PENGARUH VARIASI PUTARAN PADA PROSES FRICTION WELDING TERHADAPSIFAT MEKANIS PADA BAJA AISI 1040

Authors

  • Yosef Yoland Stanis Witak Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Khanif Setiyawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andi Nugroho Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Binyamin Binyamin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

welding, variasi putaran, friction welding

Abstract

Pengelasan gesekan termasuk pengelasan solid-state, yaitu pengelasan tanpa melelehkan logam dasar dan tanpa menggunakan bahan tambahan. Proses pengelasan gesekan menggunakan panas yang dihasilkan oleh gesekan dua permukaan yang disambung. Metode pengelasan gesek yang digunakan adalah direct drive friction welding. Direct drive welding sering disebut sebagai konvensional friction welding, menggunakan motor yang memiliki kecepatan konstan untuk energi masukannya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh perubahan parameter proses pengelasan (kecepatan putaran) terhadap kualitas sambungan (kekuatan tarik, dan hasil patahan). Rancangan penelitian dengan variabel bebas yaitu 1600 rpm, 1800 rpm dan 2000 rpm, dengan waktu pengelasan 3 menit, benda kerja yang digunakan baja AISI 1040. Dari hasil penelitian diperoleh kuat tarik tertinggi mencapai 430,38 MPa pada kecepatan putaran 2000 rpm yaitu titik putus bahan dasar.Kekuatan tarik terendah dicapai pada kecepatan putar 1600 rpm atau 282,35 MPa. Terlihat bahwa titik patah terletak pada lasan, dan kekuatan sambungan meningkat seiring dengan bertambahnya kecepatan putaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Fauzi. (2021). Uji Tarik Kekuatan Sambungan Pengelasan Las Gesek Baja St 41 Laporan Tugas Akhir.

Assiddiq S, H. (2021). Analisis Pengaruh Variasi Beban Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Friction Welding pada Baja Karbon Sedang. Jurnal Teknik Mesin ITI, 5(1), 9. https://doi.org/10.31543/jtm.v5i1.570

Carol, J., Pah, A., Irawan, Y. S., Suprapto, W., Mesin, T., Teknik, F., Brawijaya, U., Mt, J., Malang, H., & Timur-indonesia, J. (2018). Sambungan Paduan Aluminium Dan Baja Karbon Pada Pengelasan Gesek Continuous Drive. 9(1), 51–59.

Denti Salindeho, R., Soukota, J., Poeng, R., Teknik, J., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2013). Pemodelan Pengujian Tarik Untuk Menganalisis Sifat Mekanik Material. Poros Teknik Mesin Unsrat, 2, 1–11.

Derniawan, T. H., Nurdin, N., Fakhriza, F., & Mawardi, M. (2021). Analisa Pengaruh Putaran Spindel Pada Friction Welding Terhadap Tensile Strength Aluminium 6061. Jurnal Mesin Sains Terapan, 5(1), 46. https://doi.org/10.30811/jmst.v5i1.2143

Fatha, F. (2019). Optimasi Sambungan Rotary Friction Welding (Rfw) Pada Alumunium Dengan Variasi Bentuk Profil Sambungan. 5–16.

Frayudi, A. D. Y. (2013). TARIK DAN KEKERASAN MIKRO LASAN PADA PENGELASAN GESEK ( FRICTION WELDING ) BAHAN BAJA.

Gita Firmansyah, M. R., Solichin, S., & Poppy Puspitasari, R. (2019). Analisis Kecepatan Putar, Durasi Gesek dan Tekanan Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Pengelasan Gesek (Friction Welding). Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 1(2), 1. https://doi.org/10.17977/um054v1i2p1-5

Handoko, D., Prihantono, T., Setiawan, A., Teknik Mesin, J., & Politeknik Negeri Pontianak Kampus Sanggau, P. (2022). Analisa Variasi Putaran Friction Welding Terhadap Kekerasan Logam Aluminium Paduan Seri 1100-H18. Accurate: Journal of Mechanical Engineering and Science, 3(2), 15–20. https://doi.org/10.35970/accurate.

Husodo, N., Sanyoto, B. L., Setyawati, S. B., & Mursid, M. (2013). Penerapan Teknologi Las Gesek (Friction Welding) dalam Rangka Penyambungan Dua Buah Logam Baja Karbon St41 pada Produk Back Spring Pin. Jurnal Energi Dan Manufaktur, 6(1), 43–52.

Iqbal, M., Tarkono, & Ibrahim, G. A. (2014). Pengaruh Putaran Dan Kecepatan Tool Terhadap Sifat Mekanik Pada Pengelasan Friction Stir Welding Aluminium 5052. JURNAL FEMA.

Kurniawan, A. S. (2014). Analisis Kekuatan Tarik Dan Struktur Mikro Pada Baja. Jurnal Teknik Mesin, 2, 1–12.

Mamgain, A., Pratap Singh, A., & Singh, V. (2023). Welding Investigation on AA6063-T6 Aluminium alloy during Friction Stir Welding process. Jurnal Kejuruteraan, 35(2), 411–419. https://doi.org/10.17576/jkukm-2023-35(2)-12

Mesin, J. T., & Industri, F. T. (2012). Pengaruh durasi gesek, tekanan gesek dan tekanan tempa terhadap impact strength sambungan lasan gesek langsung pada baja karbon aisi 1045. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 1(1), 1–5.

Nur, Y. M., & Nurdin, H. (2021). ANALISIS KEKUATAN TARIK HASIL SAMBUNGAN PENGELASAN GESEK PADA BAJA ST42 ANALYSIS OF TENSILE STRENGTH RESULTS OF FRICTION WELDING JOINTS Untuk mengatasi persoalan tersebut diatas, maka teknik las gesek dapat dijadikan solusi alternatif . 3(2), 41–46.

Okky, M., & Brata, D. (2022). Pengelasan gesek dengan variasi kecepatan putar pada material baja aisi 1010, dilanjutkan proses quenching dengan aquadest terhadap perubahan sifat fisis dan mekanis.

Poniman Kosasih, D., Din Nugraha, H., & Susanto, H. (2020). Analisis Kekuatan Tarik dan Cacat Porositas pada Friction Welding Logam (FE, AL & FE-AL). Jurnal METTEK, 6(2), 93. https://doi.org/10.24843/mettek.2020.v06.i02.p03

Prabowo, A., Sukmana, I., & Burhanuddin, Y. (2017). Las Gesek (Friction Welding) Logam Tidak Sejenis (Dissimilar Metals) Magnesium AZ-31 Terhadap Aluminium AL-13. Industrial Research Workshop and National Seminar, 8–11.

Prasetyono, S., & Ir. Hari Subiyanto. (2012). Pengaruh durasi gesek, tekanan gesek dan tekanan tempa terhadap. JURNAL SAINS DAN SENI POMITS Vol. 1, No. 1, (2012) 1-5, 1(1), 1–5.

Putra, D. R., Widi, I. K. A., Supriyanto, N. S. W., & Malang, K. (2022). PENGGUNAAN LAS GESEK ( FRICTION WELDING ) GUNA PENYAMBUNGAN DUA BUAH LOGAM BAJA KARBON ST 42 PADA PENGUJIAN TARIK DAN STRUKTUR MIKRO UNTUK. 12(1).

Rizkhi, M. (2020). Pengaruh kecepatan putar terhadap kualitas sambungan las friction welding magnesium AZ-31. Jurnal Teknologi Dan Inovasi Industri (JTII), 1(1). https://doi.org/10.23960/jtii.v1i1.12

Sai’in, A., & Muzaki, M. (2020). Pengaruh kecepatan putar, gaya gesek dan waktu gesek terhadap struktur mikro dan laju korosi hasil pengelasan proses las gesek material berbeda baja SUH 3 dan SUH 35. Jurnal Rekayasa Mesin, 15(1), 10. https://doi.org/10.32497/jrm.v15i1.1804

Samsudin1, Ahmad Faoji2, N. A. A. (2021). Uji Kekuatan Sambungan Las Gesek Dengan Bahan Baja St 60. Samsudin1, Ahmad Faoji2, Nur Aidi Ariyanto3, 71, 1–7.

Sc, K. K. B., Welding, F., Tarik, K., & Material, B. P. (2015). PENGARUH VARIASI RPM PADA PENGELASAN FRICTION WELDING BAJA S45C Werda Erfiansyah Novi Sukma Drastiawati.

Septian, R., Jatisukamto, G., & Junus, S. (2016). PENGARUH WAKTU GESEK FRICTION WELDING TERHADAP KARAKTERISASI BAJA AISI 1045 DENGAN SUDUT CHAMFER 15 o Friction welding is a technique by rubbing between two metal surfaces to produce a heat source , causing. 9(November), 116–120.

Setyawan, F. W., & Dwilaksana, D. (2014). ANALISIS SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO ALUMINIUM PADUAN Al-Mg-Si HASIL PENGELASAN FRICTION WELDING DENGAN VARIASI KECEPATAN PUTAR All metals can be done , but welding on some metals , especially aluminum alloys with certain hard to do welding . Various. 7(November), 1–4.

Suhendar, A., Mawardi, & Ibrahim, A. (2020). Pengaruh durasi waktu pengelasan pada proses las gesek terhadap sifat mekanik material aisi 1045. Journal of Welding Technology, 2(2), 45–50.

Teknik, J., Fakultas, M., Universitas, T., & Malang, M. (2016). Analisa Kekuatan Sambungan Friction Welding Pada Baja St 37. Teknologi Dan Rekayasa (SENTRA) 2016, 4(1), 197.

Wartono, & Kuntara, H. (2017). Pengaruh Putaran Tools Terhadap Struktur Mikro Dan Sifat Mekanis Sambungan Friction Stir Welding Pada Aluminium Paduan 6061 Wartono, Hasta Kuntara. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Yoland Stanis Witak, Y., Setiyawan, K., Nugroho, A., & Binyamin, B. (2024). PENGARUH VARIASI PUTARAN PADA PROSES FRICTION WELDING TERHADAPSIFAT MEKANIS PADA BAJA AISI 1040. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 125–133. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/523