Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Proses dengan Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • sep Irma Universitas Muhammadiyah Jember
  • Aulya Nanda Prafitasari Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Implementasi, Berdiferensiasi, PBL

Abstract

Kurikulum merdeka menuntut pembelajaran menyesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan belajar siswa. Setiap siswa itu memiliki karakteristik dan kebutuhan yang unik, mereka tidak ada yang sama. Berdasarkan observasi di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan bahwasannya guru belum pernah dilakukan pembelajaran diferensiasi terutama pada mata pelajaran biologi, strategi pembelajaran yang digunakan guru bersifat konvensional dimana pembelajaran berpusat hanya kepada guru sehingga transfer pengetahuan kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket siswa dan hasil refleksi siswa di akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya implementasi pembelajaran berdiferensiasi proses dengan model problem based learning menggunakan aspek gaya belajar yang terdiri dari gaya belajar visual, auditori dan kinestetik bahwasannya setiap tipe gaya belajar di berikan fasilitas belajar yang berbeda. Hasil dari implementasi pembelajaran yang telah dilakukan adalah siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir. Keaktifan siswa mengalami peningkatan seperti bertanya, menanggapi pertanyaan, berdiskusi dengan teman untuk menyelesaikan permasalahan dan aktif dalam mengumpulkan informasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran diferensiasi dengan model problem based learning membuat guru dapat memfasilitasi kebutuhan belajar siswa sesuai gaya belajarnya, sehingga siswa belajar natural sesuai kebutuhannya dan juga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, Erni (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS)’, Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1(2).

Budiati, Rini dan Endang Fauzi (2022) ‘Merdeka Belajar dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara’, Jurnal PGSD STKIP Banjarmasin 4(1).

Faiz, Aiman et al., (2022) ‘Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1’, Jurnal Basicedu 6(2).

Farid, I., R. Yulianti, A. Hasan, dan T. Hilaiyah (2023) ‘Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan dan Konsel-ing, 4 (6).

Hamzah (2008) ‘Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran’, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herwina, W (2021) ‘Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Ber-diferensiasi’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 35 (2).

Isrotun, Umi (2022) ‘Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ber-diferensiasi, Proceeding STEKOM 2(1).

Kuntjojo (2021) ‘Psikologi Pendidikan’, Bogor: Guepedia.

Kusmiati, E. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalammeningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Dalammemahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi dan Pemeliharaannya’, Jurnal Tahsinia 1(1).

Magdalena, Ina dan Amanda Nur Afifah (2020) ‘Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial dan Kinestetik)’, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2 (1).

Mulbar, Usman, H. Bernard dan Rian Rasmi Pesona (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII’, Issues in Mathematics Education 1(1).

Pitaloka, H. dan M. Arsanti (2022) ‘Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka’, Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4.

Yanuarti, Eka (2017) ‘Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Ku-rikulum K13’, Jurnal Penelitian 11(2).

Sarie, Fitria Novita (2022) ‘Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI’, Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusan-tara 4(2).

Satriaman, Kadek Tenova, Ni Made Pujani dan Putri Sarini (2018) ‘Implementasi Pendekatan Student Centered Learning dalam Pembelajaran IPA dan Relevansinya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia 1(1).

Swandewi, Ni Putu (2021) ‘Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Teks Fabel pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar’, Jurnal Pendidikan Deiksis 3(1).

Wahyuni, Yusri ((2017) ‘Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pen-didikan Matematika Universitas Bung Hatta’, JPPM 10 (2).

Wahyuningsari, D., Y. Mujiwati, L. Hilmiyah, F. Kusumawardani, dan I. P. Sari. (2022). Pembelaja-ran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (4).

Wati, N. N. K., N. A. P. Lestari, I. N. Sudiana, dan I. B. Putrayasa (2022) ‘Analisis Pendekatan CBSA dan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia’, Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan 6 (3).

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Irma, sep, & Prafitasari, A. N. . (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Proses dengan Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi. National Multidisciplinary Sciences, 2(2), 82–87. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/489