Tantangan Dan Peluang Budidaya Lele Dengan Sistem Bioflok Di Kabupaten Bondowoso

Authors

  • Nurul Fathiyah Fauzi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kiki Herlambang Universitas Muhammadiyah Jember
  • Fefi Nurdiana Wijayanti Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i2.51

Keywords:

budidaya lele, sistem bioflok, kendala, tantangan, peluang bioflok

Abstract

Budidaya lele dengan sistem bioflok merupakan sistem budidaya yang baru bagi petani pembudidaya di Kabupaten Bondowoso. Berbagai kendala, tantangan, dan peluang masih banyak dirasakan petani. Tingkat produktivitas dan keuntungan usaha yang dihasilkan belum terukur dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat produktivitas, 2) tingkat keuntungan, dan 3) mengetahui kendala, tantangan dan peluang budidaya lele dengan sistem bioflok. Metode penelitian deskriptif analitik dilakukan di Desa Bataan Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso dengan total sampling (3 orang). Hasil penelitian menunjukkan budidaya ikan lele dengan sistem bioflok di Kabupaten Bondowoso memiliki tingkat produktivitas mencapai 194,5 kg/kolam bioflok dengan nilai rata-rata keuntungan per kolam sebesar Rp. 4.042.367. Tingginya nilai rata-rata keuntungan per kolam ini menjadi salah satu peluang usaha bagi petani selain peluang tingginya tingkat permintaan ikan lele, masa panen yang lebih cepat (70-75 hari), dan biaya pakan yang lebih hemat dibandingkan dengan sistem konvensional. Petani pembudidaya juga mengalami beberapa kendala dan tantangan diantaranya kebutuhan modal awal yang besar, listrik padam, petani masih sulit membedakan antara flok dan amonia, air kolam yang cepat berbau sebagai akibat kegagalan proses pembentukan flok, perlu ketelitian dalam mengecek kepekatan air, over feeding, dan sistem bioflok yang masih belum dikenal luas oleh petani pembudidaya ikan lele.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Buleleng. 2018. Cara Budidaya Lele Dengan Sistem Bioflok. https://dkpp.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/cara-budidaya-lele-dengan-sistem-bioflok-97. Diakses pada 18 Desember 2021.

Fauzi, N. F., & Hadi, S. (2018). Socio-Economic Factors Cause Of Operating Profit Animal Falling Rate Of African Catfish (Clarias Gariepinus) Tarps Swimming In Cangkring Village, Sub-District Of Jenggawah, District Of Jember. UNEJ e-Proceeding, 176-184.

Idris, T, Dian S, Debora P, Setiawan, Hani W, Muhammad N, Hendro P, Sonti M, Nur H.A, dan Gilang P.D. 2018. Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok. Direktorat Produksi dan Usaha Budidaya. Jakarta.

Ruherlistyani, Sudaryati, D., & Heriningsih, S. 2017. Budidaya Lele Dengan Sistem Kolam Bioflok. Yogyakarta: LPPM UPN Veteran Yogyakarta.

Tasyah, Novira Nanda, dkk. 2020. Performa Budidaya Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus) Sistem Bioflok Dengan Intervensi Grading. Jurnal Agroqua. Volume 18 No. 2 Tahun 2020.

Published

2022-03-07

How to Cite

Fathiyah Fauzi , N. ., Herlambang , K. ., & Nurdiana Wijayanti , F. . (2022). Tantangan Dan Peluang Budidaya Lele Dengan Sistem Bioflok Di Kabupaten Bondowoso. National Multidisciplinary Sciences, 1(2), 178–184. https://doi.org/10.32528/nms.v1i2.51