Analisa Perilaku Arah Kendaraan dengan Variasi Berat driver, Sudut Belok dan Kecepatan pada Mobil Listrik 2kW

Authors

  • Pandu Setyo Maharajati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mokh. Hairul Bahri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nely Ana Mufarida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurhalim Nurhalim Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Mobil Listrik 2 kW, Sudut Belok, Kecepatan, Variasi Bobot driver

Abstract

Pada tahun 2023, Kyra Team mengikuti lomba Kompetisi Mobil Listrik Indonesia. Dalam lomba ini setiap tim diharuskan untuk mengikuti dynamic event dalam perlombaan tersebut, antara lain kategori percepatan, kategori pengereman, kategori daya tanjak, kategori slalom dan kategori endurance. Dengan kondisi kendaraan yang sulit diprediksi seperti ini, pengemudi harus selalu melakukan koreksi, sehingga sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Menentukan objek yang akan diteliti dalam hal ini kendaraan yang akan diteliti adalah mobil listrik 2kW. Setelah didapat rancangan dan spesifikasi data dari mobil listrik 2 kW dilakukan analisa kestabilan arah dengan variasi berat  driver 50 kg, 65 kg, dan 100 kg. Pada kecepatan awal 20 km/jam untuk mengetahui sudut belok pada lintasan zig-zag (kategori slalom) KMLI XII 2023.dari perhitungan variasi bobot  driver hasil yang diperoleh adalah 215 kg, 230 kg, 265 kg. hasil dari perhitungan gaya sentrifugal didapatkan 1.35 N, 1.44 N, 1.66 N pada kecepatan awal 20 km/jam dengan sudut belok 10º. Dari hasil perhitungan variasi bobot  driver, bobot ideal  driver untuk melakukan akselerasi pada lintasan zig-zag adalah  driver dengan bobot 65 kg, gaya atau momen yang dihasilkan sebesar 1,44 N dan sudut belok 10º. Dengan hasil tersebut diharapkan mobil listrik 2 kW mampu bermanuver lebih maksimal dari sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pengantar, K. (2023). Panduan KMLI 2023. 1–2.

Aziz, M., Marcellino, Y., Rizki, I. A., Ikhwanuddin, S. A., & Simatupang, J. W. (2020). Studi Analisis Perkembangan Teknologi Dan Dukungan Pemerintah Indonesia Terkait Mobil Listrik. TESLA: Jurnal Teknik Elektro, 22(1), 45. https://doi.org/10.24912/tesla.v22i1.7898

Sukmara, S. (2015). Kajian Desain Sistem Kemudi Mobil Listrik 4 Roda 4 Penumpang Untuk Lingkungan Kampus. Jurnal Konversi Energi Dan Manufaktur, 2(2), 88–92. https://doi.org/10.21009/jkem.2.2.5

Pradana, T. R., & Sutantra, I. N. (2017). Analisa Perilaku Arah Kendaraan dengan Variasi Posisi Titik Berat, Sudut Belok dan Kecepatan Pada Mobil Formula Sapuangin Speed 3. Jurnal Teknik ITS, 5(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.20476

Fajar, D. I. (2015). Analisa Sistem Kemudi Mobil Listrik Brajawahana Its Terhadap Konsdisi Ackerman. In Dr.Eng. Unggul Wasiwitono, ST., M.Eng.Sc.

Gautam, P., Sahai, S., Kelkar, S. S., Agrawal, P. S., & D, M. R. (2021). Designing Variable Ackerman Steering Geometry for Formula Student Race Car. International Journal of Analytical, Experi-mental and Finite Element Analysis (IJAEFEA), 8(1). https://doi.org/10.26706/ijaefea.1.8.20210101

Wasiwitono, U., Sidarta, I., Pramono, A. S., Sutikno, S., & Wikarta, A. (2014). Steering System Kinematic and Steady-State Cornering Analyses of the ITS Electric Car. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(1), 58–62. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2014i1.233

Abe, M. (2015). Vehicle Dynamics and Control. In Vehicle Handling Dynamics. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-100390-9.00001-4

I.D.G Ary Subagia. (2008). Integrasi Parameter Traksi dalam Pengendalian Perilaku Yawing Multi Steering Sistim. Jurnal Teknik Mesin, 10(1), 35–39. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mes/article/view/16994

Putra, W. T., & Malyadi, M. (2021). Analisa Uji Performasi Sistem Kemudi, Trnasmisi, dan Sistem Pengereman pada Mobil Listrik Tipe Urban Concept Warok V.1.1. R.E.M. (Rekayasa Energi Manufaktur) Jurnal, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.21070/r.e.m.v5i1.891

Pramuaji, M. G., Sudrajat, A., & Yusuf, Y. (2021). Analisa Pengujian Performa Sistem Kemudi Pada Mobil Tawon. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.14087

Adzanta, I., & Wasiwitono, U. (2016). Perancangan dan Analisa Sistem Kemudi Narrow Tilting Vehicle dengan Variasi Trackwidth dan Panjang Suspensi Arm. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 126–131. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.20764

Sukmara, S. (2015). KAJIAN DESAIN SISTEM KEMUDI MOBIL LISTRIK 4 RODA 4 PENUMPANG UNTUK LINGKUNGAN KAMPUS Sony Sukmara Universitas Mathla ’ ul Anwar Banten. 88–92.

Dewanto, J., & Efendi, D. D. (2013). Pengaruh Sudut Camber Roda Depan pada Kemampuan Belok Mobil Model 4 dan 2 Roda Penggerak (4WD dan RWD). Jurnal Teknik Mesin, 14(2), 71–75. https://doi.org/10.9744/jtm.14.2.71-75

Abdul Rahim, Ivan Sujana, & Eddy Kurniawan. (2022). Analisis Sistem Kemudi untuk Perbaikan Rancangan Mobil Listrik Kapuas I Fakultas Teknik UNTAN. Sujana & Kurniawan, 3(1), 1–10.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Setyo Maharajati, P., Hairul Bahri, M., Ana Mufarida, N., Nurhalim, N., & Abidin, A. (2024). Analisa Perilaku Arah Kendaraan dengan Variasi Berat driver, Sudut Belok dan Kecepatan pada Mobil Listrik 2kW. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 238–245. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/539