Pengaruh Dimensi Pegas Daun terhadap Kekuatan dan Redaman Jalan dengan Simulasi Solidwork

Authors

  • Moh Dwi Putro Sasmito Alam Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Moh Hairul Bahri Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Modifikasi, Perbandingan, Pegas daun

Abstract

Kendaraan bermotor dengan daya angkut lebih semakin banyak diminati oleh masyarakat, dikarenakan hemat waktu juga mampu mempermudah pekerjaan masyarakat. Pada kendaraan bermotor, tingkat keamanan dan kenyamanan harus diperhatikan, salah satu permasalahan yang terjadi di berbagai daerah pada kendaraan bermotor bermuatan berat adalah pada sistem suspensi pegas daun, seiring lamanya waktu penggunaan kendaraan tersebut, membuat sistem suspensi pegas daun mengalami penurunan performa sehingga kekuatan angkutnya menjadi berkurang. Menanggapi hal tersebut, kualitas bahan dan dimensi plat pegas daun sangat perlu diperhatikan salah satunya simulasi dengan bantuan software solidwork 2019 menggunakan metode Finite Elemen Analysis (FEA), Harapannya penulis dapat membuat desain dan dimensi yang cocok dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi. Pada penelitian kali ini peneliti membandingkan pegas original pabrik dengan pegas modifikasi menggunakan baja SUP9A, mengunakan perbandingan Stress, Safety of Factor dan Displacement. Dengan hasil simulasi stress maksimal di angka 21,169, Safety of Factor di angka 49, dan Displacement di angka 0,034. Dapat disimpulkan bahwa angka tersebut melebihi pegas daun original sehingga aman dan baik untuk di gunakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Purboputro, P. I. (2017). Peningkatan Kekakuan Pegas Daun Dengan Cara Quenching. Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 10(1), 15–21. https://doi.org/10.23917/mesin.v10i1.3186

Rohman, K., Qoryah, R. D. H., Muttaqin, A. Z., & Mulyadi, S. (2021). Analisis Pengaruh Tebal Plat Terhadap Karakteristik Mekanik Pegas Daun Pada Prototipe Mobil Fish Car Unej (Fcu) Mudskip. Jurnal Teknosains, 10(2), 141. https://doi.org/10.22146/teknosains.62656

Wahyu, F., Atmawan, S., Muthoriq, E., & M.K, H. (2015). Analisis Kekuatan Suspensi Pegas Daun Truk Dengan Metode Finite Element. Politeknologi Vol. 14 No. 3 September 2015, 14(3), 1–8.

Wahyudi, D., Prasetiyo, D. H. T., & Muhammad, A. (2020). J-Proteksion : Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin. J-Proteksion, 4(13), 1–6.

Setiawan, Wahyu, Muhammad Rasid, Jln Srijaya, Negara Bukit, and Besar Palembang. 2021. “Analisa Kelayakan Pegas Daun Untuk Pahat Pembubutan Poros Pada Material Aluminium 6061.” 2(2):105–9.

Syaifuddin, Hasan. 2015. “Analisis Tegangan Von Mises Pegas Daun Mobil

Basori, Asmawi, and Togar Pasaribu. 2019. “Analisis Kegagalan Pegas Daun Kendaraan Bus Dengan Kapasitas 7 Ton.” Jurnal Konversi Energi Dan Manufaktur 6(1):13–21. doi: 10.21009/jkem.6.1.4.

Daryono, D. 2012. “Kelayakan Pegas Daun dalam Penerimaan Beban Optimal.” Jurnal Teknik Industri 11(1):21–25. doi: 10.22219/jtiumm.vol11.no1.21-25.

Huda, Ridho. 2020. “Tugas Akhir Analisa Fatik Pegas Daun Kendaraan Truck Mitsubishi Canter 125 Ps Pengangkut Sawit Dengan Metode Elemen Hingga.”

Indra setiawan, and muhamad sakti nur. 2008. “Meningkatkan Mutu Baja Sup 9 Pada Pegas Daun dengan Proses Perlakuan Panas.” Fisika Terapan 9:36–44.

Mukrimaa, Syifa S., Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, ANIS YULIA CITRA, Nathaniel David Schulz, د. غسان, Tukiran Taniredja, Efi Miftah. Faridli, and Sri Harmianto. 2016. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(August):128.

Syaifuddin, Hasan. 2015. “Analisis Tegangan Von Mises Pegas Daun Mobil Listrik Angkutan Massal Menggunakan Metode Elemen Hingga.” 1–109.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Dwi Putro Sasmito Alam, M., Abidin, A., & Hairul Bahri, M. (2024). Pengaruh Dimensi Pegas Daun terhadap Kekuatan dan Redaman Jalan dengan Simulasi Solidwork. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 213–221. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/536