi.” 1(1):1–8.

Sepeda, Mesin, and Motor Langkah. 2008. “The Effect Of The Use Of Spark Plug Variation On Motorcycle Engine Performance 4 Steps.”

Setyawan, Bima Agung, Bimo Haryo Pinandito, Tigor Oloan, Hasian Martua, Parningotan Siregar, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Teknik, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2020. “MINIMUM RESISTANCE SPARK PLUG IGNITION CONNECTOR FROM.” 4:11–19.

Teknik, Jurnal Fakultas, Cecep Nana Nasuha, Agus Adi Nursalim, Mamat Haerudin, Program Studi, Teknik Mesin, and Universitas Islam Al-ihya Kuningan. 2022. “Pengaruh Pengunaan Ecu Standar Dan Ecu Racing Brt Terhadap Unjuk Kerja Motor Vixion 2019.” 3(3):71–76.

Winoko, Yuniarto Agus, and Achmad Fajarot Mauladhana. 2020. “Komparasi Penggunaan Jumlah Busi Dan Putaran Mesin Terhadap Kinerja Mesin Bensin Satu Silinder.” 11.

Yoga, Nugroho Gama, Fahri Azis, Jurusan Teknik Mesin, and Fakultas Teknik. 2014. “PERBANDINGAN LIMA CDI ( CAPASITOR DISCHARGE IGNITION ) YANG BERBEDA TERHADAP DAYA MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO.” 133–35.

Yoga, Nugroho Gama, and Muhammad Lutfhi Aziz. 2023. “PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOTOR VESPA STRADA Influence Analysis of CDI and Spark Plug Variation on Performance and Fuel Consumption of Vespa Strada Motors.” 8:10–17.

HASAN, Indra, et al. PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GAS TERHADAP SISTIM BAHAN BAKAR INJEKSI DAN MENGGUNAKAN SELENOID VALVE 12 VOLT SEBAGAI PENGAMAN UNTUK KONVERSI ENERGI ALTERNATIF PADA SEPEDA MOTOR

YANG RAMAH LINGKUNGAN. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 2016, 7.01: 81-86.

BUDIYONO, Budiyono; MAHFUDIN, Ains Eka. PERBANDINGAN BUSI STANDAR DENGAN BUSI PLATINUM PADA SEPEDA MOTOR HONDA CB 150 TERHADAP POWER DAN KONSUMSI BAHA BAKAR DENGAN VARIASI CELAH BUSI. Surya

Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 2018, 3.1: 1-5.

Anggoro, M. B., & Arief, R. K. (2021). Analisis Variasi Busi Terhadap Performa dan Bahan Bakar Motor Bensin 2 Langkah Yamaha F1ZR 110CC. JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin, 2(2), 61-68.

IKHSAN, Muadi. Pengaruh jumlah katalisator pada hydrocarbon crack system (HCS) dan jenis busi terhadap daya mesin sepeda motor yamaha jupiter z tahun 2008. 2012.

IRFANTO, FENDY. ANALISA PENGARUH BUSI IRIDIUM DAN PERTALITE TERHADAP DAYA YANG DIHASILKAN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 125.

Winoko, Yuniarto Agus, and Achmad Fajarot Mauladhana. 2020. “Komparasi Penggunaan JumlahBusi Dan Putaran Mesin Terhadap Kinerja Mesin Bensin Satu Silinder.” 11.

Yoga, Nugroho Gama, Fahri Azis, Jurusan Teknik Mesin, and Fakultas Teknik. 2014. “PER-BANDINGAN LIMA CDI ( CAPASITOR DISCHARGE IGNITION ) YANG BERBEDA TERHADAP DAYA MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO.” 133–35.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

wahyudi, A., Abidin, A., & Hairul Bahri, M. (2024). PENGARUH VARIASI JENIS BUSI DAN VARIASI ECU TERHADAP PERFORMA ENGINE MOTOR 4 LANGKAH 155 CC . National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 382–388. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/567