Variasi Jalan dan Berat Pengemudi terhadap efisiensi Mobil listrik 2kW

Authors

  • Kamarulla Upi Ade Pajri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mokh. Hairul Bahri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurhalim Nurhalim Universitas Muhammadiyah Jember
  • Muhammad Zainur Ridlo Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

variasi jalan, berat pengemudi terhadap efisiensi

Abstract

Sumber energi dan devisa utama negara adalah energi fosil, terutama minyak bumi. Namun, jumlah energi fosil yang dimiliki Indonesia saat ini sangat kecil padahal seiring pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan masyarakat dan konsumsi energi terus meningkat. Akibat sumber daya alam Indonesia semakin terkuras, mengakibatkan krisis energi. Dampak krisis energi, maka diperlukan penggunaan mesin atau alat transportasi dari listrik. Pada penelitian menggunakan mobil listrik 2 kW. Adapun perhitungan  yang sebagai acuan dalam penelitian ini adalah konsumsi daya dengan menggunakan variabel kondisi jalan mendatar, menjak, dan bergelombang dengan berat pengemudi 54kg, 67kg, dan 73kg. Hasil pengujian konsumsi daya pada mobil listrik 2kW pada jalanan mendatar dengan jarak 1.000 meter menunjukkan semakin besar tegangan dan berat badan pengemudi maka semakin besar pula konsumsi daya yang digunakan pada mobil listrik 2kW saat kondisi jalan yang mendatar. Semakin kecil tegangan, arus dan berat badan pengemudi semakin kecil pula konsumsi daya yang digunakan. Berdasarkan dari hasil pengujian konsumsi daya mobil listrik 2kW pada kapasitas baterai 54 Volt 45 Ampere dapat diambil disimpulkan Jika tegangan dan arus Ampere yang dikeluarkan besar dengan berbagai kondisi jalan mendatar, menanjak, bergelombang dan berat pengemudi maka konsumsi daya yang dibutuhkan juga lebih besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S, dan Nugroho, N, 2015. Analisa Motor DC (Direction Current) Sebagai Penggerak Mobil Listrik. Jurnal Mikrotiga , 2.1, 2015.

Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2022). Tekan Polusi, Kemenhub Dorong Elektrifikasi Kendaraan Bermotor. Diakses pada 28 November 2023 dari https://dephub.go.id/post/read/tekan-polusi,-kemenhub-dorong-elektrifikasi-kendaraan-bermotor.

Gunadi, Wawan, 2019, Analisis Konsumsi Baterai pada Mobil Listrik 2 Kilowat (KW). Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Hendra, Rusaldi, dkk, 2021. Analisis Konsumsi Daya Mobil Listrik dengan Penggerak Motor Brushed DC. Junal PoliGrid. Vol.2, 1.6.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), 2023. Mengenal Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Diakses pada 29 November 2023 dari:https://instiki.ac.id/2023/05/02/mengenal-sustainable-development-goals-sdgs-atau-tujuan-pembangunan-berkelanjutan/

Jatmiko, 2018. Analisis Performa dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil. Jurnal Teknik Elektro.18.2 2018 : 14-17

Kholiq Abdul, 2017. Pemeliharaan Baterai Kering dan Basah. ISTANA Media, Yogyakarta.

Sudjoko. C. 2012. Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Berkelanjutan Sebagai Solusi Untuk Mengurangi Emisi Karbon. Jurnal Paradigma. Vol. 2. No. 2.pp : 54-68.

Aziz. M., Marcellino. Y., Rizki. A. I., Ikhwanuddin. A. S., Simatupang. W. J. 2020. Studi Analisis Perkembangan Teknologi dan Dukungan Pemerintah Indonesia Terkait Mobil Listrik. Tesla. Vol. 22. No. 1.

Nisa. C. L., Susanti. A. 2023. Strategi Mobil Listrik di Kota Surabaya Sebagai Smart Mobility. Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi. Vol. 2. Hal. 213-225.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Upi Ade Pajri, K., Hairul Bahri, M., Abidin, A., Nurhalim, N., & Zainur Ridlo, M. (2024). Variasi Jalan dan Berat Pengemudi terhadap efisiensi Mobil listrik 2kW. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 269–274. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/544