Perancangan dan Analisis Desain Rangka Sepeda Listrik Type Trellis frame

Authors

  • Maulana Hendra Hariawan universitas muhammadiyah jember
  • Asroful Abidin universitas muhammadiyah jember
  • Mokh. Hairul Bahri universitas muhammadiyah jember

Keywords:

sepeda listrik, perancangan, upper bound, displacement, safety of factory

Abstract

Rangka atau frame dalam sepeda motor listrik merupakan bagian paling mendasar dari komponen sepeda motor yang nantiya akan berfungsi untuk mendukung mesin, tranmisi, suspensi, dan stabilitas kendaraan dan kenyamanan. Sehingga dalam perancangannya diupayakan rangka tersebut harus fleksibel dan menyesuaikan dengan suspensi, posisi dan kapasitas kegunaan sepeda listrik. Studi ini melakukan penelitian terhadap rancangan rangka sepeda listrik dengan menggunakan metode FEA yaitu Finite Element Analysis untuk mendapatkan sebuah desain rangka tipe trellis frame sesuai dengan kriteria reguler sepeda listrik. Untuk menggunakan perbandingan dua material yaitu allumunium  6061-T6 menghasilkan upper bound axial and bending pada beban komponen 70,701 MPa, Displacement beban komponen 0,94 mm, safety of factor beban komponen 3,9 Sedangkan pada jenis frame yang sama menggunakan material alumunium 6063-T1 menghasilkan upper bound axial and bending pada beban komponen 70,698 MPa, displacement beban komponen 0,94 mm, safety of factor beban komponen 1,3 dari dua penggunaan material tersebut bawasannya material jenis alumunium 6061-T6 lebih aman digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, M., B.P, A. A., & Masrianor, M. (2017). Rancang Bangun Rangka (Chasis) Mobil Listrik Roda Tiga Kapasitas Satu Orang. Jurnal Elemen, 4(2), 129. https://doi.org/10.34128/je.v4i2.64

Agustiar, P., Pracoyo, W., & Azharul, F. (2019). Jurnal Rekayasa Material , Manufaktur dan Energi FT-UMSU Jurnal Rekayasa Material , Manufaktur dan Energi FT-UMSU. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur Dan Energi Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/RMME, 2(2), 131–139.

Anita Chaudhari, Brinzel Rodrigues, S. M. (2016). Desain Dan Analisis Kekuatan Pada Rangka Kendaraan Jenis Prototype Sesuai Standar Shell Eco Marathon Asia. Ucv, I(02), 390–392.

Budiman, F. A., Septiyanto, A., Sudiyono, S., Musyono, A. D. N. I., & Setiadi, R. (2021). Analisis Tegangan von Mises dan Safety Factor pada Chassis Kendaraan Listrik Tipe In-Wheel. Jurnal Rekayasa Mesin, 16(1), 100. https://doi.org/10.32497/jrm.v16i1.1997

Efendi, A., Sinung Nugroho, Y., & Fahmi, M. (2020). Perancangan Rangka dan Analisis Beban Mobil Listrik Sula Menggunakan Software Autodeks Inventor. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 4(1), 100–114. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v4i1.219

Efendi, L., Irawan, A., Tyagita, D. A., & Pratama, A. W. (2023). Analisis Pembebanan Dinamis pada Rancangan Desain Rangka Electric Bike Menggunakan Solidworks 2018. J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah Dan Teknologi Teknik Mesin, 7(2), 85–89. https://doi.org/10.32528/jp.v7i2.8571

Hastuti, S., Ramadhani, W., & Mulyaningsih, N. (2022). Analisis Kekuatan Pada Rangka Sepeda Motor Listrik. Politeknik Manufaktur Ceper, 5(2), 1–11.

Herrindra, R. P., Setiawan, S. (2023). Desain Sepeda Motor Listrik untuk Aktivitas City Touring bagi Penggemar Sepeda Motor Bergaya Neo-Klasik. Jurnal Desain Indonesia, 5(1), 73–102.

Hesthi, A., Ningtyas, P., Pahlawan, I. A., & Putra, R. P. (2022). Pemilihan Material Yang Aman Untuk Frame Sepeda Listrik. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 20(1), 314–318.

Isworo, H., Ghofur, A., Cahyono, G. R., & Riadi, J. (2019). Analisis Dissplacement Pada Chassis Mobil ListrikWasaka. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, 6(2), 94. http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/103

Kahfi, M. W., Mufarida, N. A., & Kosjoko, K. (2023). Desain dan analisis chassis tipe tubular space frame. ARMATUR : Artikel Teknik Mesin & Manufaktur, 4(1), 18–30. https://doi.org/10.24127/armatur.v4i1.3266

Marbun, P. O., Satrijo, D., Kurdi, O., Jurusan, M., Mesin, T., Teknik, F., Diponegoro, U., Jurusan, D., Mesin, T., Teknik, F., & Diponegoro, U. (2023). Analisis Rangka Sepeda Motor Listrik Dengan Material Komposit. 11(3), 81–82.

Pramono, G. E., Hidayat, A., & Waluyo, R. (2020). Perancangan dan Simulasi Desain Rangka Sepeda Motor Listrik Tipe Trellis Menggunakan Finite Element Analysis. JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), 5(2), 319. https://doi.org/10.31544/jtera.v5.i2.2020.319-326

Reza, V., Snapp, P., Dalam, E., Di, I. M. A., Socialization, A., Cadger, O. F., To, M., Cadger, S., Program padang, R., Hukum, F., Hatta, Sipil, F. T., Hatta, U. B. U. B., Danilo Gomes de Arruda, Bustamam, N., Suryani, S., Nasution, M. S., Prayitno, B., Rois, I., Rezekiana, L. (2020). No Title Desain Dan Analisis Chasis Tipe Backbone Dengan Model Baru Pada Mobil Hemat EnergI. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48.

Setiawan, R., Sugiyanto, D., & Daryus, A. (2023). KENDARAAN SEPEDA MOTOR LISTRIK Analysis of Strength Simulation and Frame Fabrication of Electric Motorcycle Vehicle. 8, 58–66.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Hendra Hariawan, M., Abidin, A., & Hairul Bahri, M. (2024). Perancangan dan Analisis Desain Rangka Sepeda Listrik Type Trellis frame. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 311–318. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/551