PENGARUH VARIASI KOMPAKSI SERBUK TEMPURUNG KELAPA SAWIT TERHADAP KEAUSAN DAN KEKERASAN KAMPAS REM

Authors

  • Agusti Nur Prapanca Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Khanif Setiyawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Hery Tri Waloyo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Agus Mujianto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Komposisi Kelapa Sawit, Variasi Kompaksi, Uji Kekerasan, Uji Keausan

Abstract

Secara umum bahan kampas rem memiliki tiga penyusun bahan yaitu bahan pengikat, bahan serat dan bahan pengisi. Bahan pengikat terdiri dari berbagai resin diantaranya phenolic, epoxy, polyester, silicone dan rubber. Resin tersebut berfungsi untuk pengikat berbagai zat penyusun didalam friksi. Abstrak ini harus memberikan latar belakang singkat masalah (sebaiknya 1-2 kalimat), Penelitian ini menggunakan metode pendekatan eksperimental dengan memanfaatkan konfigurasi ukuran partikel dengan variasi yang berbeda. Menurut hasil penelitian, didapatkan nilai uji kekerasan pada variasi tekanan 120kg sebesar 206 kg/mm2, 209 kg/mm2, dan 214 kg/mm2. pada variasi tekanan 170 kg sebesar 232 kg/mm2, 234,6 kg/mm2 dan 244,6 kg/mm2. pada variasi 220 kg sebesar 275 kg/mm2, 317 kg/mm2 dan 322,6 kg/mm2 yang masing - masing merupakan nilai tertinggi dan terendah yang dicapai. Namun tingkat keausan tertinggi dan terendah sebesar 0,75 , 0,57 dan 0,43. jadi kekerasan rata - rata tertinggi dihasilkan pada spesimen dengan penekanan yaitu sebesar 322,6 kg/mm2 dapat disimpulkan bahwa semakin besar kompaksi yang diberikan maka akan semakin besar juga nilai kekerasaan yang ditunjukkan. Sedangkan pada uji keausan dapat disimpulkan bahwa semakin besar kompaksi yang diberikan maka penambahan nilai spesifik keausannya semakin tinggi, hal ini dipengaruhi oleh adanya daya cengkram yang lebih tinggi akibat adanya kompaksi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agricultural, C., Bulletin, S., Wangding, Q., & Mingrui, S. (2014). 祁旺定 1 , 尚明瑞 2 2 (. 30(17), 88–96.

Irwansyah, D. (2021). Tugas Akhir. 175.45.187.195, 31124. ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf

Lara. (2022b). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com

Manggala, S. Y. (2021). Pengembangan Kampas Rem Dari Komposit Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit Dan Serbuk Alumunium Dengan Pengikat Resin Polyester. 1–71.

Perdana, M. (2019). Pengaruh Fraksi Volume Komposit Serbuk Cangkang Kelapa Sawit/Epoksi Terhadap Kekerasan Dan Laju Keausan. Jurnal Ipteks Terapan, 13(1), 45. https://doi.org/10.22216/jit.2019.v13i1.3297

Perdana, M., Putra, M. E., Putra, H., Ikram, M. Al, & Meidianda, A. (2023). Karakteristik Komposit Cangkang Kelapa Sawit / Alumina / Epoksi sebagai Material Kampas Rem Sepeda Motor Characteristics of Palm Kernel Shell / Alumina / Epoxy Composites as Motorcycle Brake Pad Material. 13(1), 13–18.

Priadi, D. (2021). Kajian Eksperimental Kanvas Rem Cakram Berbahan Cangkang Siput Untuk Sepeda Motor Merek Suzuki Tipe Satria Fu. Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret201, 2(1), 41–49.

Purboputro, P. I. (2016). Pengembangan Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serat Bambu Terhadap Ketahanan Aus Pada Kondisi Kering Dan Basah. Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 17(2), 1–5. https://doi.org/10.23917/mesin.v17i2.2877

Putra, F. G. (2021). Pengaruh Komposisi Pencampuran Abu Cangkang Kelapa Sawit Dan Grafit Dengan Matriks Resin Epoxy Pada Pellet Konduktor Komposit Terhadap Mikrostruktur …. Journal on Education. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/9004%0Ahttps://repository.uir.ac.id/9004/1/163310783.pdf

Rabiatul, A. (2019). Pengaruh Beda Media Pendingin Pada Proses Hardening Terhadap Kekerasan Baja Pegas Daun. Poros Teknik, 7(1), 1–53. https://ejurnal.poliban.ac.id

Samwijaya, D., Darmanto, D., & Syafa’at, I. (2019). Analisis Keausan Kampas Rem Pada Disc Brake Dengan Variasi Lubang Disc Brake. Jurnal Ilmiah Momentum, 15(1), 167–171. https://doi.org/10.36499/jim.v15i1.2658

Sidiq, M. F., Wibowo, H., Mesin, P. T., & Tegal, U. P. (2019). Abstrak.

Simanjorang, B. P., Syahrul Abda, Ikhwansyah Isranuri, Bustami Syam, & M. Sabri. (2017). Pembuatan Dan Analisa Sifat Mekanik Komposit Dengan Penguat Abu ( Fly Ash ) Cangkang Sawit Untuk Bahan Kampas Rem Sepeda Motor. Dinamis, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.32734/dinamis.v5i1.7041

Suhardiman, & Syaputra, M. (2017). Analisa Keausan Kampas Rem Non Asbes Terbuat Dari Komposit Polimer Serbuk Padi dan Tempurung Kelapa. Jurnal Invotek Polbeng, 07(2), 210–214.

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2.

Yudhanto, F., Dhewanto, S. A., & Yakti, S. W. (2019). Karakterisasi Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serbuk Kayu Jati. Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Nur Prapanca, A., Setiyawan, K., Tri Waloyo, H., & Mujianto, A. (2024). PENGARUH VARIASI KOMPAKSI SERBUK TEMPURUNG KELAPA SAWIT TERHADAP KEAUSAN DAN KEKERASAN KAMPAS REM. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 96–102. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/518