Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mempersiapkan Peserta Didik menjadi Komunitas Masyarakat Sains dan Digital

Authors

  • Ridlo Firmansyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Aulya Nanda Prafitasari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dewi Septia Ningrum Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

diferensiasi, adaptif, fleksibel, kolaborasi, digital

Abstract

: Kurikulum merdeka belajar diyakini sebagai sebuah lompatan besar dalam praktik pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini menyediakan banyak keleluasaan dan fleksibilitas dalam berbagai aspek pembelajaran yang menjadikannya mampu menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan peserta didik dalam menjawab kompleksitas perkembangan jaman, menyediakan bekal yang dibutuhkan guna berproses menjadi bagian dari masyarakat digital dan sains – sebuah konsep komunitas di mana setiap orang dapat berkontribusi melalui bidang keahliannya dalam menyediakan iklim saintifik yang positif serta pendayagunaan ruang digital yang bertanggungjawab. Salah satu fleksibilitas yang ditawarkan hadir dalam bentuk kegiatan kolaboratif antara guru dengan peserta didik. Melalui keterlibatan langsung peserta didik dalam proses perencanaan hingga evaluasi kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktualisasi dari kegiatan kolaboratif antara guru dan peserta didik dalam menghadirkan lingkungan belajar yang responsif, partisipatif, serta adaptif. Hasil survey kepada 65 peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Jember terkait persepsi mereka tentang kegiatan kolaboratif dalam perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran memperoleh tanggapan yang sangat positif serta ≥ 86% peserta didik merasakan bahwa kegiatan kolaboratif tersebut dapat memudahkan interaktivitas mereka terhadap proses saintifik dan kecapakapan digital,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almeida, B., Santos, M. & Justi, R. Aspects and Abilities of Science Literacy in the Context of Na-ture of Science Teaching. Sci & Educ 32, 567–587 (2023).

Aristeidou, M., & Herodotou, C. (2020). Online Citizen Science: A Systematic Review of Effects on learning and Scientific Literacy. Citizen Science, 5(1).

Çetin, A., Gül, M., & Doğanay, A. (2021). How students feel at School: experiences and reasons. International Journal of Psychology and Educational Studies, 8(2), 232–245.

Derakhshan, A., Greenier, V. T., & Fathi, J. (2022). Exploring the interplay between a loving pedagogy, creativity, and work engagement among EFL/ESL teachers: A multinational study. Current Psychology.

Estellés, M., & Fischman, G. E. (2020). Who needs global citizenship education? A review of the literature on Teacher education. Journal of Teacher Education, 72(2), 223–236.

Firmansyah, R., Al Habib, I. M., & Prihandini, D. R. (2023). Application of Popular Scientific Books to Improve Student’s Scientific Literacy. International Social Sciences and Humanities, 2(2), 415-421.

Gundogdu, B., & Merç, A. (2022). A systematic review of tech-supported collaborative creativity practices in the field of education. Journal of Learning and Teaching in Digital Age, 7(1), 76–89.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif, 4(4), 5150–5161.

Hawon Yoo & Jaehong Jang (2022) Effects of professional learning communities on teacher collaboration, feedback provision, job satisfaction and self-efficacy: Evidence from Korean PISA 2018 data, Compare: A Journal of Comparative and International Education.

Khoirurrijal, D. (2023). PENGEMBANGANN KURIKULUM MERDEKA. CV Literasi Nusantara Abadi.

Nahar, S., Suhendri, S., Zailani, Z., & Hardivizon, H. (2022). Improving students’ collaboration thinking skill under the implementation of the Quantum teaching model. International Journal of Instruction, 15(3), 451–464. Prados, J. S. F., Díaz, A. L., & Ainz-Galende, A. (2021). Measuring Digital Citizenship: A comparative analysis. Informatics (Basel), 8(1), 18.

Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2019). Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas. MEDIAPSI, 5(1), 40-48.

Saarinen, A., Lipsanen, J., Hintsanen, M., Huotilainen, M., & Keltikangas-Järvinen, L. (2020). Student-oriented teaching practices and educational equality: a population-based study. Electronic Journal of Research in Educational Psychology. Número 51 Vol.18 (2), 1, 18(51).

Saka, O. A. (2021). Can teacher collaboration improve students’ academic achievement in junior secondary mathematics? Asian Journal of University Education, 17(1), 33.

Szymkowiak, A., Melović, B., Dabić, M., Jeganathan, K., & Kundi, G. S. (2021). Information technology and Gen Z: The role of teachers, the internet, and technology in the education of young people. Technology in Society, 65, 101565.

Van Leeuwen, A., & Janssen, J. (2019). A systematic review of teacher guidance during collaborative learning in primary and secondary education. Educational Research Review, 27, 71–89.

Yemini, M., Tibbitts, F., & Goren, H. (2019). Trends and caveats: Review of literature on global citizenship education in teacher training. Teaching and Teacher Education, 77, 77–89.

Zheng, X., Yin, H., & Li, Z. (2019). Exploring the relationships among instructional leadership, professional learning communities and teacher self-efficacy in China. Educational Management Administration & Leadership, 47(6), 843–859.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Firmansyah, R. ., Prafitasari, A. N. ., & Ningrum, D. S. (2023). Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mempersiapkan Peserta Didik menjadi Komunitas Masyarakat Sains dan Digital. National Multidisciplinary Sciences, 2(6), 464–472. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/503