PENGARUH VARIASI DIAMETER PISTON TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH

Authors

  • Didy Karya Saputra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andi Nugroho Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Khanif Setiawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Agus Mujianto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

piston terhadap torsi dan daya, variasi diameter piston, motor bakar

Abstract

Sepeda motor merupakan alat transportasi terbanyak di Indonesia. Dimana sepeda motor dianggap lebih praktis dan lebih mudah menerjang kemacetan. Maka dari itu banyak masyarakat atau konsumen yang lebih memilih menggunakan sepeda motor dibanding menggunakan mobil atau alat transportasi lainnya. Saat ini banyak masyarakat menjadikan sepeda motor sebagai kendaraan utama, dikarenakan harganya terjangkau, perawatan serta pemakaiannya yang mudah. Dibandingkan dengan kendaraan lainya, sepeda motorlah yang mengalami peningkatan jumlah yang paling signifikan, setiap tahunnya bertambah 5-8 juta sepeda motor atau sekitar 15%. karena sepeda motor merupakan kendaraan yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lain. Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang terbentuk dari beberapa komponen penyusun, salah satunya yaitu piston. Piston terdiri atas komponen penting pada bagian mesin sepeda motor 4 langkah, yang fungsinya untuk menerima tekanan hasil campuran bahan bakar dan udara lalu meneruskan tekanan untuk memutar poros engkol (crank shaft) melalui batang piston (connecting rod), atau sebagai alat penampang untuk menahan tekanan pada saat langah kompresi dan langkah tenaga.Piston bergerak naik turun terus menerus di dalam silinder untuk melakukan langkah hisap, kompresi, pembakaran, dan pembuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Di, C., Pembakaran, R., & Silinder, P. (1826). Suara Teknik: Jurnal Ilmiah ISSN: 2579-4698 (Online) ISSN: 2086-1826 (Print). 4698, 20–27.

Diniardi, E., Ramadhan, A. I., Kirono, S., & Julianto, A. (2014). ANALISA KEKERASAN DAN LAJU KEAUSAN BLOK SILINDER MESIN SEPEDA MOTOR BERBAHAN PADUAN Al-Si. November, 1–5.

Fitra, V. A., Mahendra, S., & Ariwibowo, B. (2021). Analisis Pengaruh Variasi Camshaft Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang Mesin Sepeda Motor 4 Langkah 160 Cc. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 3(1), 74.

Kajian, J., Mesin, T., Artikel, J., Hanifi, R., Dirja, I., Karawang, U. S., Karawang, U. S., Pendinginan, V. M., Abstract, A., & Variation, C. M. (n.d.). ANALISA PENGARUH VARIASI TIPE MEDIA PENDINGINAN PADA PENGECORAN PISTON.

Lara. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com

Majedi, F., & Puspitasari, I. (2017). Optimasi Daya dan Torsi pada Motor 4 Tak dengan Modifikasi Crankshaft dan Porting pada Cylinder Head. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 5(1), 82. https://doi.org/10.32487/jtt.v5i1.216

Muchlisinalahuddin, Muharni, R., & Usriadi. (2022). Analisis Peforma Dan Komsumsi Bahan Bakar Pada Honda Tiger 2006. Jurnal Teknik Mesin, 5(April), 52–69.

Mulyono, S., Gunawan, G., & Maryanti, B. (2014). Pengaruh Penggunaan dan Perhitungan Efisiensi Bahan Bakar Premium dan Pertamax Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Bensin. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 2(1), 28–35. https://doi.org/10.32487/jtt.v2i1.38

Pendahuluan, I. (2020). Analisis Dampak Perubahan Volume Silinder Sepeda. 2(1), 43–55.

Purnomo, B. C., & Munahar, S. (2019). Pengaruh Tekanan Kompresi Terhadap Daya Dan Torsi Pada Engine Single Piston. Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan, 1(1). https://doi.org/10.18196/jqt.010103

Rahman, A., & Latuponu, A. A. (2017). Analysis of the Effect of Honda Cg Two Wheel Puring Oversize on Machine Performance Analisis Pengaruh Oversize Puring Motor Roda Dua Honda Cg Terhadap Unjuk Kerja Mesin. April, 1–6.

Rahman, M. D., Wigraha, N. A., & Widayana, G. (2019). Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3), 45–54. https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20283

Romadlho, A. W., Budyono., & Arif, F. (2020). Perbandingan diameter piston 57 mm, 59 mm dan 62 mm terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor yamaha vixion 150 cc tahun 2012. Surya Teknika, 4(57 mm), 2598–6198.

Salim, A., Setiawan, F. W., & Albanjari, M. A. (2020). Perbandingan Piston Standar Dan Piston Semi Racing Terhadap Tekanan Kompresi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Motor Satria F150. JMIO: Jurnal Mesin Industri Dan Otomotif, 1(02). https://doi.org/10.46365/jmio.v1i02.380

Setiawan, P. B., & Mufarrih, A. (2018). Analisa Peforma Motor 4 langkah Dengan Variasi Bentuk Kubah Piston Dan Jenis Bahan Bakar. Semnar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri, 213–218.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Karya Saputra, D., Nugroho, A., Setiawan, K., & Mujianto, A. (2024). PENGARUH VARIASI DIAMETER PISTON TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 161–167. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/527