Analisis Pemakaian Campuran Bioetanol dari Bonggol Jagung dengan Bahan Bakar Oktan 92 pada Mesin Bensin

Authors

  • Yuniarto Agus Winoko Politeknik Negeri Malang
  • Agus Setiawan Politeknik Negeri Malang
  • Supa Aji Politeknik Negeri Malang
  • Intan Fadhilah Politeknik Negeri Malang

Keywords:

Daya, konsumsi bahan bakar, tekanan efektif rerata, bioethanol, bonggol jagung

Abstract

Rekayasa alternatif dalam mendapatkan sumber lain selain bahan bakar dari fosil marak diperbincangkan. Hal ini adalah akibat dari berkurangnya bahan bakar fosil setiap tahunnya. Pentingnya memperoleh bahan bakar alternatif yang minim polutan adalah salah satu solusi yang tepat. Dalam hal ini dampak negatif dari berkurangnya fosil akan mendorong dampak positif yang baik, salah satunya adalah berkurangnya polutan udara dengan bahan bakar less-polutan yang marak dilakukan. Salah satu alternatif untuk mengurangi polutan dan dampak yang disebabkan olehnya adalah dengan melakukan pemilihan zat aditif pada bahan bakar. Penelitian ini menggunakan bioetanol dari bonggol jagung. Bioetanol dari bonggol jagung ini adalah merupakan salah satu solusi yang tepat, melihat bonggol jagung adalah merupakan residu yang berpotensi dibuang selama ini tanpa banyak dimanfaatkan keberadaannya.. Atas dasar inilah peneliti berkeinginan untuk mengolah bonggol jagung menjadi bioetanol yang sangat luar biasa manfaatnya. Dalam penelitian ini kami bertujuan menentukan perubahan daya terbesar dan tekanan efektif rerata. Pengamatan konsumsi bahan bakar terkecil, pada saat putaran mesin control 2000 rpm sampai dengan 9500 rpm berbahan bakar pertamax 92 dengan campuran bioetanol 5%, 10%, dan 15% . Kendaran yang digunakan untuk pengujian adalah mesin bensin 150 cc. Metoda pengujian daya mengacu standar ISO 1585 dengan metoda bukaan katub penuh untuk mendapatkan data, selanjutnya data tersaji dalam bentuk grafik setelah dihitung dengan oneway anova. Hasil Daya terbesar 0,45 HP, kebutuhan bahan bakar spesifik 0,0005 kg/HP.jam dan tekanan efektif rerata 190 kPa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra R., (2021) ‘Analisis Bahan Bakar Bioetanol E100 dari Limbah Kulit Pisang Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Matic 4 Tak’, Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Manufaktur.

Hermawan, I., Idris, M., Darianto, D., dan Siahaan M. Y. R., (2021) ‘Kinerja Mesin Motor 4 Langkah dengan Bahan Bakar Campuran Bioetanol dan Pertamax’, Journal of Mechanical Engineering Manufactures Materials And Energy.

Irawan D. 2017. Pengaruh Jenis busi dan campuran bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar mobil. Jurnal Teknik Mesin, Vol 6, No 1, 27-37. 2252-4444.

Jannah, A.M. dan Tamzil Aziz (2017) ‘Pemanfaatan Sabut Kelapa Menjadi Bioetanol Dengan Proses Delignifikasi Acid-Pretreatment’, Jurnal Teknik Kimia Universitas Sriwijaya/

Jatmiko, R.S. dan Winangun, K. (2019) ‘Pengaruh Pencampuran Bahan Bakar Pertalite dengan Bio Etanol terhadap Performa Mesin Injeksi Yamaha Vixion 150 cc Tahun 2011’, Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro.

Muryanto, E., (2016) ‘Study Pengaruh Campuran Bahan Bakar Premium dan Ethanol terhadap Unjuk Kerja Mesin Motor Bensin Empat Langkah’, Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pratama, A.W., Trisna, I., (2020) ‘Analisa Campuran Bahan Bakar Bioetanol dari Nira Tebu dengan Bahan Bakar Premium terhadap Nilai Kalor dan Unjuk Kerja Mesin 4 Langkah,’ Journal Mechanical and Manufacture Technology.

Prayetno, M., dan Syahrizal, S. (2019), Pengaruh Pencampuran Bioetanol dengan Pertalite terhadap Tosi dan Daya pada Motor Yamaha Jupiter Z 110cc, Paper preseding Seminar Nasional Industri dan Teknologi.

Putra W.T., dan Winardi, Y., ‘Pengaruh Jenis Busi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Revo Fit 110 cc’, Jurnal Muhammadiyah Ponorogo.

Refid R., (2019), Optimization of Corncob Waste in Bioethanol Manufacturing and Its Characteristics by the Treatment of Fermentation Period and Yeast Concentration. Jurnal Teknologi Agro-Industri. Vol. 6 No. 2; November 2019. e-ISSN 2598-5884 p-ISSN 2407-4624. pp 81-91.

Riva, S.J. 2019. Pengaruh Pencampuran Bahan Bakar Pertalite Dengan Bio Etanol Terhadap Peforma Mesin Injeksi Yamaha Vixion 150cc Tahun 2011. Jurnal Turbo vol 8 No1 2019. P-ISSN: 2301-6663. e-ISSN 2477-250X. pp 1-8.

Simanullang, A.F., et al. (2021), ‘Karakterisasi Sifat Fisis Papan Partikel Limbah Tongkol Jagung dengan Resin Epoxy Isosianat’, Jurnal Ilmu dan Inovasi Fisika Universitas Padjadjaran.

Winoko, Y.A., (2019) ‘Pengujian Daya dan Gas Buang Edisi Revisi’. Malang: Polinema Press.

Winoko, Y.A., (2019) ‘Analysis of the Mixture Fuels to The Performance of Diesel Engine’. JEMME.

Khaira. F. Z., Yenie. E., Muria, R. S., Pembuatan Bioethanol Dari Limbah Tongkol Jagung Menggunakan Proses Simultaneous Sacharification And Fermetation (SSF) Dengan Variasi Konsentrasi Enzim Dan waktu Fermentasi.JIM FTEKNIK.vol. 2.no. 2015,

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Agus Winoko, Y., Setiawan, A., Aji, S., & Fadhilah, I. (2024). Analisis Pemakaian Campuran Bioetanol dari Bonggol Jagung dengan Bahan Bakar Oktan 92 pada Mesin Bensin. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 275–282. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/545