Diagnosa Engine Low Power pada Mobil Toyota Hilux Mesin 2GD-FTV

Authors

  • Krisna Budi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Anis Siti Nurrohkayati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

engine low power, toyota hilux, perawatan kendaraan, troubleshooting

Abstract

Persaingan perusahaan otomotif dalam menarik konsumen maupun memper- tahankan pelanggan merupakan suatu hal yang lumrah. Penjualan kendaraan mobil maupun motor akan dipengaruhi oleh layanan yang di tawarkan, tentunya dalam servis kepuasan pelanggan yang menjadi prioritas utama. Dalam menangani keluhan pelanggan baik itu perawatan harian maupun troubleshooting adalah bagaimana permasalahan dapat di selesaikan dengan maksimal. Engine Low Power merupakan masalah dimana mesin mobil tidak dapat melaju dengan semestinya, umumnya mobil masih dapat ber- jalan namun kecepatan yang di hasilkan kurang maksimal dikarenakan terjadinya ma- salah-masalah pada komponen mobil. Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan Engine Low Power diantaranya yaitu dari sistem Air Intake dan Exhaust, dan sistem bahan bakar. Diagnosa Engine Low Power dapat di lakukan dengan dua cara baik secara visual dengan mengamati komponen mesin apakah dalam kondisi normal serta dengan bantuan alat scanner yang dapat menampilkan parameter dari sistem elektronik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, M. R., Klara, S., & Idrus, M. A. (2013) ‘Unjuk Kerja Mesin Diesel Mitsubishi 4DR5 Sebagai Penggerak Kapal Pada Kondisi Trim’, Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan.

Arismunandar,W. (1983) ‘Mesin Diesel Putaran Tinggi’, Jakarta: Pradnya Paramita.

Dewanto, J., Sutrisno, T., & Wardana, N. G. W. (2023) ‘Kajian Eksperimen Pengaruh Diameter Plunger Pompa Injeksi Bahan Bakar Pada Performa Dan Gas Buang Mesin Daihatsu Taft Diesel Dl62’, Otopro.

Boris Mauricio Coello Salcedo, G. J. (2011) ‘Perancang Dan Konstruksi Bangku Untuk Diagnosa Komponen Sistem Injeksi Bensi’, Cuenca.

Endru K. Tundoong, S. L. (2014) ‘Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Hilux Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Kota Mobagu’, Jurnal EMBA.

Joni Dewanto, T. S. (2023) ‘Kajian Eksperimen Pengaruh Diameter Plunger Pompa Injeksi Bahan Bakar Pada Performa Dan Gas Buang Mesin Daihatsu Taft Diesel Dl62’, journal unesa.

Kusumo, Y. P. (2015) ‘Rancang Bangun Sistem General Diagnostic Scanner Untuk Mengakses Ecu Mobil Dengan Komunikasi Serial Obd-2’, Jurnal JCONES.

Sugiarto, T. (2013) ‘Analisa Kerja Manifold Absolute Pressure (map) Dan Kadar Kandungan Emisi Gas Buang Yang Dihasilkan Pada Motor Bensin Dengan Sistem Injeksi Elektronik Type D-Efi’, Jurnal Elektron.

Sumarsono, M. (2008) ‘Analisa Pengaruh Campuran Bahan Bakar Solar- Minyak Jarak Pagar Pada Kinerja Motor Diesel dan Emisi Gas Buang’, J. Tek. Ling.

Syahyuniar, R. (2017) ‘Kalibrasi Pompa Injeksi Tipe Distributor Dalam Persamaan Aliran Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Tiap Silinder Engine Diesel’, Jurnal Elemen.

Syainal Lotang, M. H. (2020) ‘Analisis Kinerja Mesin Pada Hilux Toyota Tipe 2kd-Ftv - Turbo + Intercooler’, Jurnal Voering.

W.Djoko Yudisworo, E. P. (n.d.). A(2018) ‘Analisis Kenaikan Daerah Operasi Mesin Diesel Konvensional Setelah Dilakukan Tune Up’, Prosiding Seminar Nasional Energi & Teknologi (SINERGI) 2018.

Wawan Purwanto, T. S. (2012) ‘Analisa Kerja Manifold Absolute Pressure (Map) Pada D-Efi Dan Mass Air Flow Sensor (Mafs) Pada L-Efi Serta Emisi Yang Dihasilkan Oleh Kedua Sistem Efi Tersebut’, Padang: Universitas Negeri Padang.

Ratungalo, S. A (2022) ‘Prosedur Pengembalian Inden Customer yang Direject Leasing Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Manado’, Universitas Katolik De La Salle.

Masindo, A. A. (2019) ‘Common-Rail Toyota Hilux Jangan Sampai Rusak Sob, Harganya Bikin Nangis.

Fatkhuniam, A., Wijaya, M. B. R., & Septiyanto, A. (2018) ‘Perbandingan Penggunaan Filter Udara Standar dan Racing Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Mesin Sepeda Motor Empat Langkah’, Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Budi Kurniawan, K., & Siti Nurrohkayati, A. (2024). Diagnosa Engine Low Power pada Mobil Toyota Hilux Mesin 2GD-FTV. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 200–205. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/533