PENGARUH KONVERSI INJEKSI PADA MOTOR SPORT 200 CC TERHADAP PERFORMA DAN EFISIENSI BAHAN BAKAR

Authors

  • M Feri Alfan Hadi universitas muhammadiyah jember
  • Asroful Abidin universitas muhammadiyah jember
  • Mokh. Hairul Bahri universitas muhammadiyah jember

Keywords:

Sistem Injeksi, Sistem Karburator, Uji Performasi, Uji Efesiensi Bahan Bakar

Abstract

: Peningkatan jumlah kendaraan bermotor juga mengakibatkan peningkatan konsumsi pada pengguna kendaraan terhadap bahan bakar minyak yang mana cepat atau lambat dapat menyebabkan kelangkaan dari bahan bakar minyak. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara mengganti sistem karburator menjadi injeksi. Penlitian ini melakukan pengujian pengaruh performa dan efesiensi bahan bakar. Dalam penelitian performa sistem injeksi pada Rpm 5303, didapatkan Daya 30.1 HP dan Torsi 39.88 Nm di menit 1.18. Pada performa sistem karburator pada Rpm 7306, didapatkan Daya 28.8 HP dan Torsi 30.34 Nm di menit 2.80. Pada Rpm 6058 untuk Daya yang dihasilkan 26.2 HP dan Torsi 32.40 Nm didapatkan di menit 2.26. Pengujian konsumsi bahan bakar menggunakan sistem injeksi pada Rpm 3000, bahan bakar habis pada 11 menit 28 detik. Pengujian kedua dengan Rpm 4000, bahan bakar habis pada 9 menit 21 detik. Pada Rpm 5000, bahan bakar habis pada 7 menit 22 detik. Pada pengujian kedua menggunakan sistem karburator di Rpm 3000, bahan bakar habis pada 9 menit 20 detik. Pada pengujian kedua dengan Rpm 4000, bahan bakar habis pada 7 menit 17 detik. Pada pengujian terakhir di Rpm 5000, bahan bakar habis pada 5 menit 30 detik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Wardana, Kosjoko, N. A. M. (2023). J-Proteksion : Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin. J-Proteksion, 4(13), 1–6. https://doi.org/10.32528/jp.v8i1.567

Arif, A., Hidayat, N., Setiawan, M. Y. (2017). Pengaruh Pengaturan Waktu Injeksi Dan Durasi Injeksi Terhadap Brake Mean Effective Pressure Dan Thermal Efficiency Pada Mesin Diesel Dual Fuel. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 67–74. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.73

Aziz, A. (2018). Pengaryh Filter Udara Berbahan Zeolit Dan Fly Ash (Batu Bara) Teraktivasi Hcl-Fisik Terhadap Prestasi Mesin Sepeda Motor 4-Langkah. 4500.

Budiyono, and Ains Eka Mahfudin. 2018. “Perbandingan Busi Standar Dengan Busi Platinum Pada Sepeda Motor Honda Cb 150 Terhadap Power Dan Konsumsi Baha Bakar.” Surya Teknika 3(1): 1–5.

Busana Kusuma Adhi Surya. (2016). Modifikasi Sistem Bahan Bakar Karburator Menjadi Sistem Bahan Bakar Injeksi Pada Honda Legenda (Tinjauan Sistem Pengapian).

Dewanto, H. P., Himawanto, D. A., Cahyono, S. I., Kuntoro, A. A., & Sukanto, H. (2018). Vol. 12 No. 2 (2017): Jurnal Teknik Mesin Indonesia. 12(2).

Mochammad Riza Saputra. (2023). Pengaruh Modifikasi Karburator Menjadi Injeksi Terhadap Kinerja Mesin Pada Motor Klx 150.

Pambudi, A. S. (2016). Jurnal Bidang Teknik. Jurnal Engineering, 12(1).

Pamungkas, S., Studi, P., Mesin, T., Mercubuana, U. (2014). Analisa sistem bahan bakar injeksi pada mesin bensin menggunakan. 03(3).

Pangestu, W., Widodo, A., & Rahayudi, B. (2018). Prediksi Jumlah Kendaraan Bermotor Di Indonesia Menggunakan Metode Average-Based Fuzzy Time Series Models memperoleh gelar Sarjana Komputer Disusun oleh : Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 964.

Puspitasari, I. (2020). Modifikasi Cylinder Head Dan Injeksi Gas Hho Terhadap Performa Mesin 4 Langkah 1 Silinder. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 8(1), 1–6. https://doi.org/10.32487/jtt.v8i1.753

Ruslan, W., Lesmana, I. G. E., Safitri, R. (2018). Analisis Pengaruh Waktu Pengapian untuk Bahan Bakar Pertalite terhadap Kinerja Motor Honda Beat Karburator. Seminar Rekayasa Teknologi 2018, 101–109.

Singasatia, Dayan, and Billy Rinaldy. 2017. “Rancang Bangun Simulasi Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality.” : 2.

Sudik, Abdurrahman, W. A. (2020). Perbandingan Performa Dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Diesel Satu Silinder Dengan Variasi Tekanan Injeksi Bahan Bakar Dan Variasi Campuran Bahan Bakar Solar, Minyak Kelapa Dan Minyak Kemiri. Automotive Science and Education Journal, 9(1), 25–30. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej

Sunarlik, Wahyu. 2017. “Prinsip Kerja Generator.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin: 6.

Surbakti Adnan. 2000. “Analisis Perbandingan Kadar Gas Buang Pada Motor Bensin Sistem Pengapian Elektronik (Cdi) Dan Pengapian Konvensional.” (1645): 1–76.

Syaka, D. R. B., Mahir, I., & Muharrom Muslim, G. (2023). Perbandingan Variasi Durasi Injeksi Dan Waktu Pengapian Terhadap Performa Daya Mesin Motor 4 Langkah Menggunakan Bahan Bakar Pertamax. Jurnal Konversi Energi Dan Manufaktur, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/jkem.8.1.1

Thamrin, T., & Syaiful, S. (2016). Analisis Kebisingan Yang Ditimbulkan Kepadatan Kendaraan Bermotor (Studi kasus Depan Masjid Assalafiyah, Jl. Raya Sukabumi KM 22 Cigombong, Kabupaten Bogor). Astonjadro, 5(2), 46. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v5i2.839

Variasi, Analisa et al. 2013. “Listrik Pada Koil Terhadap Unjuk Kerja.”

Wayan, I., & Adnyana, B. (2009). Upaya Peningkatan Unjuk Kerja Mesin dengan Menggunakan Sistem Pengapian Elektronis pada Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CakraM, 3(1), 87–92.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Feri Alfan Hadi, . M., Abidin, A., & Hairul Bahri, M. (2024). PENGARUH KONVERSI INJEKSI PADA MOTOR SPORT 200 CC TERHADAP PERFORMA DAN EFISIENSI BAHAN BAKAR. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 301–310. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/549