Pengaruh Modifikasi Diameter Katup Hisap Dan Katup Buang Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor Matic 4 Langkah 115cc

Authors

  • Rizky Riyan Fadillah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Khanif Setiyawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andi Nugroho Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Binyamin Binyamin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

katup standar, katup modifikasi, torsi, daya

Abstract

Pada masa sekarang ini manusia membutuhkan sarana transportasi
dalam berbagai bidang. Salah satu alat transportasi yang digunakan adalah
kendaraan bermotor. Dalam rangka untuk meningkatkan unjuk kerja motor, salah
satu pemikiran yang dapat diimplementasikan adalah dengan cara mengubah
diameter dari katup hisap dan katup buang. Katup digunakan untuk mengatur
pemasukan campuran bahan bakar dan udara serta pengeluaran gas sisa
pembakaran. Banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang
bakar sangat mempengaruhi parameter operasi mesin bensin yang diatur oleh
besar kecilnya ukuran celah katup. Tujuan dari penelitian ini agar dapat
mengoptimalisasi daya dan torsi pada sepeda motor yang dilakukan dengan
metode eksperimental. Hasil dari penelitian ini adalah torsi tertinggi yang
didapatkan saat menggunakan katup hisap berdiameter 25 mm menunjukkan torsi
sebesar 8,04 Nm di putaran mesin 7000 dan daya terbesar menggunakan katup
hisap berdiameter 25 menunjukkan daya sebesar 8,84 hp

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, M. N. (2020). Rancang Bangun Alat Ukur Konstanta Pegas Menggunakan Sensor Ultrasonik Hc-Sr04 Pada Beban Tertentu.

Ardi, S., Abdillah, F., & Mahendra, S. (2020). Pengaruh Variasi Durasi Camshaft Terhadap Performance Dan Emisi Gas Buang Pada. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 2(1), 41–53.

Azhari, C., & Samsudin, O. (2015). Pengaruh Modifikasi Diameter Katup Masuk Dan Katup Buang Terhadap Kinerja Pada Sepeda Motor Honda 200 Cc. Isu Teknologi Stt Mandala, 10(2), 58–67.

Ghaly, M. S., & Winoko, Y. A. (2019). Analisis Perubahan Diameter Base Circle Camshaft Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor. Jurnal Flywheel, 10(2), 7–12. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/flywheel/article/view/742

Hendri Sakke Tirra, Made Wirawan, W. K. Z. (2010). Penggunaan Arang Aktif dari Tempurung Kemiri Sebagai Adsorben untuk Menurunkan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Berbahan Bakar Bensin. LIPI Press, 2, 29–39.

Hotsan, S., Sinaga, P., H, B. A., Reza, K., Mesin, D. T., Teknologi, I., & Utomo, B. (n.d.). PERFORMA MESIN BERBASIS TORSI DENGAN VARIASI CELAH KATUP TIPE SOHC VARIO eSP 110 CC. 40–43.

Husein, A., & Sutantra, N. (2016). FINAL PROJECT ANALYSIS ENGINE PERFORMANCE MOTORCYCLES HONDA CBR 250 R AFTER ADDITION VVT-i (VARIABLE VALVE TIMING INTELLIGENT) USE LOTUS ENGINEERING SOFTWARE.

Noor, M. (n.d.). PENGARUH PERUBAHAN SATUAN TIMING BUKA TUTUP KATUP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MESIN SEPEDA MOTOR SHOGUN 125cc. 1–4.

Nuriyanti, W. (2017). Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Dalam Memilih Sepeda Motor Matic Di Wilayah Depok. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 48–57.

Rahman, M. D., Wigraha, N. A., & Widayana, G. (2019). Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3), 45–54. https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20283

Rofi’i, A. D., Sumarli, S., & Putra, A. B. N. R. (2021). Variasi Diameter Katup Hisap Dan Katup Buang Terhadap Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor 110Cc. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 5(1), 61. https://doi.org/10.17977/um074v5i12021p61-68

Saragi, J. H., & Purba, J. S. (2021). Analisis Pengaruh Mekanisme Katub Terhadap Daya Pada Motor Bakar 4 Tak Dengan Bahan Bakar Bensin Mesin 1500 CC. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil), 2(2), 16–27. https://doi.org/10.53695/jm.v2i2.556

Sholihin, Y. M., & Arafat, R. (2018). Analisa Pengaruh Perubahan Packing Pada Bejana Silinder Terhadap Kompresi Mesin Motor 100 Cc. Prosiding Seminar Rekayasa …, 706–710. http://sisdam.univpancasila.ac.id/uploads/berkas/penelitian/penelitian-030311570129052021223348.pdf

Van Harling, V. N., & Urbata, A. (2020). Pengaruh Variasi Penyetelan Katup Terhadap Putaran Pada Engine Stand Motor Bensin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 79–85. https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.26637

Wahyudi, O. D. P. dan. (2020). Automotive Science and Education Journal. Automotive Science and Education Journal, 9(1), 43–47. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Riyan Fadillah, R., Setiyawan, K., Nugroho, A., & Binyamin, B. (2024). Pengaruh Modifikasi Diameter Katup Hisap Dan Katup Buang Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor Matic 4 Langkah 115cc . National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 1–6. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/507