Implementasi Problem Based Learning Berbasis Cultur-ally Responsive Teaching (CRT) Dalam Pembelajaran Bi-ologi SMA

Authors

  • Ayu Nur Fitri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Arbailah Arbailah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Saltsa Ridlotul Jannah Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Analisis; Budaya, CRT, PBL, Pendekatan

Abstract

Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk berinovasi menciptakan pembelajaran yang bermakna. Salah satunya dengan menerapakn model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching. Kolaborasi antara PBL dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) akan menciptakan pembelajaran yang bermakna sebab proses pembelajaran berbasis budaya tidak hanya mentransfer budaya tetapi juga memasukkan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbasis Pendekatan Culturally responsive Teaching dalam pembelajaran Biologi di SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi pembelajaran dan angket siswa. Observasi pembelajaran dilakukan di XI MIPA 3 SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya dengan jumlah sampel 35 siswa pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 indikator yang di berikan pada angket terdapat 9 kriteria yang memberikan hasil tertinggi dan 1 indikator yang mendapatkan respon kurang positif. Berdasarkan angket tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning berbasis budaya mampu memberi peluang peserta didik untuk bekerjasama, memberikan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan cara pengerjaan yang tidak membosankan, banyak hal baru yang di dapatkan, membuat peserta didik mampu menganalisis masalah, menjelaskan hasil analisis, dan mampu menyimpulkan masalah. Selain itu pembelajaran juga membuat peserta didik memahami budaya sekitar hingga menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya sekitar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PBL berbasis budaya lokal ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan di pembelajaran khususnya mata pelajaran Biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, I. A. K. M. L., Darsana, I. W., & Asri, A. S. (2019). ‘Pengaruh Model Problem Based Learn-ing (PBL) Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPS’. International Journal of ElementaryEducation.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). 'Buku Pegangan Pembelajaran Berori-entasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi’. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tena-ga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Atika, N.T., Wakhuyudin, H., dan Fazriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu.

Daryanto.,S. D., (2013). ‘Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah’. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Fauzia, H. A. (2018). ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD’. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Handayani, A.A.A.T., Andayani, Y., Anwar, Y.A.S. (2022). Pengembangan LKPD IPA SMP Berbasis Etnosains Terintegrasi Responsive Transformative Teaching (CRTT). Journal of Classroom Ac-tion Research.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, W. R. (2017). ‘Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika’. Mimbar PGSD.

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). ‘Problem-Based Learning as An Effort to Improve Student Learning Outcomes’. In-ternational Journal of Scientific and Technology Research.

Maryono, Sinulingga, K., Derlina, & Sirait, R. (2021). ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Development Of Based Physical Learning Devices Java Culture Culture Through Approach Culturally Re-sponsive Teaching’. Jurnal Pendidikan Fisika.

Masykurni, M., Gani, A., & Khaldun, I. (2017). ‘Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar pada Konsep Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Padang Tiji’. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Maulida, Y. N., Eka, K. I., & Wiarsih, C. (2020). ‘Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar’. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial.

Normina. (2017). ‘Pendidikan Dalam Kebudayaan’. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan.

Nurrohma, R.I., Adistana, G.A.Y.P. (2021). ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learn-ing dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik’. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Rahmawati,Y dan Ridwan,A. (2017). Empowering Students’ Chemistry Learning: The Integration Of Ethnochemistry In Culturally Responsive Teaching. Bulgaria. Bulgarian Journal of Science Education.

Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). ‘Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS’. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Supiandi, M. I., & Julung, H. 2016). ‘Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA’. JPS (Jurnal Pendidikan Sains).

Wahyuningtyas, R. dan Kristin, F. (2021). ‘Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha.

Wibowo, Agus. (2012). ‘Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban’. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Fitri, A. N. ., Arbailah, A., & Jannah, S. R. . (2023). Implementasi Problem Based Learning Berbasis Cultur-ally Responsive Teaching (CRT) Dalam Pembelajaran Bi-ologi SMA. National Multidisciplinary Sciences, 2(5), 414–419. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/496