Uji Performa Sistem Kontroler BLDC 2KW pada Mobil Listrik Menggunakan Software KBL&KEB User Program

Authors

  • Moh. Fikri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mokh. Hairul Bahri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurhalim Nurhalim Universitas Muhammadiyah Jember
  • Muhammad Zainur Ridlo Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Motor BLDC 2kw, Mobil Listrik, Energi Tabarukan; KMLI

Abstract

Kebutuhan energi manusia semakin meningkat. Pemenuhan energi sebagian berasal dari fosil yang berumur jutaan tahun dan tidak dapat diperbaharui, Penggunaan bahan yang berasal dari fosil ini telah menimbulkan banyak masalah. industri otomotif harus melakukan inovasi dalam menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan. Salah satunya yaitu mengaplikasikan motor listrik sebagai penggeraknya. Untuk membuat penelitian lebih sistematis dan terarah, diagram alur berikut menunjukkan langkah-langkah yang di ambil sebagai pendukung proses penelitian yang akan dilakukan, dari persiapan bahan, alat, pengumpulam data dan analisa dataPenelitian ini juga mendata parameter baterai sebagai sumber energi listrik pada motor BLDC 2kW. Berdasakan, hasil pengujian percepatan kecepatan maksimal yang dicapai mobil listrik adalah 42 Km/Jam pada presentase Throttel Starting 10% dengan waktu tempuh 2,00 detik, sedangkan pada presentase Throttle Starting 30% kecepatan maksimal 34 Km/Jam dengan waktu tempuh 3,80 detik kelebihan menggunakan Throttel Strating 10% adalah performa lebih besar dan tenaga yang dikelurakan besar. kekurangan dari Throttel Strating 10% konsumsi baterai yang sangat besar, sehingga ini akan berpengaruh terhadap efisiensi. Kelebihan metode Throttel Strating 30% adalah konsumsi baterai sangat kecil, sehingga efisiensi yang di hasilkan sangat baik, namun kekurangan Throttel Strating 30% performa yang menurun dibandingan dengan Throttel Strating 10%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwifa M B dan Munadi. (2015). Pengujian Efisiensi Energi Motor BLDC 72 Volt – 7kW untuk Aplikasi Model Electric Urban Car. Prosiding Seminar Nasional ReTTI Ke-10.

Jatmiko, J., Basith, A., Ulinuha, A., Khak, I. S., & Putra, D. S. D. (2019). Perancangan dan Implementasi Desain Kendaraan Listrik Konsep Urban dengan Penggerak BLDC 1000 Watt. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(2), 93–97. https://doi.org/10.23917/emitor.v19i2.8686

Ma’arif, E. S., Budiyanto, B., Dermawan, E., & Chamdareno, P. G. (2022). Studi Perencanaan Pengaturan Kecepatan Motor BLDC pada Gerobak Listrik dengan Driver Votol EM-30S. RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), 5(2), 137. https://doi.org/10.24853/resistor.5.2.137-144

Mulyadi, A., Wijono, W., & Siswojo, B. (2020). Desain Dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor Quadcopter. Transmisi, 22(4), 107–116. https://doi.org/10.14710/transmisi.22.4.107-116

Mulyadi, R., Artika, K. D., & Khalil, M. (2019). Perancangan Sistem Kelistrikan Perangkat Elektronik Pada Mobil Listrik. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, 6(1), 07. https://doi.org/10.34128/je.v6i1.85

Paparan, B. (2020). Target of Electric Vehicles in Indonesia Mengapa harus kendaraan.

Purnomo, S. J., Pratama, B. H., Hakim, L. N., Nurofik, & Pambudi, S. (2017). Uji Eksperimental Kinerja Mobil Listrik. Prosiding SNATIF, 679–686.

Ridwan, M. (2018). Rancang Bangun Sistem Kontrol Kecepatan Motor BLDC Menggunakan ANFIS Untuk Aplikasi Sepeda Motor Listrik. 1–74.

Setiawan, R. (2016). Prototipe Mobil Listrik Menggunakan Brushless Motor Dc 350 Watt. Repository Universitas Negeri Jakarta, 1–103.

Setyono, A. E., & Kiono, B. F. T. (2021). Dari Energi Fosil Menuju Energi Terbarukan: Potret Kondisi Minyak dan Gas Bumi Indonesia Tahun 2020 – 2050. Jurnal Energi Baru Dan Terbarukan, 2(3), 154–162. https://doi.org/10.14710/jebt.2021.11157

Thowil Afif, M., & Ayu Putri Pratiwi, I. (2015). Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion, Lithium-Polymer, Lead Acid dan Nickel-Metal Hydride pada Penggunaan Mobil Listrik - Review. Jurnal Rekayasa Mesin, 6(2), 95–99. https://doi.org/10.21776/ub.jrm.2015.006.02.1

Ahmed Rubaai, Paul Young, “Hardware/Software Implementation of Fuzzy Neural-Network Self-Learning Control Methods for Brushless DC Motor Drives”, IEEE Transactions on Industry Applications, vol. 52, 2016

Bambang Sujanarko,. (2014). BLDC Motor Control for Electric VehicleBased On Digital Circuit and ProportionalIntegral Controller. Department of Electrical Engineering, University of Jember, Indonesia

Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK), 2011. Panduan Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) VIII, Politeknik Negeri Bandung, Bakorma, 2016.

D. Harjono and W. Widodo, “Analisis Sistem Penggerak Motor BLDC Pada Mobil Listrik Ponecar,” J. ELIT, vol. 2, no. 1, pp. 11–22, 2021.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Fikri, M., Abidin, A., Hairul Bahri, M., Nurhalim, N., & Zainur Ridlo, M. (2024). Uji Performa Sistem Kontroler BLDC 2KW pada Mobil Listrik Menggunakan Software KBL&KEB User Program. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 254–260. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/541