Analisa Pengaruh Perubahan Kombinasi Massa Roller dan Konstanta Pegas CVT terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor Nmax 155 cc

Authors

  • Gredino Perdinaresa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Khanif Setiyawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Hery Tri Waloyo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Abstract

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan performa kendaraan seperti menggunakan suku cadang asli merek lain atau suku cadang balap. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai torsi dan tenaga yang dihasilkan sepeda motor Nmax 150 CC. Kombinasi massa roller 11 gram dengan konstanta pegas CVT sebesar 2330,32 N/m menghasilkan nilai torsi sebesar 10,42 Nm, kombinasi massa roller 11 gram dengan konstanta pegas CVT sebesar 1.988,84 N/m menghasilkan nilai torsi sebesar 10,42 Nm. nilai torsi tertinggi sebesar 12,92 Nm dan kombinasi massa roller sebesar 11 gram dengan konstanta pegas CVT sebesar 1.457,17 N/m menghasilkan nilai torsi sebesar 10,60 Nm. Nilai daya yang diperoleh dari kombinasi massa roller 11 gram dengan konstanta pegas CVT sebesar 2330,32 N/m menghasilkan nilai daya sebesar 11,97 HP, kombinasi massa roller 11 gram dengan konstanta pegas CVT sebesar 1,988.84 N/m menghasilkan daya yang besar. nilai daya sebesar 14,40 HP dan kombinasi massa roller 11 gram dengan konstanta pegas CVT sebesar 1.457,17 N/m menghasilkan nilai daya sebesar 11,90 HP. Berdasarkan hasil yang diperoleh, kombinasi kombinasi massa roller 11 gram dengan konstanta pegas CVT sebesar 1.988,80 N/m akan meningkatkan performa sepeda motor saat melewati jalan menanjak, membawa beban berat dan akselerasi yang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Akbar, F., Maksum, H., & Fernandez, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller CVT Terhadap Kecepatan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty. Program Studi Otomotif, Teknik Teknik, Jurusan Kinerja, Otomotifft-Unp, 4(2).

Akbar, R., Banjari, M. A. Al, & Setiawan, F. W. (2022). CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION TERHADAP PERFORMA MESIN SKUTIK 108cc The Effect of Various Weight and Form Roller of Continously Variable Transmission to 108cc Scooter Machine Performance. Jurnal Mesin Industri & Otomotif, 3(July), 1–7.

Akhmadi, A. N., & Usman, M. K. (2021). Analisis Pengaruh Berat Roller Standard Dan Racing Pada Sistem Cvt Terhadap Rpm Sepeda Motor Honda Beat Pgm-Fi Tahun 2015. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur Dan Energi, 4(1), 22–31.

Dharma, G. A., Pendidikan, S., Mesin, T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Mesin, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2013). Pengaruh Pemakaian Variasi Pegas Sliding sheave Terhadap Performance Motor Honda Beat 2011. 02, 126–131.

Fani, H. F., & Alwi, E. (2019). Pengujian Penggunaan Berat Roller Dan Pegas Pulley Sekundery Non Standart Pada Countinuously Variable Transmission (Cvt) Terhadap Daya Dan Torsi Sepeda Motor Honda Beat Pgm-Fi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 766–774.

Farobi, A. Al. (2010). Pengaruh Penggunaan Jenis Pemberat (Roller) Terhadap Performa Mesin Yamaha Mio Soul Tahun 2010. … Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial …, 02, 1–7.

Iswanto Hendrik. (2020). Halaman Sampul Sistem Kontrol Kecepatan Dan Monitoring Mobil Listrik Berbasis Logika Fuzzy Dan Internet of Things. ii–121.

Jaya, F. H., Fatah, K. M. A., Sang, U., Ruwa, B., Motor, P. S., & Taguchi, M. (2023). TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI PADA GURU-GURU SMK. 4(1).

Kurniawan, M. K., & Sutjahjo, D. H. (2013). Pengujian Ttransmisi otomatis CVT mesin sepeda motor Suzuki Skydrive Tahun 2010. Jtm, 1(2), 319–325.

Nofendri, Y., & Christian, E. (2020). Pengaruh Berat Roller Terhadap Performa Mesin Yamaha Mio Soul 110 Cc Yang Menggunakan Jenis Transmisi Otomatis (CVT). Jurnal Kajian Teknik Mesin, 5(1), 58–65. https://doi.org/10.52447/jktm.v5i1.3991

Noor, M. M. (2014). 55 Ncmer 013. September 2013.

Pabeta, D. J., Syuaib, M., Studi, P., Mesin, T., Teknik, F., Makassar, U. I., Studi, P., Mesin, T., Teknik, F., Makassar, U. I., Perintis, J., & Makassar, N. (n.d.). Analisa Perbandingan Performa Motor Matic Terhadap Pengaruh Variasi Berat Roller Dan Kemiringan Rumah Roller Pada Sistem CVT ( Continously Variable Transmission ). 29.

Permana, K. N. C., & Raharjo, W. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller dan Pegas Pully Sekunder Pada CVT (Continuously Variable Transmission) Terhadap Daya, Torsi, dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Beat PGM-FI Tahun 2013. Automotive Science and Education Journal, 9(2), 30–35. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej

Prasandy, C. G. (2016). Drive Pulley Pada Continuously Variable Drive Pulley Pada Continuously Variable Transmission ( Cvt ) Dengan Variasi Sudut. Jurnal Teknik ITS, 1–71.

Prasetyo, Y. D., & Suwahyo, S. (2020). Pengaruh Variasi Spring Dan Massa Roller Continuously Variable Transmission (Cvt) Terhadap Performa Honda Vario 125Cc Pgm Fi. Jurnal Kompetensi Teknik, 12(2), 30–35. https://doi.org/10.15294/jkomtek.v12i2.23511

Priya Adityas. (2012). Pengaruh Berat Roller Cvt (Continuously Variable Transmission)Dan Variasi Putaran Mesin Terhadap Torsi Pada Yamaha Mio Sporty Tahun 2007. 1.

Quazi, M. S., & Thomas, T. K. (2016). International Journal of Aerospace and Mechanical Engineering A Study of Electronically Controlled Actuation Mechanism for Belt-Driven CVTs in Gearless Two Wheelers International Journal of Aerospace and Mechanical Engineering. 3(4), 36–40.

Salam, R., Dinas, T., Kerja, D., Transmigrasi, B., Latihan, K., Provinsi, K., & Selatan, P. M. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER PADA SISTEM CVT (CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION) TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110cc TAHUN 2009. 1–6.

Susena, A. T., Wigraha, A., & Dantes, R. (2017). ROLLER TERHADAP TORQUE DAN RPM PADA MOTOR GANESHA ELECTRIC VEHICLES 1 . 0 BASE CONTINOUS VARIABLE TRANSMISION ( CVT ) Singaraja , Indonesia. Jurnal Jurusan Teknik Mesin, 7(1).

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2.

Warso. (2018). Analisis Pengaruh Variasi Jenis Primary Sheave Weight CVT Dan Pemakaian Variasi Pegas Sliding sheave Terhadap Torsi Dan Daya Pada Mesin Sepeda Motor ESP 150 cc. Jurnal Iteks, 10(1), 21–31.

Yamin, D.-I. M., & Widyarso, A. A. (2012). Analisa dan Pengujian Roller Pada Mesin Gokart Matic. Academia.Edu, 1–10.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Perdinaresa, G., Setiyawan, K., & Tri Waloyo, H. (2024). Analisa Pengaruh Perubahan Kombinasi Massa Roller dan Konstanta Pegas CVT terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor Nmax 155 cc. National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 44–53. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/512