ANALISIS MATERIAL ROLLBAR TERHADAP KEAMANAN DRIVER MOBIL LISTRIK TIPE PROTOTYPE

Authors

  • M Agus Surya S Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mokh. Hairul Bahri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kosjoko Kosjoko Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurhalim Nurhalim Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Rollbar, Keamanan, Otomotif

Abstract

Industri otomotif terus berkembang dengan pesat, khususnya dalam pengembangan teknologi mobil listrik sebagai salah satu upaya untuk pengurngan emisi gas rumah kaca. Disamping itu, adanya mobil listrik ini memiliki keunggulan dibidang efisiensi energi dan lingkungan. Namun, aspek keamanan pengemudi penting untuk diperhatikan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan jarak rollbar dengan posisi pengemudi terhadap tingkat keamanan dalam situasi kecelakaan pada kompetisi lomba mobil listrik (KMLI). Penelitian ini adalah untuk mendapatkan desain chasis mobil listrik tipe tubular dengan menggunakan material dan sudut rollbar dengan melakukan uji stress, displacement, dan factor of safety. Analisis simulasi menggunakan software autodesk inventor 2019. Penelitian menghasilkan kesimpulan yaitu simulasi pembebanan pada desain chasis dengan menggunakan material alumuium 6061-T6 menghasilkan nilai tegangan 29.4194 MPa, displacement 0.0942121 mm, dan factor of safety 15 ul, sedangkan desain chasis menggunakan material alumunium 6063-T1 menghasilkan nilai tegangan 86.0514 MPa, displacement 0.0993425 mm, dan factor of safety 15 ul. Dari kedua hasil analisis simulasi tersebut, bahwa desain rollbar menggunakan material alumunium 6061-T6 mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatkhurrozak, F. (2016). Instalasi wiring controller mobil listrik tuxuci. Nozzle, 5(1), 109–112.

Hamidi, C. H., Sunardi, A., & Ariansyah, R. (2022). Aerodynamic Simulation on Roof for 3,000 Watt Electric Car With Ansys R1 2022 Modeling. Journal of Global Engineering Research and Science, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.56904/jgers.v1i1.6

Harjono, D., & Widodo, W. (2021). Analisis Sistem Penggerak Motor BLDC Pada Mobil Listrik Ponecar. Jurnal ELIT, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.31573/elit.v2i1.212

Isworo, H. (2017). Permodelan Analisis Pengaruh Tinggi Main Roll Hoop terhadap Tegangan dan Displacement Pada Mobil Formula Student Automotive Engineering. KINEMATIKA, 2(1), 37–51.

Nabil, T., El-Naghi, B. E., Saeed, M., Kamal, A., Gharib, E., Mohsen, M., & Ahmed, I. (2019). Design and Fabrication of Prototype Battery Electric Three Wheeled Vehicles. Journal of Asian Electric Vehicles, 17(2), 1823–1834. https://doi.org/10.4130/jaev.17.1823

Rahmandani, V. S. (2016). Usulan Rancang Bangun Dan Penerapan Konsep Ergonomi Pada Ruang Kemudi Mobil Listrik Urban UEV-15. Skripsi, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saefudin, E., Anggraeni, N. D., Marsono, M., & Azhari, S. (2023). Static Analysis of Tubular Space Frame Chassis of an Electric Racing Car Made of ASTM A106 Grade B. METAL: Jurnal Sistem Mekanik Dan Termal, 7(1), 15. https://doi.org/10.25077/metal.7.1.15-22.2023

Sahu, Y., Ramachandran, N., Pandhavle, S., & Deshmukh, H. (2018). Design and Analysis of Tubular Space Frame Chassis for. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology [IJIERT], 3(1), 124–128.

Shantika, T., Firmansjah, E. T., & Naufan, I. (2018). Perancangan Chassis Type Tubular Space Frame Untuk Kendaraan Listrik. Poros, 15(1), 9. https://doi.org/10.24912/poros.v15i1.1250

Sintanu, D. E. (2022). Perbandingan Pengelasan Tig Dengan Smaw Terhadap Kekuatan Sambungan Pipa Seamless Untuk Roll Bar. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 854–862.

Utomo, S. M., Valentino, J. M., Halfina, B., Teknologi, P., Transportasi, P., Pengkajian, B., Ii, G. T., Puspiptek, K., & Selatan, T. (2017). Analisis Pembebanan Statik Pada Rangka Bogie Automatic People Mover System ( Apms ) Menggunakan Standar Uic-615 Dengan Finite Element Analysis Of Static Loading On Bogie Frame Automatic People Mover System ( Apms ) Using Uic-615 Standard With Finite Eleme. M.P.I, 11(2), 131–138.

Ward, D. (2014). Standards and consumer information – the winning formula for vehicle safety in the UN Decade of Action. Journal of the Australasian College of Road Safety, 25(2), 38–40

Winarbawa, H. (2021). Conceptual Design of Modular Chassis Jig of Student Competition Car. International Journal of Applied Sciences and Smart Technologies, 03(01), 125–130. https://doi.org/10.24071/ijasst.v3i1.3428

Yani, I., Arifin, A., Jambak, A. I., Gunawan, G., Adanta, D., & Barlin, B. (2021). Chassis Frame Design and Analysis Based on Formula Sae Japan. Indonesian Journal of Engineering and Science, 2(2), 015–023. https://doi.org/10.51630/ijes.v2i2.19

Zaidani, R., & Mas’ud, M. (2023). Designing Of The Ngalah Data Electric Car Frame Using The Finite Element Method. Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik Dan Teknologi Maritim, 2(3), 143–157.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Agus Surya S, M., Hairul Bahri, M., Kosjoko, K., Abidin, A., & Nurhalim, N. (2024). ANALISIS MATERIAL ROLLBAR TERHADAP KEAMANAN DRIVER MOBIL LISTRIK TIPE PROTOTYPE. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 283–289. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/546