Analisis Traksi Ban Mobil Listrik 2 Kw Terhadap Perbedaan Beban Dan Tekanan Udara

Authors

  • Achmad ludito Faturroji Thalib Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nely Ana Mufarida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Rohimatus Shofiyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurhalim Nurhalim Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

mobil listrik, ban, traksi

Abstract

Ban merupakan bagian dari roda kendaran yang bersentuhan dengan jalan. Beban ban sangat berat karena sebagai tumpuan berat kendaraan dan muatannya. Metode Penelitian Study literatur dan eksperimen, yakni dengan melakukan pengujian terhadap roda dengan ketentuan sebagai berikut : Variabel dalam penelitian ini adalah tekanan udara dan beban, Tekanan udara yang diberikan bervariasi yaitu 25 Psi, 30 Psi dan 35 Psi. Beban total yang diberikan bervariasi yaitu 200 kg, 270 kg, dan 370 kg. Pengujian traksi eksperimen langsung akan diperoleh data besar gaya traksi dari sebuah roda dan ban. Sedangkan untuk memperoleh data berapa besar dari gaya traksi suatu roda dan ban secara eksperimen tidak langsung perlu diketahui data gaya–gaya yang bekerja dan dibuat analisis gaya terlebih dahulu. Analisis gaya tersebut menggambarkan atau mendeskripsikan ilustrasi gaya yang bekerja selama pengujian. Data antara hasil eksperimen langsung dan eksperimen tidak langsung harus menunjukan hasil yang sama atau mendekati sama. Tingkat kesamaan ini disajikan dalam bentuk presentase. Semakin besar presentase, menunjukan semakin valid data yang diperoleh. Hubungan tekanan udara ban dalam terhadap traksi maksimal. Dalam pengujian ini terlihat bahwa traksi mencapai maksimal pada tekanan angin ban 25 Psi, yang kemudian traksi mengalami penurunan kembali sejalan dengan peningkatan tekanan angin ban. Hal ini berarti bahwa peningkatan tekanan angin tidak berarti peningkatan traksi. Karena semakin tinggi tekanan angin maka semakin kecil bidang gesek ban, dengan demikian mempengaruhi besar traksi dari ban tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wirabrata (2019) ‘Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Di Indonesia’, Tersediadi Internet:https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/116973/perpres-no-55-tahun-2019 (Diakses pada03 Mei 2020)

Chatti, K. and Zaabar, I. 2012. ‘Estimating the effect of Pavement Condition on Vehicle Operating Costs’, National Cooperative Highway Research Program, Report nr 720. Washington

Howstuffworks.(2013).Traksi.’[Online]’.Tersedia:Howstuffworks:http://science.howstuffworks.com/transport/engines-equipment/gear4.htm-[14 Mei, 2013]

https://kumparan.com/kumparanoto/5-harga-mobil-listrik-di-indonesia-mana-yang-terjangkau-1siBtsyVi6f (Diakses pada 15 Mei 2020)

IS Asmanto, (2014). ‘Traksi Vol.14 No. 2 Desember 2014’, https://jurnal.unimus.ac.id, di akses 17 September 2022.

Juhala, M. (2014). ‘Improving Vehicle Rolling Resistance and Aerodynamics. Aalto university’, Finland : Woodhead Publishing Limited.

Kurniawan, A (2013). ‘94,2 juta Mobil dan SepedaMotor Berseliweran di Jalanan Indonesia’.[Online].Tersedia:http://otomotif.kompas.com/read/2013/02/26/6819/94.2.juta.Mobil.dan.Sepeda.Motor.Berseliweran.di.Jalanan. Indonesia[13 Maret, 2013]

Laksana, P. (2016). ‘Analisis Pengaruh Redesign Transmisi danFinal Drive Gear Terhadap Karakteristik Traksi Honda New Jazz RS 2010 Untuk Kejuaraan Drag Race’.

Luthfi Parinduri, Yusmartato, Taufik Parinduri, (2018) ‘Kontribusi Konversi Mobil Konvensional Ke Mobil Listrik Dalam Penanggulangan Pemanasan Global’, Tersedia di Internet :

Nuryanto, E., Muhammad, K. (2018). ‘Tinjauan Pengembangan Mobil Listrik MenujuTeknologi AutonomousVehicle’,Tersediadiinternet:https://www.researchgate.net/publication/331370613_Tinjauan_Pengembangan_Mobil_Listrik_Menuju_Teknologi_Autonomous_Vehicle (Diakses pada 03 Mei 2020)

Rivanto, R. (2009). ‘Pengaruh Tekanan Ban dan BebanPada Roda Terhadap Traksi Maksimal RodaPenggerak’.(Tugas Akhir).Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sunggono, Muhammad Sukma Wirayudha. (2017) ‘Perancangan Dan Analisa Karakteristik Traksi Sistem Powertrain Mobil Multiguna Pedesaan’. Teknik Mesin ITS Surabaya

Sutantra, I Nyoman, (2001),’Teknologi Otomotif, Teori dan Aplikasinya’, Surabaya, Guna Widya.Universitas Pendidikan Indonesia. (2014). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: UPI PRESS.

Y. Miao, P. Hynan, A. von Jouanne, A.Yokochi, (2019). ‘Current Li-Ion Battery Technologies in Electric Vehicles and Opportunities for Advancements. Energies’, 1074

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

ludito Faturroji Thalib, A., Ana Mufarida, N., Shofiyah, R., Abidin, A., & Nurhalim, N. (2024). Analisis Traksi Ban Mobil Listrik 2 Kw Terhadap Perbedaan Beban Dan Tekanan Udara. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 231–237. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/538