Gambaran Motorik Halus Pada Anak Usia Sekolah Dasar Pasca Pandemi

Authors

  • Rifqoh Azizah Mardhatillah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Iin Ervina Universitas Muhammadiyah Jember
  • Anggraeni Swastikasari Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Motorik Halus, Usia Sekolah Dasar, Pasca Pandemi

Abstract

Motorik halus adalah kemampuan untuk mengendalikan gerakan jasmani yang melibatkan otot dan syaraf kecil seperti, menulis, menggambar, mewarnai, menggunting, dan menempel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan motorik halus pada siswa – siswi kelas 1 SDN Bangsalsari 03 dengan adanya perubahan pembelajaran dari online ke tatap muka kembali. Subjek penelitian menggunakan siswa – siswi kelas satu SDN Bangsalsari 03 yang berjumlah 66 orang. Penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dan menggunakan sampel jenuh. Skala yang digunakan merupakan skala motorik halus yang mengacu pada teori Hurlock. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari 15 item. Hasil uji validitas dari 15 item valid dan nilai reliabilitas sebesar 0,989. Hasil penelitian pada aspek menulis rendah sebesar 59%, aspek menggambar tinggi sebesar 55%, aspek mewarnai tinggi sebesar 53%, aspek menggunting tinggi sebesar 59%, dan aspek menempel tinggi sebesar. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan capaian motorik halus pada kategori kelas 1A tinggi sebesar 62% dan kelas 1B rendah sebesar 56%, pada kategori jenis kelamin perempuan rendah sebesar 58% dan laki-laki sebesar 70%. Hasil penelitian yaitu capaian perkembangan motorik halus siswa – siswi SDN Bangsalsari 03 memiliki capaian perkembangan motorik halus tinggi sebanyak 29 siswa dengan presentase 44% dan kategori rendah sebanyak 37 siswa dengan presentase sebesar 56%. Data tersebut artinya capaian perkembangan motorik halus siswa kelas satu SDN Bangsalsari 03 pasca pandemi tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Jannah, “Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak,” Gend. Equal. Int. J. Child Gend. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 89–91, 2015.

M. U. W. Hamidah and S. R. Aprilina, “Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Pembuatan Media Daur Ulang di Lingkungan Sekolah,” J. PG PAUD Trunojoyo, vol. 3, no. 1, pp. 56–64, 2016.

S. Munawaroh, A. M. Nurwijayanti, and N. Indrayati, “Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Menggambar,” Community Publ. Nurs., vol. 7, no. 1, p. hlm. 54., 2019.

E. R. Sukamti, Perkembangan Morotik, Pertama. Yogyakarta: UNY Press, 2018.

J. W. Santrock, Life-Span Development, Thirteenth. New York: McGraw-Hill, 2011.

R. N. Putri, “Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 20, no. 2, p. 705, 2020, doi: 10.33087/jiubj.v20i2.1010.

O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH).,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 465–503, 2020, [Online]. Available: file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf

A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 214–224, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.

N. Nurarita and D. Supendi, “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA N 1 Campaka,” Paedagog. J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 3, no. 02, pp. 167–180, 2022, doi: 10.52593/pdg.03.2.05.

A. Anggrawan, “Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 2, pp. 339–346, 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.411.

B. Puspitasari, “Gambaran Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Usia 3-5 TahunDi Posyandu,” J. Kebidanan, vol. 8, no. 2, pp. 110–115, 2019.

N. S. Intja, K. Mbambo, and M. Nahole, “Did the Covid-19 Pandemic Affect the Junior Primary Learners’ Fine Motor Skills? A Literature Review,” Int. J. Res. Publ., vol. 92, no. 1, pp. 445–457, 2021, doi: 10.47119/ijrp100921120222676.

N. Wilyanita, “penerapan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada masa pandemi COVID-19,” vol. 4, no. 2, pp. 5–12, 2022.

A. Arminawati, A. Subhananto, and S. Salmiati, “Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Sela-ma Belajar dirumah di TK Kelompok B Al-Washliyah Banda Aceh,” J. Ilm. Mhs. …, vol. 2, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/311/148

N. Ayubi and A. Komaini, “The Impact of the COVID-19 Pandemic on Children’s Motor Skills (Lit-erature Review),” Int. J. Res. Publ., vol. 90, no. 1, pp. 19–24, 2021, doi: 10.47119/ijrp1009011220212517.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.,” p. 334, 2008.

S. Siyoto, Dasar metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

E. B. Hurlock, Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi 5), 5th ed. Jakarta: Erlangga, 1991.

T. D. Anggraeny, “Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Ditinjau dari Jenis Kelamin di Ke-lurahan Sragen Tengah, Kecamatan Sragen,” 2020.

D. Conyers, “Perencanaan sosial di dunia ketiga,” Yogyakarta Gajah Mada Univ. Press, 1991.

M. Iqbal, “Analisis Peran Pemangku Kepentingan dan Implementasinya Dalam Pembangunan Per-tanian,” J. Litbang Pertan., 2007.

E. A. Ningsih and Dian Dwi Laksani, “Analisis Daya Saing Sektor Pertanian Indonesia (Agriculture In Indonesia : A SWOT Analysis),” Pros. PERHEPI 2014, 2020.

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Mardhatillah , R. A. ., Ervina, I. ., & Swastikasari, A. (2023). Gambaran Motorik Halus Pada Anak Usia Sekolah Dasar Pasca Pandemi. National Multidisciplinary Sciences, 2(5), 406–413. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/495